Comscore Tracker

Ini 5 Alasan Mengapa Komitmen saat Pacaran Sangat Penting Banget

Karena dijalani dulu aja gak pernah cukup

Semarang, IDN Times - Filsuf Perancis, Jean-Paul Sartre pernah menyatakan jika sebuah komitmen adalah tindakan, bukan cuma kata-kata. Itulah kenapa ada pendapat yang mengatakan bahwa adanya komitmen merupakan batas antara hubungan yang serius dan tidak. Pada praktiknya, komitmen pacaran dan komitmen pernikahan itu berbeda.

Komitmen pacaran bertujuan untuk lebih saling memahami pasangan, sementara komitmen menikah adalah untuk mewujudkan cita-cita berdua. Sama-sama merupakan aspek penting dalam membangun kepercayaan, berikut alasan kenapa komitmen itu penting dalam hubungan.

1. Kalian akan menjalani hubungan yang aman

Ini 5 Alasan Mengapa Komitmen saat Pacaran Sangat Penting BangetIDN Times/Alfisyahrin Zulfahri Akbar

Gak ada yang bisa menjamin bahwa hubungan akan terus langgeng sampai maut memisahkan. Namun dengan komitmen, setidaknya kamu tahu bahwa saat itu kamu menjalani hubungan aman bersama pasangan.

Ketika kalian sudah berkomitmen, kalian bakal lebih tenang menghadapi setiap tantangan yang ada dalam hubungan. Tidak ada khawatir atau cemburu berlebihan karena tahu bahwa pacarmu sekarang tengah menjalankan komitmen yang pernah kalian sepakati. 

Kalian juga bakal lebih nyaman, gak lagi punya pikiran macam-macam saat bersama. Hal sederhananya semacam ini punya peran penting saat kalian tengah berantem. Meski kalian saat itu sedang ada selisih paham, tapi tetap mau saling menghargai sebagai pasangan.

2. Secara gak langsung, kalian belajar menjalani hubungan yang dewasa

Ini 5 Alasan Mengapa Komitmen saat Pacaran Sangat Penting BangetIDN Times/Alfisyahrin Zulfahri Akbar

Hubungan dewasa itu ketika kalian sama-sama mau bertanggung jawab terhadap hubungan yang kalian jalani. Artinya kalo sudah memutuskan untuk bersama, berarti harus saling menguatkan dan mendukung. Kamu dan dia gak bakal goyah karena masalah yang disebabkan hal eksternal, pun kalian juga gak mudah menggampangkan hubungan itu sendiri. 

"Tapi buat apa punya komitmen kalau masih pacaran?"

Kamu yang dewasa tahu bahwa keputusanmu sekarang bakal berdampak untuk masa depan nanti. Jangan sampai kamu akhirnya putus hanya karena takut berkomitmen atau justru meragukan pacarmu.

Bayangkan berapa banyak kerugian yang bakal kamu dapat saat putus. Kamu bakal menyianyiakan waktu, materi, perasaan karena menjalani hubungan yang tidak bisa dibawa ke jenjang yang lebih tinggi. Kamu boleh bilang hubungan kamu itu dewasa kalo sudah berkomitmen satu sama lain. 

Baca Juga: Kumpulan Doa Minta Jodoh untuk Para Jomblo, Tetap Semangat!

3. Kalian bakal lebih berani mengambil risiko karena tahu bahwa pacar bisa diandalkan saat terjadi sesuatu

Ini 5 Alasan Mengapa Komitmen saat Pacaran Sangat Penting BangetIDN Times/Alfisyahrin Zulfahri Akbar

Saat kalian sudah memiliki komitmen, maka akan lebih mungkin menjalani hubungan yang saling percaya satu sama lain. Kalian bisa mengambil keputusan lebih bijak, baik untuk urusan pribadi maupun dalam hubungan. Kalian jadi lebih berani mengambil risiko karena tahu ada seseorang yang selalu bisa diandalkan.

Misalnya saja nih, kamu dan pasangan memutuskan menikah setelah kamu mendapat gelar profesi. Kamu jadi lebih percaya diri ambil kuliah lagi karena tahu bahwa pacar akan mendukung. Ketika kamu mengalami kesulitan di tengah studi, dia tidak akan meninggalkan sampai kamu lulus dan pada akhirnya kalian menikah. 

4. Adanya masalah justru mampu menyatukan kalian, bukan malah jadi celah untuk menjauh

Ini 5 Alasan Mengapa Komitmen saat Pacaran Sangat Penting BangetIDN Times/Alfisyahrin Zulfahri Akbar

Setiap hubungan tak lepas dari masalah. Kalo kamu dan pasangan sudah memiliki komitmen, kalian bakal menyelesaikan masalah dengan terbuka dan dewasa. Kalian sudah sama-sama tahu bahwa ketika terjadi sesuatu, berarti harus berusaha menemukan solusi.

Bukan malah menjadi alasan untuk saling menjauhkan, bahkan dengan gampangnya memilih jalan putus. Ini perbedaan nyata orang yang mau menghargai hubungan dan pasangan dengan yang tidak. 

5. Alih-alih berusaha memperbaiki kekurangan pacarmu, dengan komitmen kamu justru bersyukur punya pasangan sepertinya

Ini 5 Alasan Mengapa Komitmen saat Pacaran Sangat Penting BangetIDN Times/Alfisyahrin Zulfahri Akbar

Ada manusia yang gak pernah puas dengan apa yang sudah dia dapat. Sudah punya pacar yang seperti si A, malah mencari yang seperti si B karena merasa selalu kurang. Namun, pandangan ini masih bisa diubah seiring proses saling memahami dalam sebuah hubungan.  

Kalo kamu sudah punya komitmen, kamu gak bakal lagi fokus sama kekurangan pasanganmu. Kamu justru bersyukur dan beruntung punya orang sepertinya. Seseorang yang gak hanya berperan sebagai pasangan, melainkan teman hidup yang ada dalam suka dan duka.

Itu tadi pentingnya komitmen dalam hubungan. Kalo kamu dan pacarmu sudah berkomitmen belum nih?

Baca Juga: 5 Zodiak ini Gak Bisa Jalani Hubungan LDR, Maunya Dekat Terus!

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya