Comscore Tracker

7 Cara Menjaga Hubungan LDR Agar Tetap Harmonis 

Cinta adalah seni memahami satu sama lain

Menjaga hubungan Long Distance Relationship (LDR) bukanlah hal yang mudah. Namun demikian menjaga hubungan LDR bukanlah hal yang mustahil.

Kemajuan teknologi yang semakin berkembang saat ini dapat membuat kamu dan pasanganmu tetap merasa dekat. Namun walaupun sudah di bantu dengan teknologi, tetap selalu ada saja permasalah yang timbul dalam menjalani hubungan jarak jauh.

Salah satunya resiko yang kerap timbul adalah, mulai munculnya rasa khawatir satu sama lain. Hal ini jika di biarkan akan membuat hubungan semakin renggang.

Untuk itu ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga keharmonisan hubungan walau sedang menghadapi hubungan jarak jauh. Berikut ini beberapa cara menjaga hubungan LDR supaya tetap harmonis;

Baca Juga: 8 Tips agar Hubungan LDR Kamu Makin Romantis dan Tidak Membosankan

1. Hindari Komunikasi yang Berlebihan 

7 Cara Menjaga Hubungan LDR Agar Tetap Harmonis Ilustrasi telfonan (unsplash.com/Priscilla Du Preez)

Komunikasi dalam hubungan jarak jauh itu penting, tetpi tidak bijak juga kalua harus melakukan komunikasi yang berlebihan, dan cenderung terlalu mengawasi.

Pasanganmu akan menganggapmu terlau “lengket” dan posesif jika kamu terus menghubunginya terus menerus. Pasanganmu akan menganggapmu tidak percaya terhadapnya.

Kamu dan pasanganmu tidak harus beromunikasi 12 jam setiap harinya, beri pasangan ruang jalani hari-harinya, agar ketika berkomunikasi kalian dapat mejalani komunikasi yang berkualitas dengan saling menceritakan hari masing masing.

2. Hindari Situasi Berbahaya 

7 Cara Menjaga Hubungan LDR Agar Tetap Harmonis Saling bertatapan (pixabay.com/jobertjamis23)

Selama menjalani hubungan jarak jauh, sebaik nya kamu dan pan pasanganmu menjauhakn diri dari situasi-situasi yang membahayakan

Maksud dari situasi berbahaya di sini adalah menghindari melakukan hal yang tidak biasa dilakukan atau dilarang oleh pasangan.

Hal ini akan menibulkan kekhwatiran dan kecurigaan pasangan mu terhadap mu, dan biasanya rasa khawatir dan curiga ini akan dibarengi kesal dan amarah, sehingga akan mengundang pertengkaran dan hubungan akan mulai merenggang dan berkurang keharmonisannya.

Jadi sebaiknya pahami pasanganmu dan kenali apa hal yang dia suka dan tidak suka, sehingga kamu bisa tau apa yang boleh dan tidak boleh kamu lakukan untuk menjaga perasaanya.

3. Lakukan Sesuatu Bersama-sama 

7 Cara Menjaga Hubungan LDR Agar Tetap Harmonis Video call (unsplash.com/Surface)

Cara menjaga hubungan LDR selanjutnya adalah dengan memanfaatkan teknologi. Dengan kemajuan teknologi saat ini, banyak hal-hal sederhana yang dapat dilakukan bersama walupun terpisah oleh jarak.

Contohnya seperti bermain game, menonton film dan memasak dan berbelanja sambil melakukan panggilan video. Hal-hal ini memang terlihat sederhana namun bisa menjaga hubungan jarak jauh yang kita tahu sangat rentan.

4. Tetap Berpikiran Positif 

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

7 Cara Menjaga Hubungan LDR Agar Tetap Harmonis Balon senyum (unsplash.com/Tim Mossholder)

Selama menjalani hubungan jarak jauh kamu dan pasanaganmu harus saling berfikir positif satu sama lain. Diusahakan setiap pemikiran negative dihindari, kerna pemikiran negatif hanya akan membuat prasangka yang akan menimbulkan pertengkaran.

Salah satu trik yang bisa dilakukan untuk tetap berpikiran positif adalah dengan menanamkan rasa percaya kepada pasangan, dan menjauhkan diri dari konten-konten media sosial yang bersifat negatif.

5. Jangan libatkan orang lain 

7 Cara Menjaga Hubungan LDR Agar Tetap Harmonis Berciuman (unsplash.com/Pablo Heimplatz)

Jangan libatkan orang lain dalam hubungan kamu dan pasangan mu, apalagi kamu dan pasanganmu sedang berselisih paham.

Kehadiran orang lain dalam permasalahan mu dan pasanganmu hanya akan memperburuk hubunganmu. Orang lain akan memberiakan sudut pandangnya yang cenderung akan mendorongmu untuk menghiri hubungan mu.

Selesaikan masalah hubunganmu dengan pasanganmu berdua saja, kena yang ingin hubungan itu ada dan bertahan cuma kamu dan pasangan mu.

6. Mengetahui Jadwal Masing-masing 

7 Cara Menjaga Hubungan LDR Agar Tetap Harmonis Ilustrasi mengatur jadwal (unsplash.com/Elena Mozhvilo)

Dengan mengetahui jadwal masing-masing, kamu dapat mengetahui waktu sibuk dan senggang dari pasangan mu.

Sehingga kamu tahu kapan waktu yang tepat untuk kamu bisa berkomunikasi dengan pasanganmu tanpa takut menggangu kesibukannya

Selain itu, dengan mengetahui jadwal pasangan mu, kamu bisa ikut mengingatkan pasanganmu dengan agenda kegiatannya. Hal ini bisa menjaga keharmonisan komunikasi kamu walau sedang terpisah jarak.

Dengan mengetahui jadwal masing-masing, kamu dapat mengetahui waktu sibuk dan senggang dari pasangan mu.

Sehingga kamu tahu kapan waktu yang tepat untuk kamu bisa berkomunikasi dengan pasanganmu tanpa takut menggangu kesibukannya

Selain itu, dengan mengetahui jadwal pasangan mu, kamu bisa ikut mengingatkan pasanganmu dengan agenda kegiatannya. Hal ini bisa menjaga keharmonisan komunikasi kamu walau sedang terpisah jarak.

7. Pandai Menentukan Prioritas

7 Cara Menjaga Hubungan LDR Agar Tetap Harmonis Prioritas (unsplash.com/Brett Jordan)

LDR menuntut pasangan untuk menyusun prioritas secara bijak dan mengusahakan yang terbaik bagi hubungan.

Misalnya, kapan bisa bertemu di sela-sela kesibukan di kota masing-masing atau kapan waktu yang tepat untuk melakukan panggilan video.

Baca Juga: Ngenes! Baru PDKT Sudah Kena Ghosting, Ini 5 Cara untuk Mencegahnya 

Dap Ank Photo Community Writer Dap Ank

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya