Jokowi dan Trump Berkomunikasi Bahas Bantuan Ventilator untuk COVID-19

Istana menyebut pembicaraan dilakukan Jokowi di Bogor

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Indonesia meminta bantuan kepada Amerika Serikat agar dikirimkan ventilator untuk mengobati pasien COVID-19. Itu merupakan klaim Presiden AS, Donald J. Trump melalui akun media sosialnya @realDonaldTrump pada Jumat (24/4) kemarin. Ia mengaku sempat berbincang dengan Presiden Joko "Jokowi" Widodo untuk membahas mengenai perkembangan penanganan virus corona

"Just spoke to my friend, President Joko Widodo of the Republic of Indonesia. Asking for ventilators, which we will provide. Great cooperation between us!" cuit Trump pada pukul 21:12 WIB. 

Bila diartikan ke dalam Bahasa Indonesia maka cuitan itu bermakna: "baru berbicara dengan teman saya, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Meminta ventilator, yang akan kita sediakan. Kerja sama yang bagus di antara kita!"

Namun, cuitan itu rupanya tidak ditanggapi positif oleh warga Negeri Paman Sam sendiri. Sebab, AS sudah menjadi episentrum di mana jumlah pasien yang terinfeksi COVID-19 dan meninggal dunia jauh lebih banyak ketimbang di Indonesia. 

Berdasarkan data dari situs World O Meter pada (25/4) pukul 10:05 WIB, jumlah kasus positif COVID-19 di AS mencapai 925.038. Sementara, pasien yang meninggal sudah mencapai 52.185 jiwa. Lalu, apa komentar Istana mengenai pembicaraan di antara kedua pemimpin itu?

1. Istana membenarkan adanya percakapan antara Jokowi dan Trump melalui telepon

Jokowi dan Trump Berkomunikasi Bahas Bantuan Ventilator untuk COVID-19Cuitan Trump soal permintaan Ventilator dari Jokowi (Tangkapan Layar Twitter @realDonaldTrump)

Ketika dikonfirmasi, Istana membenarkan adanya percakapan yang terjadi antara Jokowi dengan Trump. Menurut Istana, hal itu terjadi pada Jumat (24/4) pukul 20:00 WIB. Pembicaraan via telepon itu dilakukan mantan Gubernur DKI Jakarta itu melalui Istana Kepresidenan Bogor. 

Pihak Istana menjelaskan, dalam pembicaraan tersebut, Jokowi dan Trump bertukar pikiran mengenai penanganan COVID-19.

"Presiden Jokowi menyampaikan apresiasinya atas kerja sama Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Amerika Serikat dalam upaya penanganan COVID-19," ujar Biro Pers Istana melalui keterangan tertulis pada Sabtu (25/4).

Baca Juga: Trump Curiga Virus Corona dari Lab di Wuhan, Tiongkok: Tidak Ada Bukti

2. Jokowi dan Trump membicarakan bantuan ventilator untuk pasien COVID-19

Jokowi dan Trump Berkomunikasi Bahas Bantuan Ventilator untuk COVID-19Ilustrasi. Dok.Humas Jabar

Lalu, hal selanjutnya yang dibicarakan oleh kedua pemimpin yaitu tukar pikiran mengenai upaya untuk mengatasi kekurangan alat kesehatan dan alat perlindungan bagi tenaga medis seperti alat bantu pernafasan (ventilator), APD dan masker. Namun, kesulitan untuk memperoleh perlengkapan medis itu tidak hanya dialami oleh Indonesia dan AS, tetapi di negara lainnya. 

Presiden Jokowi bahkan sempat menyebut semua negara berebut agar bisa menyediakan peralatan medis untuk memulihkan pasien COVID-19 di wilayahnya. Mengenai ventilator, Trump menjelaskan mengenai upaya pembuatan alat tersebut di negaranya dan menyampaikan akan mengirim ke Indonesia apabila sudah siap.

"Kerjasama ini akan ditindaklanjuti oleh tim masing-masing negara," ungkap Istana. 

Trump memberikan penjelasan lebih blak-blakan di mana Indonesia meminta agar AS bisa menjual ventilator tersebut ke RI. 

3. Jokowi dan Trump tetap akan memperkuat kemitraan di bidang ekonomi usai pandemik COVID-19 berlalu

Jokowi dan Trump Berkomunikasi Bahas Bantuan Ventilator untuk COVID-19Presiden Amerika Serikat Donald Trump berbicara mengenai respon pemerintah terhadap pandemi virus corona di Gedung Putih, Washington, Amerika Serikat, pada 5 April 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Joshua Roberts

Dalam pembicaraan itu, Jokowi dan Trump juga saling menyampaikan duka cita kepada masing-masing warga negaranya yang menjadi korban meninggal akibat COVID-19. Kedua pemimpin juga sepakat untuk tetap memperkuat kemitraan di bidang perdagangan dan ekonomi setelah COVID-19 berlalu. Ekonomi jelas butuh segera dipulihkan usai pandemik nantinya berhasil dilewati. 

“Indonesia adalah negara penting bagi Amerika Serikat. Kita harus tingkatkan terus kerja sama kedua negara,” ucap Presiden Trump.

Sebelum pembicaraan melalui telepon, Presiden Trump sempat menulis surat ucapan duka cita atas meninggalnya Ibu Presiden Jokowi beberapa waktu lalu. 

Baca Juga: [BREAKING] Penyebab Meninggal Sang Ibunda Jokowi akan Diungkap Dokter

Topik:

  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya