Comscore Tracker

5 Cara Sopan Menolak Seseorang Tanpa Harus Ghosting, Gak Sakit Hati

#IDNTimesLife To the point apa adanya malah enak, lho

Semua orang akan setuju kalau di-ghosting sangat tidak mengenakkan. Meski demikian, pasti beberapa dari kamu masih ada juga yang melakukannya. Bisa jadi kamu punya alasan tertentu untuk tidak mengabarinya lagi.

Tapi sebenarnya ada beberapa hal yang bisa dilakukan tanpa menghilang begitu saja, lho. Wah, kira-kira apa saja itu? Baca cara menolak cintanya secara sopan tanpa harus ghosting berikut ini. Check it out!

1. Jika terpaksa harus ghosting, perhatikan waktu dan situasi yang tepat

5 Cara Sopan Menolak Seseorang Tanpa Harus Ghosting, Gak Sakit Hatiunsplash.com/Etienne Boulanger

Saat kamu ingin melakukan ghosting, luangkan waktu untuk melihat situasinya. Dilansir Bustle, Amalia Miralrío, Pekerja Sosial Klinis Berlisensi, mengatakan bahwa ada saat kamu boleh menghilang dari seseorang, terutama kalau mengancam keselamatanmu dan kamu tidak berhasil membuatnya pergi.

2. Mengirim pesan dan mengatakan dengan jujur

5 Cara Sopan Menolak Seseorang Tanpa Harus Ghosting, Gak Sakit Hatipexels.com/RF._.studio

Kalau alasan kamu ingin menolaknya adalah karena ketidakcocokan dan kamu tidak tertarik padanya, kamu katakan saja dengan jujur dan apa adanya. Hal ini sangat wajar terjadi. Miralrío menyarankan untuk jujur, sehingga orang yang kamu tolak memiliki jawaban yang jelas, dan tidak dibiarkan bertanya-tanya apa yang terjadi.

Baca Juga: 5 Jurus yang Bisa Kamu Lakukan Saat Bertemu Tukang Ghosting

3. Katakan untuk menjadi teman saja

5 Cara Sopan Menolak Seseorang Tanpa Harus Ghosting, Gak Sakit Hatipexels.com/August de Richelieu

Tidak semua pertemuan berakhir dengan hubungan romantis yang kamu jalin. Dilansir Bustle, Beverley Andre, Terapis Pernikahan dan Keluarga Berlisensi, menyampaikan bahwa boleh saja kalau kamu ingin mempertahankannya sebagai teman karena dia menyenangkan.

Kamu sampaikan saja dengan jujur, sehingga ia mendapat kejelasan dan kejujuran darimu. Tapi, jangan memaksanya menjadi temanmu kalau ia tidak mau.

4. Menjaga interaksimu tetap singkat

5 Cara Sopan Menolak Seseorang Tanpa Harus Ghosting, Gak Sakit Hatipexels.com/Trinity Kubassek

Kalau ia masih mendekatimu meski kamu sudah menolaknya, batasi interaksimu tetap singkat dengannya. Kalau kamu bingung untuk berkata apa, persingkatlah interaksimu sebelum melangkah terlalu jauh dan semakin sulit untuk mengakhirinya.

5. Tunjukkan ketidaktertarikanmu dengan jelas

5 Cara Sopan Menolak Seseorang Tanpa Harus Ghosting, Gak Sakit Hatiunsplash com/eric ward

Terkadang, kamu membuat orang lain berharap hanya dengan bersikap baik. Jadi, kalau memang tidak tertarik, kamu harus menunjukkannya dengan jelas. Hal ini pun senada seperti yang dikatakan Sonya Schwartz, Dating dan Relationship Expert, melalui HerNorm, ia mengungkapkan bahwa ketidakjelasan sikapmu hanya akan memperpanjang hal yang tidak terelakkan. Ia nantinya hanya akan menunggumu terus-menerus.

Kelima cara tadi bisa dipraktikkan apabila kamu ingin menolak seseorang tanpa harus melakukan ghosting kepadanya. Hubungan romantis bisa terjalin jika komunikasi kamu berjalan dengan baik. Jadi sampaikanlah semuanya dengan jujur dan jelas, biar tidak ada dusta diantara kalian.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Kenali Ghosting, Ngilang Pas Sayang-sayangnya, Ambyar!

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya