3 Kawasan Kandidat Kuat Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur

Tiga kawasan di Kaltim ini dinilai strategis

Jakarta, IDN Times - Lokasi calon ibu kota negara pengganti DKI Jakarta sudah dipastikan di Provinsi Kalimantan Timur, namun belum dipastikan titik persisnya. Ketua Pusat Kajian Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah (PKPPKD) Universitas Mulawarman Samarinda, Aji Soryan Efendi, memprediksi tiga titik yang akan menjadi lokasi ibu kota.

Ia meyakini tim pusat akan memilih salah satu dari tiga lokasi itu, karena masing-masing titik merupakan kawasan strategis. Berikut tiga lokasi yang diduga kuat akan menjadi tempat ibu kota negara, seperti dilansir Antara, Sabtu (24/8).

1. Samboja di Kutai Kartanegara

3 Kawasan Kandidat Kuat Ibu Kota Negara di Kalimantan TimurIDN Times/Sunariyah

Samboja adalah sebuah kecamatan yang terletak yang di pesisir Kabupaten Kutai Kartanegara. Aji mengatakan, Samboja merupakan salah satu wilayah yang strategis. 

Menurut Aji, seandainya bila ibu kota diputuskan di Samboja, maka kawasan Sepaku dan Penajam tetap diuntungkan. Alasannya, karena akan menjadi daerah penyangga. Permukiman pegawai yang diperkirakan 1.5 juta jiwa, akan diarahkan ke Kapubaten Penajam Paser Utara.

2. Penajam di Kabupaten Penajam Paser Utara

3 Kawasan Kandidat Kuat Ibu Kota Negara di Kalimantan TimurIDN Times/Maulana

Salah satu mengapa daerah Penajam menjadi kandidat ibu kota negara, yaitu karena diapit oleh dua kota yaitu Samarinda dan Balikpapan. Alasan lain, daerah ini memiliki jaringan energi dan air bersih.

Aji mengatakan, Penajam Paser Utara akan tetap diuntungkan bila kawasan ini menjadi perumahan pegawai. Dengan adanya percepatan pembangunan infrastruktur dasar, dimulai dari penyelesaian pembangunan Jembatan Pulau Balang yang menghubungkan Balikpapan dan Penajam.

3. Kecamatan Sepaku di Penajam Paser Utara

3 Kawasan Kandidat Kuat Ibu Kota Negara di Kalimantan TimurIDN Times/Sunariyah

Sepaku merupakan kecamatan di Penajam Paser Utara. Daerah ini juga menjadi lokasi kandidat calon ibu kota. Sebagian besar penduduknya merupakan pendatang, sehingga lebih terbuka untuk berinteraksi dan menerima perubahan. Lokasinya strategis karena berdekatan dengan Balikpapan. Kualitas jaringan energi dan ketersediaan air bersih menjadi faktor Sepaku cocok menjadi calon lokasi ibu kota. 

"Atas berbagai keunggulan ini, maka lokasi ibu kota tidak jauh dari tiga kawasan yang saya sebut tadi. Setelah ibu kota benar-benar pindah, maka infrastruktur dasar akan terpenuhi yang pada akhirnya akan menurunkan Incremental Capital Rasio (Icor) alias produksi, konsumsi, dan distribusi barang/jasa mengecil, sehingga mampu meningkatkan investasi," ujar Aji.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya