TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Hal yang Mendorong Kamu jadi Sosok Inspiratif di Tengah Perubahan

Yakin kamu gak mau jadi sosok inspiratif?

ilustrasi sosok inspiratif (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kemampuan menyesuaikan diri sangat dibutuhkan di era perkembangan zaman. Karena banyak perubahan terjadi di lingkungan sekitar. Kamu harus siap bertemu dengan orang-orang baru. Juga beragam ide dan pemikirannya.

Ternyata ada beberapa beberapa hal yang mendorong kamu jadi sosok inspiratif di tengah perubahan. Mulai dari sikap dan perilaku, sampai dipengaruhi oleh pola pikir. Semoga informasi di bawah ini bisa menambah wawasanmu dalam menghadapi perkembangan zaman.

1. Sikap saling menghargai

ilustrasi sosok inspiratif (pexels.com/ELEVATE)

Keberadaan lingkungan sekitar tidak bisa dipisahkan dari perubahan. Kita harus menerima fakta jika segala sesuatunya bersifat dinamis. Mulai dari karakter orang-orangnya, sampai perkembangan ilmu pengetahuan.

Perubahan bisa membawa dampak positif juga negatif. Salah satu yang mendorong dirimu jadi sosok inspiratif adalah sikap saling menghargai. Kamu bisa menempatkan diri dengan cermat di antara perbedaan. Berbeda bukan berarti saling membenci.

2. Fleksibilitas berpikir

ilustrasi sosok inspiratif (pexels.com/Helena Lopes)

Di era sekarang ini kita harus pandai menyesuaikan diri. Karena perkembangan zaman berlangsung dengan cepat tanpa bisa dicegah. Suatu ide dan kreativitas bisa jadi mempengaruhi seluruh aspek penting kehidupan.

Ada beberapa hal yang mendorong seseorang jadi sosok inspiratif di tengah perubahan. Termasuk memiliki fleksibilitas berpikir. Kamu bisa menempatkan diri di antara perbedaan sudut pandang. Apapun yang terjadi, kamu selalu bisa cepat beradaptasi dengan situasi baru.

Baca Juga: 7 Cara Menohok Membalas Tetangga yang Selalu Dengki, Anti Adu Mulut!

3. Memiliki mindset open minded

ilustrasi sosok inspiratif (pexels.com/Cottonbro studio)

Open minded. Kata ini merujuk pada seseorang yang memiliki pola pikir terbuka. Bukan berarti menelan informasi mentah-mentah tanpa pertimbangan. Tapi seseorang yang terbuka bisa menyaring segala sesuatunya dengan cermat.

Memiliki mindset open minded juga menjadi salah satu hal yang mendorong kamu jadi sosok inspiratif di tengah perubahan. Pola pikir terbuka membuat kamu termotivasi belajar banyak hal. Menjadi individu yang tumbuh di tengah dinamika lingkungan, kamu bisa memaksimalkan potensi dan keterampilan.

4. Kemampuan berkomunikasi

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

ilustrasi sosok inspiratif (pexels.com/Fauxels)

Takdir kita sebagai makhluk sosial tidak bisa ditolak. Ada banyak sebab yang mengharuskan kita berkomunikasi dengan orang lain. Mulai dari bertegur sapa saat berpapasan di jalan. Sampai diskusi membahas topik penting dan terkini.

Memiliki kemampuan berkomunikasi yang mumpuni, kamu dipandang sebagai sosok inspiratif di tengah perubahan. Tidak ada sikap kaku menghadapi perbedaan karakter individu. Kamu bisa membaur dengan siapapun tanpa rasa canggung. Baik berkomunikasi dengan generasi tua maupun muda.

5. Kemandirian menghadapi tantangan

ilustrasi sosok inspiratif (pexels.com/Eugene Lisyuk)

Perkembangan zaman memang membawa kemudahan. Kamu dimanjakan dengan banyak fasilitas yang mempermudah kehidupan. Di sisi lain, suatu perubahan juga menghadirkan tantangan yang harus siap dihadapi.

Apa yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan? Tentu saja kemandirian. Ternyata ini menjadi salah satu hal yang mendorong kamu menjadi sosok inspiratif di tengah perubahan. Memiliki sikap kemandirian, kamu tidak mudah ketergantungan dengan orang lain.

6. Kemauan untuk belajar

ilustrasi sosok inspiratif (pexels.com/Mental Health America (MHA))

Pembelajaran tidak berlangsung di bangku sekolah saja. Tapi pengalaman bisa didapat sepanjang waktu. Salah satu hal yang wajib tertanam dalam diri adalah kemauan belajar. Kamu terpacu memperdalam ilmu pengetahuan juga meningkatkan keterampilan.

Kemauan untuk belajar sepanjang waktu turut mendorongmu jadi sosok inspiratif di tengah perubahan. Cara menyikapi perubahan tidak hanya berpangku tangan. Tapi kamu mencari cara untuk terus meningkatkan kualitas diri. Satu pencapaian tidak menjadi alasan berpuas diri.

Baca Juga: 3 Tanda Kamu Seseorang Serial Monogami, Sering Jatuh Cinta! 

Verified Writer

Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya