TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Berolahraga di Gym untuk Kaum Introvert, Jangan Malu!

Introvert harus punya badan ideal!

Ilustrasi olahraga di gym (unsplash.com/Gursimrat Ganda)

Olahraga merupakan suatu aktivitas yang tidak boleh dilupakan. Kita harus tetap berolahraga agar menjaga tubuh tetap sehat dan bugar, walaupun sedang di tengah kesibukan. Salah satu tempat yang bisa dijadikan tempat olahraga, yaitu gym.

Gym merupakan tempat publik yang menyediakan banyak alat untuk berolahraga, mulai dari beban yang ringan, hingga ke paling berat.

Namun, gym terkadang dipenuhi oleh banyak orang yang ingin berolahraga. Hal tersebut menjadi suatu permasalahan bagi seorang introvert, karena akan menguras energi jika bertemu banyak orang.

Berikut merupakan tips bagi seorang introvert yang ingin berolahraga di gym.

Baca Juga: 5 Tanda Introvert sedang Fall in Love, Mendadak Suka Cerita

1. Buat rencana olahraga dari rumah

Sebelum melakukan olahraga di gym, sangat direkomendasikan untuk membuat daftar olahraga yang akan dilakukan.

Hal tersebut dapat meningkatkan kepercayaan diri dan menghilangkan rasa cemas atau bingung. Daftar yang dibuat bisa dimulai dari olahraga yang mudah, jika baru pertama kali datang ke gym.

Kamu bisa mencari referensi olahraga yang bisa dilakukan di gym secara online. Selain itu, coba bertanya dan melakukan konsultasi ke teman yang sudah lebih sering datang ke gym. Rencana olahraga yang matang akan membuat kaum introvert berolahraga di gym dengan nyaman.

2. Kenali alat dan cara kerjanya

Pemahaman yang baik tentang cara kerja alat gym akan membuat introvert lebih memaksimalkan sesi latihan mereka.

Kamu dapat fokus pada latihan yang tepat tanpa harus kebingungan untuk mempelajari cara kerja alat. Hal tersebut juga dapat menghemat waktu yang dihabiskan saat berolahraga di gym.

Bagi kaum introvert, kebingungan adalah sumber utama kecemasan. Hal itu dapat dihilangkan dengan cara mempelajari cara kerja alat gym dari rumah.

Saat sudah tahu bagaimana cara kerja alat, kamu tidak akan merasa terlalu cemas atau khawatir saat menggunakan peralatan di gym.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

3. Gunakan headset untuk mendengarkan lagu

Bagi kaum introvert, lingkungan dan suasana gym yang ramai akan mendatangkan rasa cemas.

Suara bising yang datang dari percakapan orang ramai dapat membuat olahraga tidak menyenangkan. Hal tersebut dapat dihilangkan dengan cara mendegarkan lagu lewat headset.

Mendengarkan musik yang disukai dapat membantu menurunkan tingkat kecemasan. Musik yang tepat dapat membantu introvert untuk lebih fokus pada latihan.

Selain itu, mendengarkan musik akan mengalihkan perhatian dari suasana gym yang ramai.

4. Jangan pergi ke gym di waktu ramai

Keramaian di gym bisa menjadi sumber kecemasan bagi introvert. Kamu bisa mencoba pergi di waktu yang lebih sepi pengunjung. Hal tersebut dapat membuat perasaan lebih tenang dan nyaman saat berolahraga di gym.

Gym yang sepi memberikan kebebasan menggunakan peralatan tanpa harus menunggu giliran. Hal tersebut membuat introvert merasa lebih nyaman dan bebas untuk melakukan latihan sesuai dengan rencana yang dibuat. Selain itu, introvert juga dapat menghindari interaksi sosial yang tidak diinginkan dengan orang asing.

Writer

Muhammad Akbar Saputra

Suka menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya