Comscore Tracker

Donald Trump: Teman Saya, Presiden Jokowi Meminta Ventilator 

Trump sebut setelah selesai dibuat akan dijual ke Indonesia

Jakarta, IDN Times - Presiden Amerika Serikat mengungkapkan komunikasinya dengan Presiden Indonesia Joko "Jokowi" Widodo. Dalam perbincangan tersebut menurut Trump Jokowi meminta dikirimkan bantuan kepada Amerika Serikat untuk mengirimkan ventilator guna mengobati pasien COVID-19.  

Klaim tersebut dsiampaikan Presiden AS, Donald J. Trump melalui akun media sosialnya @realDonaldTrump pada Jumat (24/4) kemarin. Dalam perbincangan tersebut Trump mengaku membahas mengenai perkembangan penanganan COVID-19 dengan Presiden Jokowi. 

"Just spoke to my friend, President Joko Widodo of the Republic of Indonesia. Asking for ventilators, which we will provide. Great cooperation between us!" cuit Trump pada pukul 21:12 WIB. 

Bila diartikan ke dalam Bahasa Indonesia maka cuitan itu bermakna: "baru berbicara dengan teman saya, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Meminta ventilator, yang akan kita sediakan. Kooperasi yang bagus di antara kita!"

Cuitan Trump tentang permintaan bantuan dari Presiden Jokowi ini rupanya ditanggapi sinis oleh warga AS. Sebab, AS kini sudah menjadi episentrum di mana jumlah pasien yang terinfeksi COVID-19 dan meninggal dunia jauh lebih banyak ketimbang di Indonesia. 

Berdasarkan data dari situs World O Meter pada (25/4) pukul 10:05 WIB, jumlah kasus positif COVID-19 di AS mencapai 925.038. Sementara, pasien yang meninggal sudah mencapai 52.185 jiwa. Lalu, apa komentar Istana mengenai pembicaraan di antara kedua pemimpin itu?

Baca Juga: Sejumlah Perusahaan BUMN Siap Produksi Ventilator

1. Pihak istana membenarkan percakapan antara Jokowi dan Trump melalui telepon

Donald Trump: Teman Saya, Presiden Jokowi Meminta Ventilator Cuitan Trump soal permintaan Ventilator dari Jokowi (Tangkapan Layar Twitter @realDonaldTrump)

Ketika dikonfirmasi, Istana membenarkan adanya percakapan yang terjadi antara Jokowi dengan Trump. Menurut Istana, hal itu terjadi pada Jumat (24/4) pukul 20:00 WIB. Pembicaraan via telepon itu dilakukan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor. 

Pihak Istana menjelaskan, dalam pembicaraan tersebut, Jokowi dan Trump bertukar pikiran mengenai penanganan COVID-19.

"Presiden Jokowi menyampaikan apresiasinya atas kerja sama Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Amerika Serikat dalam upaya penanganan COVID-19," ujar Biro Pers Istana melalui keterangan tertulis pada Sabtu (25/4).

2. Jokowi dan Trump membicarakan bantuan ventilator untuk pasien COVID-19 di Indonesia

Donald Trump: Teman Saya, Presiden Jokowi Meminta Ventilator Dok.Humas Jabar

Lalu, hal selanjutnya yang dibicarakan oleh kedua pemimpin yaitu tukar pikiran mengenai upaya untuk mengatasi kekurangan alat kesehatan dan alat perlindungan bagi tenaga medis seperti alat bantu pernafasan (ventilator), APD dan masker. Namun, kesulitan untuk memperoleh perlengkapan medis itu tidak hanya dialami oleh Indonesia dan AS, tetapi di negara lainnya. 

Presiden Jokowi bahkan sempat menyebut semua negara berebut agar bisa menyediakan peralatan medis untuk memulihkan pasien COVID-19 di wilayahnya. Mengenai ventilator, Trump menjelaskan mengenai upaya pembuatan alat tersebut di negaranya dan menyampaikan akan mengirim ke Indonesia apabila sudah siap.

"Kerjasama ini akan ditindaklanjuti oleh tim masing-masing negara," ungkap Istana. 

Trump memberikan penjelasan lebih blak-blakan di mana Indonesia meminta agar AS bisa menjual ventilator tersebut ke RI. 

3. Jokowi dan Trump tetap akan memperkuat kemitraan di bidang ekonomi usai pandemik COVID-19 berlalu

Donald Trump: Teman Saya, Presiden Jokowi Meminta Ventilator Presiden Amerika Serikat Donald Trump berbicara mengenai respon pemerintah terhadap pandemi virus corona di Gedung Putih, Washington, Amerika Serikat, pada 5 April 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Joshua Roberts

Dalam pembicaraan itu, Jokowi dan Trump juga saling menyampaikan duka cita kepada masing-masing warga negaranya yang menjadi korban meninggal akibat COVID-19. Kedua pemimpin juga sepakat untuk tetap memperkuat kemitraan di bidang perdagangan dan ekonomi setelah COVID-19 berlalu. Ekonomi jelas butuh segera dipulihkan usai pandemik nantinya berhasil dilewati. 

“Indonesia adalah negara penting bagi Amerika Serikat. Kita harus tingkatkan terus kerja sama kedua negara,” ucap Presiden Trump.

Sebelum pembicaraan melalui telepon, Presiden Trump sempat menulis surat ucapan duka cita atas meninggalnya Ibu Presiden Jokowi beberapa waktu lalu. 

Baca Juga: Ventilator dari ITB Lolos Uji Kesehatan, Bisa Dipakai Pasien COVID-19?

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya