TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Bahan Alami untuk Mengencangkan Kulit Wajah, Mudah Ditemukan!

Membuat kulit kembali kencang dan kenyal

freepik.com/cookie_studio

Setiap orang tentu menginginkan kulit wajah yang kencang dan kenyal. Sayangnya, semakin bertambahnya usia, kulit akan mengalami penurunan regenerasi sehingga kulit bisa kehilangan elastisitasnya.

Hal tersebutlah yang menjadi penyebab munculnya garis-garis halus pada wajah yang mengakibatkannya tampak kendur dan terlihat lebih tua.

Jadi tidak heran jika banyak yang  mencari cara untuk membuat kulit tetap kencang, seperti pergi ke klinik kecantikan, menggunakan produk kecantikan, hingga melakukan operasi plastik. Padahal, masih ada lho cara aman yang bisa kamu lakukan untuk mengencangkan kulit wajah!

Baca Juga: Rekomendasi Masker Wajah Alami Mencerahkan, Mudah Didapatkan

1. Lemon

Freepik

Lemon kaya akan antioksidan, vitamin C, serta kandungan asam alpha hidroksi. Beberapa kandungan tersebut berguna untuk menangkal radikal bebas yang terdapat dalam kulit. Oleh sebab itu,  lemon dapat digunakan sebagai salah satu bahan alami untuk mengencangkan kulit wajah.

Cara penggunaannya sangat mudah lho! Kamu bisa mengoleskan air perasan lemon pada wajah dan diamkanlah selama kurang lebih dua puluh menit. Dengan begitu, pori-pori pada kulit  akan tertutup, dan kulit akan menjadi kencang dan kenyal.

2. Jeruk nipis

Freepic/bowonpot

Sama halnya seperti lemon, jeruk nipis juga memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C yang dapat membuat kulit terhindar dari munculnya jerawat, mengatasi minyak berlebih, mengangkat sel-sel kulit mati serta mencerahkan kulit wajah.

Karena dapat mengangkat sel-sel kulit mati,  jeruk nipis diyakini berguna untuk mengencangkan kulit wajah. Cara pemakaiannya hanya dengan mengoleskan air perasan jeruk nipis pada wajah dan diamkan selama lima belas menit. Setelah itu, bilas dengan air mengalir sehingga wajah akan terasa lebih segar dan kencang.

3. Lidah buaya

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Freepic/Racool_studio

Lidah buaya dapat bermanfaat untuk mengencangkan kulit wajah sekaligus menyegarkan dan mencerahkannya.

Cara penggunaannya pun terbilang gampang. Kamu cukup mengoleskan gel dari daging lidah buaya pada bagian wajah secara merata. Diamkan selama kurang lebih dua puluh menit lalu bilaslah dengan air.

4. Pepaya

Freepik

Pepaya memiliki enzim papain yang dapat membantu meregenerasi kulit. Selain itu, pepaya juga mengandung vitamin A, E, dan C sebagai anti-oksidan yang akan membantu menutrisi kulit dan menjadikannya tetap lembap. Dengan menggunakan pepaya, sel kulit mati akan terangkat, dan kotoran pada wajah akan hilang.

Bukan hanya itu, pepaya juga bermanfaat untuk mengencangkan kulit. Cara pemakaiannya juga sangat gampang, yaitu dengan menghaluskan pepaya dan menjadikannya sebagai masker selama dua puluh lima menit sebelum akhirnya dibilas hingga bersih. 

Baca Juga: 5 Cara Alami Hilangkan Kerutan di Wajah, Terlihat Awet Muda!

Verified Writer

Keza Felice

Author | Content Writer | Ghost Writer | Ig: @Keza236_queen

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya