TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Persahabatan dari SMP Awet, Ada yang Relate?

Sahabat dari SMP selalu berkesan

ilustrasi persahabatan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Intinya Sih...

  • Teman SMP membentuk ikatan kuat karena saling memahami perubahan dan pengalaman bersama.
  • Pengalaman signifikan seperti ujian sekolah dan konflik interpersonal mempererat persahabatan di masa SMP.
  • Hubungan yang terbentuk di masa SMP sering memiliki dasar yang kokoh untuk tetap terjalin hingga sekarang.

Menjalani kehidupan dewasa nyatanya jadi tantangan tersendiri bagi setiap orang. Apalagi jika sudah menyangkut soal persahabatan, di mana lingkaran pertemanan semakin mengecil. Maksudnya di sini orang-orang yang kita temui dan mengerti tentang kita hanya itu-itu saja.

Bahkan banyak yang mengatakan persahabatan paling awet dan setia berasal dari teman SMP. Hal ini memang tidak bisa dipukul rata untuk semua orang. Tentunya setiap orang mempunyai pengalaman berbeda, tapi mari kita lihat alasan mengapa teman SMP begitu setia. Simak ulasan selengkapnya di sini.

1. Masa perkembangan bersama

Saat SMP, kita berada dalam fase perkembangan yang intens dan mencari jati diri. Teman-teman di masa ini sering mengalami perubahan bersama, membentuk ikatan yang kuat karena saling memahami perubahan tersebut. Dengan tumbuh bersama membuat seseorang punya ikatan kuat satu sama lain.

Maka tak heran jika teman SMP bisa jadi salah satu orang yang paling setia hingga sekarang. Mereka mengetahui bagaimana diri kita, mulai dari karakteristik hingga kesamaan latar belakang yang mungkin saja terjadi. Sampai akhirnya bertumbuh nanti semua jadi tampak mengesankan.

2. Kesamaan pengalaman

Teman-teman di masa SMP sering mengalami pengalaman bersama yang signifikan, seperti ujian sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, atau bahkan konflik interpersonal. Pengalaman-pengalaman ini mempererat ikatan persahabatan karena telah melalui banyak hal bersama-sama.

Kamu sendiri pasti lebih nyaman dekat dengan seorang yang punya kesamaan pengalaman daripada orang asing. Maka tak heran persahabatan saat SMP akan membuatmu lebih nyaman hingga sekarang karena kalian punya banyak kesamaan. Ada banyak hal yang diceritakan saat bertemu dan bersama.

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Dikenal Paling Ambisius dan Tak Pernah Putus Asa

3. Kerentanan dan kepercayaan

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Saat remaja, kita mulai membagikan lebih banyak tentang diri sendiri kepada teman-teman. Ini menciptakan rasa kepercayaan dan kerentanan yang memperkuat hubungan, karena teman-teman di masa SMP sering menjadi sumber dukungan emosional pertama. Hal ini yang membuat teman SMP jadi support system utama bagi kita.

Misalnya saja kamu menemukan cinta pertama saat SMP, bisakah kamu mengingat bagaiman berbunga-bunganya hatimu? Di saat seperti itu teman akan menjadi orang pertama yang kamu beri tahu. Kamu bercerita tentang bagaimana bahagia perasaan dan keadaanmu saat itu.

4. Kesamaan minat dan hobi

Pada usia ini, kita mulai mengembangkan minat dan hobi yang lebih mendalam. Teman-teman di SMP sering kali memiliki minat dan hobi yang serupa, yang membuat mereka lebih akrab dan menemukan kesamaan. Kebanyakan orang yang punya minat atau hobi sama akan berkumpul menjadi satu.

Maka tak heran ketika kamu dan temanmu di saat SMP bisa begitu cocok hingga sekarang, Hubungan kalian dibangun berdasarkan kesamaan hobi dan minat, bahkan hingga sekarang masih melakukannya bersama-sama. Tentu ini jadi alasan mengapa persahabatan yang dijalin masih awet hingga sekarang.

Verified Writer

Risma Fadilla

Hi, be my friend on Instagram @rismaanorf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya