TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Sebab Munculnya Perasaan Cemburu yang Berlebihan kepada Pasangan 

Ketahui kemudian kendalikan cemburumu  

ilustrasi pasangan yang cemburu (pexels.com/RDNE Stock project)

Bagaimanapun juga, perasaan cemburu adalah hal yang alami dalam sebuah hubungan. Akan tetapi jika rasa cemburu menjadi berlebihan, itu justru bisa mengganggu kestabilan hubungan dan bahkan berdampak pada kesehatan emosional kamu dan pasangan.

Itulah kenapa, mencari tahu lebih lanjut apa yang mendorong perasaan cemburu berlebihan akan bisa membantu kamu mengatasi dan mengelola emosi tersebut dengan lebih baik. Simak nih, lima sebab umum munculnya perasaan cemburu yang berlebihan kepada pasangan.

1. Kurangnya kepercayaan diri

ilustrasi tidak percaya diri (freepik.com/freepik)

Salah satu sebab utama dari perasaan cemburu yang berlebihan adalah kurangnya rasa percaya diri. Orang yang merasa tidak aman atau tidak percaya pada dirinya sendiri biasanya akan selalu melihat ancaman di setiap situasi dan merasa tidak cukup terhadap pasangannya.

Perhatian dan waktu sebanyak apapun yang diberikan pasangan akan selalu terasa kurang. Hal inilah yang mengakibatkan rasa cemburu yang berlebihan terhadap orang lain yang mungkin dianggap sebagai ancaman bagi hubungannya.

2. Pengalaman trauma atau pengkhianatan di masa lalu

ilustrasi traumatis masa lalu (freepik.com/sviatkovskyi)

Pengalaman trauma atau pengkhianatan di masa lalu juga bisa menjadi penyebab utama perasaan cemburu yang berlebihan. Tidak bisa disangkal, seseorang yang pernah mengalami pengkhianatan atau kepercayaan yang dilanggar dalam hubungan sebelumnya akan merasa kesulitan untuk mempercayai pasangan barunya sepenuhnya.

Bukan tidak mungkin dia punya kekhawatiran tersendiri dalam hatinya. Dia akan merasa pasangannya akan melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan oleh mantannya.

Baca Juga: 5 Tips Gak Tertekan Hadiri Bukber Keluarga Tanpa Pasangan

3. Komunikasi yang buruk atau tidak jujur

ilustrasi pasangan (pexels.com/RDNE Stock project)
Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Komunikasi yang buruk atau tidak jujur dan tidak terbuka antara pasangan juga bisa memicu perasaan cemburu yang berlebihan. Saat ada kekurangan dalam komunikasi, memang sangat mungkin seseorang jadi mulai membuat asumsi negatif tentang apa yang dilakukan pasangannya dan mulai meragukan kesetiaannya.

Kurangnya kejelasan dan transparansi dalam hubungan memang bisa mengakibatkan rasa tidak aman dan cemburu yang sebenarnya tidak perlu. Bahkan ketika pasangannya sebenarnya tidak melakukan apa-apa di luar sana.

4. Rasa tidak dihargai atau diabaikan

ilustrasi pasangan (pexels.com/Timur Weber)

Rasa tidak dihargai atau diabaikan dalam hubungan juga bisa menyebabkan munculnya perasaan cemburu yang berlebihan. Jika seseorang merasa bahwa kebutuhan dan keinginannya tidak dipenuhi oleh pasangan, dia bisa saja mulai merasa tidak aman tentang hubungan tersebut dan mulai mencari tanda-tanda ketidaksetiaan.

Perasaan tidak dihargai sangat berbahaya dalam hubungan. Pasalnya, ini dapat membuat seseorang merasa tidak aman dan cemburu terhadap orang lain yang mungkin mendapatkan perhatian dari pasangannya.

Verified Writer

Desria

Suka menulis dan menangis (?)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya