TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal yang Perlu Disepakati Calon Pengantin Sebelum Menikah!

Sepakati bersama sebelum sah

Ilustrasi pengantin (pexels.com/Rovshan Nazirli)

Intinya Sih...

  • Setujui konsep acara pernikahan bersama pasangan dan keluarga, belajar mengelola ekspektasi dan konflik.
  • Sepakati kehidupan setelah menikah, termasuk pekerjaan, pembagian tugas, tempat tinggal, dan keuangan.
  • Berani bertanya apakah ada hal yang belum diketahui dari pasangan, dapatkan restu dari orang tua atau orang terdekat sebelum memulai hubungan baru.

Calon pengantin perempuan dan lelaki pastinya akan sibuk ketika mengatur pernikahan. Namun, jangan hanya fokus ke acara pernikahannya saja, tanpa adanya diskusi lebih dalam mengenai kehidupan setelah akadnya. Tentunya, jika ada kesepakatan bersama memudahkan untuk mengatur kehidupan setelah nikah. 

Sebelum menikah memang ada banyak hal yang peelu disepakati oleh calon pengantin, maka dari itu di bawah ini akan dibahas lima hal saja yang harus disepakati bersama. Apa saja? Cek di bawah ini, yuk!

1. Konsep acara pernikahan

Hal yang pertama yang perlu disetujui bersama adalah perihal konsep acara pernikahanmu. Terbukalah untuk berbagi pemikiran ataupun dream wedding-mu bersama pasangan, ajak ia untuk merundungkan pula bersama kedua keluarga. 

Jika misalnya ada yang kurang setuju, maka kalian mesti bermusyawarah untuk mengambil jalan tengahnya. Hal tersebut bisa membuat kalian belajar mengelola ekspektasi maupun bagaimana mengelola konflik dalam memulai hubungan rumah tangga. 

2. Kehidupan setelah pernikahan

Hal lainnya yang perlu disepakati adalah bagaimana kehidupan kalian setelah menikah, hal ini tentunya akan bercabang dan banyak. Semisal, mari sepakati apakah si istri boleh bekerja atau tidak, sepakati pembagian tugas, nafkah, dan lainnya. 

Selain itu, sepakati juga tempat tinggal setelah menikah, apakah sudah punya hunian atau ingin tinggal bersama mertua. Jangan segan untuk memberi pendapat jika hal yang dibahas belum mencapai kesepakatan, ya. 

Baca Juga: 5 Penyebab Seseorang Tidak Pandang Fisik dalam Hubungan Percintaan

3. Keuangan

Terkadang keuangan menjadi hal tabu untuk didiskusikan bersama calon pasangan, entah karena malu atau merasa hal tersebut tidak sopan. Namun, pada kenyataannya salah satu faktor perceraian karena masalah perekonomian atau keuangan. 

Maka sebelum kalian menikah, ketahui terlebih dulu apakah pasanganmu memiliki hutang, apakah memiliki tabungan ataupun tanggungan. Jika sudah saling terbuka, maka mudah untuk memutuskan apakah mampu menerima konsekuensinya atau tidak. 

4. Hal yang mengganjal atau yang belum diketahui

Lalu, yang tak kalah penting untuk disepakati sebelum menikah adalah apakah selama menjalin hubungan, ada hal yang kamu belum ketahui dari diri pasanganmu. Atau selama ini ada yang kamu belum terima dalam diri pasangan.

Jangan malu untuk bertanya jika ada yang mengganjal, janhan disimpan seorang diri apalagi sampai berdiam diri. Karena apa yang ada mengganjal lalu tidak ditanyakan, bisa saja membuatmu merugi di masa depan ketika memilih bersama pasangannya. 

5. Mendapat restu dari orang tersayang

Terakhir, jika ingin memulai sebuah hubungan baru apalagi untuk ibadah terpanjang, maka usahakan untuk mendapatkan restu dari orang tua maupun orang-orang disekitar yang kalian sayangi. Karena terkadang, pemikiran mereka masih objektif sehingga terkadang dapat mendeteksi atau menyeleksi pasanganmu apakah layak atau tidak untuk bersanding denganmu.

Jika misalnya belum mendapatkan restu, kamu bisa usahakan untuk mempertemukan pasanganmu dengan orang tua, mintai pendapat mereka, dan tetaplah terus untuk meminta doa restu mereka dengan melakukan berbagai hal. Semangat, ya!

Itulah lima hal yang perlu kamu sepakati bersama calon pasanganmu jika ingin membangun rumah tangga. Tentunya, banyak hal lain yang perlu disepakati, tentukan saja topik apa yanh sekiranya wajib dibahas. 

Baca Juga: 5 Dinamika dalam Hubungan saat Memiliki Pasangan yang Ambisius

Verified Writer

sarah aisyah

Books, Poems, Blue

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya