Comscore Tracker

Tanda-tanda dan 7 Keistimewaan yang Didapatkan di Malam Lailatul Qadar

Merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan 

Lailatul Qadar merupakan satu malam yang penting pada Bulan Ramadan. Lailatul Qadar datang di 10 hari terakhir dan di malam-malam ganjil pada bulan Ramadan.  

Dikatakan dalam Al-Qur'an malam lailatul qadar merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan. Sehingga, bila umat Muslim melakukan kebaikan pada malam itu, maka nilainya seperti mengerjakan kebaikan selama seribu bulan atau sekitar 83 - 84 tahun.

 

Baca Juga: Apa Itu Malam Lailatul Qadar? Cari Tahu Yuk di Sini!

Tanda-tanda datangnya malam Lailatul Qadar

Selama ini manusia hanya bisa menebak dan menerka-nerka kapan datangnya malam Lailatul Qadar. Hal ini memang sengaja dirahasiakan agar manusia bersungguh-sungguh mengerjakan kebaikan tersebut serta agar tidak menimbulkan riya.

Meskipun tidak diketahui kapan tepatnya malam itu akan datang, kamu bisa mengetahui tanda-tanda datangnya Lailatul Qadar dengan hal-hal berikut.

1. Udara dan suasana pagi begitu tenang dan damai.
2. Cahaya matahari akan bersinar cerah tapi tidak terasa panas pada keesokan harinya.
3. Malam itu akan begitu terang, tidak dingin, tidak berawan, tidak hujan, tidak panas atau pun tidak ada angin kencang.
4. Bagi umat muslim yang melakukan ibadah pada malam harinya, ibadahnya akan terasa berbeda dibanding malam-malam sebelumnya.

Kamu juga bisa berusaha mendapatkan malam Lailatul Qadar dengan cara berikut.

1. Iktikaf.
2. Menghidupkan malam dengan beribadah dan membangunkan keluarga untuk melakukan ibadah.
3. Mandi, berhias, serta memakai parfum pada waktu antara Maghrib dan Isya

Selain itu, apa lagi yang membuat Lailatul Qadar begitu istimewa? Ternyata selain menjadi malam baik dari seribu bulan, Lalilatul Qadar juga memiliki 7 keistimewaan berikut.

1. Lailatur Qadar merupakan waktu diturunkannya Al-Qur'an

Tanda-tanda dan 7 Keistimewaan yang Didapatkan di Malam Lailatul Qadarunsplash.com

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ibu Abbas disebutkan bahwa Allah menurunkan Al-Qur'an secara utuh sekaligus dari Lauhul Mahfuzh ke Baitul 'Izzah yang ada di langit dunia. Kemudian Allah menurunkan kembali Al-Qur'an kepada Rasulullah secara terpisah sesuai dengan kejadian-kejadian yang terjadi selama 23 tahun.

2. Lailatul Qadar merupakan malam penuh berkah

Tanda-tanda dan 7 Keistimewaan yang Didapatkan di Malam Lailatul Qadarblogger

Sesuai dengan ayat Al-Qur'an dalam surat Ad. Dukhon, Allah telah menurunkan suatu malam yang diberkahi dan juga telah memberikan peringatan. Malam ini yakni malam Lailatul Qadar.

3. Turunnya Malaikat Jibril pada Lailatul Qadar

Tanda-tanda dan 7 Keistimewaan yang Didapatkan di Malam Lailatul Qadarunsplash.com/Rumman Amin

Banyak malaikat yang akan turun pada Lailatul Qadar, termasuk Malaikat Jibril. Seiring dengan turunnya para malaikat ini juga sebagai tanda turunnya berkah dan rahmat.

4. Malam yang lebih baik dari seribu bulan

Tanda-tanda dan 7 Keistimewaan yang Didapatkan di Malam Lailatul Qadarunsplash.com/Andrés Gómez

Para ulama berpendapat bahwa yang dimaksud dengan lebih baik dari seribu bulan adalah salat yang dilakukan pada malam Lailatul Qadar. Tak hanya salat, amalan-amalan baik juga memiliki keistimewaan yang sama.

5. Malam kesejahteraan hingga terbitnya fajar

Tanda-tanda dan 7 Keistimewaan yang Didapatkan di Malam Lailatul Qadarunsplash.com/dawid zawila

Menurut tafsir dari Ibnu Katsir, malam Lailatul Qadar penuh dengan keselamatan. Pada malam itu, setan-setan juga tidak dapat berbuat apa-apa termasuk mengganggu manusia. Pada malam tersebut juga akan banyak manusia yang selamat dari siksa neraka karena melakukan ketaatan pada Allah SWT.

6. Malam dicatatnya takdir tahunan

Tanda-tanda dan 7 Keistimewaan yang Didapatkan di Malam Lailatul Qadarpexels.com/rawpixel

Pada malam Lailatul Qadar juga akan dilakukan penulisan takdir dalam setahun, termasuk ajal dan rizki. Catatan takdir tahunan ini tentu saja didahului oleh penulisan Allah. Takdir ini nantinya akan diperlihatkan pada malaikat dan mereka akan melakukan apa yang ditugaskan oleh Allah.

7. Manusia yang menghidupkan malam Lailatul Qadar akan diampuni dosanya oleh Allah

Tanda-tanda dan 7 Keistimewaan yang Didapatkan di Malam Lailatul Qadarhttps://www.google.com/search?safe=strict&client=firefox-b-ab&biw=1263&bih=642&tbm=isch&sa=1&ei=1OreXLK8BIfNvgSI2JSgCw&q=malam+lailatul+wadar&oq=malam+lailatul+wadar&gs_l=img.3...877869.882597..882992...0.0..1.459.4419.3j7j5j2j3......0....1..gws-wiz-img.....0..0i67j0j0i30j0i5i30j0i8i30.EQqsgY-KvK0#imgrc=w_MwV4aeoXnVQM:

Sesuai dengan HR. Bukhari no. 1901, "Barangsiapa melaksanakan salat pada malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.”

Semoga kita semua mendapat kesempatan untuk menikmati keistimewaan Lailatul Qadar itu ya.

Ituah tanda-tanda dan 7 keistimewaan datangnya malam Lailatul Qadar. Semoga kita semua bisa mendapatkan berkahnya malam seribu bulan dan bisa kembali bertemu dengan Bulan Ramadan.

Baca Juga: Syarat Iktikaf Mencari Malam Lailatul Qadar Untuk Perempuan

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya