TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Menghibur Pasangan ketika Punya Masalah dengan Keluarganya

Ajak dia curhat atau jalan-jalan santai

ilustrasi sepasang kekasih (pexels.com/Mẫnn Quang)

Intinya Sih...

  • Mendengarkan masalah pasangan dengan penuh empati, hindari memberikan saran langsung kecuali diminta
  • Bujuk pasangan untuk curhat dan berjanji untuk tidak menceritakan pada orang lain tanpa izin
  • Berikan dukungan emosional, seperti kata-kata penyemangat, pelukan, atau genggaman tangan

Setiap orang pasti punya masalahnya sendiri, termasuk masalah dengan keluarga. Menghadapi masalah keluarga bisa menjadi situasi yang sangat menegangkan dan emosional. Sebagai pasangan, kamu tentu memiliki peran penting dalam memberikan dukungan dan hiburan saat pasanganmu sedang menghadapi kesulitan.

Bahkan sekalipun kalian belum menikah, kamu tetap bisa memberikan saran yang membangun untuk pasanganmu. Dengan dukungan yang positif, dia pasti akan merasa lebih baik. Adapun lima cara yang bisa dilakukan untuk menghibur dan memberikan dukungan adalah sebagai berikut. Keep scrolling!

1. Dengarkan dengan penuh empati

Langkah pertama yang paling penting adalah dengan mendengarkan. Biarkan pasanganmu menceritakan masalah yang sedang ia hadapi. Mendengarkan dengan penuh empati menunjukkan bahwa kamu benar-benar peduli dan siap mendukung dia sepenuhnya. Hindari memberikan saran langsung kecuali jika diminta, karena terkadang pasangan hanya perlu mengungkapkan perasaannya.

Namun beberapa orang terkadang merasa sungkan untuk bercerita tentang masalah yang sedang dihadapi. Jika pasanganmu tetap diam, coba bujuk dia untuk curhat padamu. Yakinkan bahwa kamu akan mendukungnya dan tak akan menyalahkannya. Berjanjilah bahwa kamu tak akan bercerita pada orang lain jika pasanganmu tidak mengizinkan.

2. Berikan dukungan emosional

Selain mendengarkan, berikan dukungan emosional yang dibutuhkan. Tunjukkan bahwa kamu berada di sampingnya, apa pun yang terjadi. Kalimat sederhana seperti, "Aku ada di sini untukmu," bisa memberikan rasa tenang sekaligus penghibur. Pelukan hangat atau genggaman tangan juga bisa menjadi cara yang efektif untuk menenangkan perasaannya.

Memberikan dukungan emosional semacam ini memberikan banyak manfaat bagi pasanganmu dan hubungan kalian. Selain membuat pasangan merasa lebih tenang dan nyaman, ikatan cinta kasih antara kalian berdua juga akan lebih kuat. Alhasil hubungan kalian bisa lebih harmonis dan langgeng.

Baca Juga: 5 Ciri Seorang Wanita Loyal dan Tidak Pernah Selingkuh dalam Hubungan

3. Ajak melakukan aktivitas yang menyenangkan

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Terkadang, cara terbaik untuk menghibur seseorang adalah dengan mengalihkan perhatiannya dari masalah. Ajak pasangan melakukan aktivitas yang disukainya, seperti menonton film, berjalan-jalan, atau sekadar makan di luar. Aktivitas-aktivitas ini dapat membantu meringankan beban pikiran dan membawa kebahagiaan sementara.

Apalagi jika kamu dan pasangan memiliki hobi yang sama, pasti akan terasa lebih menyenangkan. Tetapi pastikan bahwa setiap aktivitas yang kalian lakukan adalah hal yang positif, ya. Jangan sampai kalian melakukan hal-hal yang dilarang atau membahayakan.

4. Berikan waktu bagi pasangan

Setiap orang memiliki cara berbeda dalam menghadapi masalah. Ada kalanya pasanganmu mungkin membutuhkan waktu untuk sendiri. Jika pasanganmu menunjukkan tanda-tanda ingin sendirian, hormati keinginannya dan berikan dia ruang. Meski begitu, katakan bahwa kamu akan selalu ada dan siap membantunya saat dia membutuhkanmu.

Mungkin dengan cara tersebut pasanganmu dapat merasa lebih baik dan memulihkan energinya. Mungkin juga waktu ini akan dia gunakan untuk introspeksi diri. Jadi, biarkan dulu dia sendiri dan jangan terlalu mengganggunya, ya.

Verified Writer

richpriant

Bismillah aja.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya