Comscore Tracker

Impor Cangkul Dikritik Jokowi, Kemendag: Kita Tak Pernah Beri Izin

Cangkul diduga dari Tiongkok

Jakarta, IDN Times - Presiden Jokowi mengkritik masih adanya impor cangkul dari luar negeri oleh kementerian/lembaga. 

Sementara itu pihak Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengaku tidak pernah menerbitkan surat izin mengimpor produk pacul atau cangkul yang sudah jadi.

"Jadi kita tidak pernah memberikan izin impor untuk cangkul jadi. Nah kalau ada impor cangkul jadi itu berarti melanggar ketentuan," kata Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Indrasari Wisnu Wardhana. di kantornya, Jumat (8/11).

Baca Juga: Nama-Nama Enam Tokoh yang Diberi Gelar Pahlawan Nasional oleh Jokowi

1. Ada importir nakal yang melakukan pelanggaran mengimpor cangkul jadi

Impor Cangkul Dikritik Jokowi, Kemendag: Kita Tak Pernah Beri Izin(Ilustrasi cangkul) ANTARA FOTO/Anies Efzudin

Dengan adanya impor cangkul yang masuk ke Indonesia, menurutnya, ada importir nakal yang melakukan pelanggaran dengan mengimpor pacul jadi. Padahal Kemendag tak pernah menerbitkan Surat Perizinan Impor (SPI) cangkul jadi.

"Terkait dengan impor cangkul, sebenarnya kita ada Permendag 30 tahun 2018 tentang impor perkakas tangan. Nah, impor perkakas tangan tidak boleh dilakukan kecuali dalam bentuk setengah jadi. Artinya masih dalam bentuk plat, bahan baku," ujarnya.

2. Kemendag temukan cangkul ilegal yang diduga diimpor dari Tiongkok di dua daerah

Impor Cangkul Dikritik Jokowi, Kemendag: Kita Tak Pernah Beri IzinIDN Times / Auriga Agustina

Bahkan, Kemendag telah mendeteksi impor pacul yang terjadi di dua kota, yaitu Surabaya dan Tangerang. Produk impor tersebut diduga dari Tiongkok. Nantinya, jika terbukti tidak ada izin serta kelengkapan dokumen, importir nakal akan dicabut perizinannya.

"Dan teman-teman dari Direktorat Jenderal PTKN, dua minggu yang lalau sudah turun ke lapangan dan menemukan ada beberapa cangkul yang diimpor secara jadi, dan sudah dilakukan pengaman terhadap barang-barang yang dilakukan di lapangan," ucap Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PTKN) Veri Anggrijono, saat ditemui di tempat yang sama.

3. Jokowi kritik impor cangkul

Impor Cangkul Dikritik Jokowi, Kemendag: Kita Tak Pernah Beri IzinANTARA FOTO/Mohamad Hamzah

Sebelumnya Presiden Joko Widodo mengkritik pengadaan pacul atau cangkul oleh kementerian/lembaga yang didapatkan melalui impor.

"Apakah negara kita yang sebesar ini industrinya untuk pacul atau cangkul harus impor? Tolong didesain, ini baru satu barang. Barang lain masih ribuan," katanya di JCC Senayan, Jakarta, Rabu 6 November 2019.

Baca Juga: Menteri Agus Salahkan Konsumen yang Masih Beli Cangkul Impor

Topic:

  • Bandot Arywono

Just For You