Comscore Tracker

Kronologi Penangkapan YouTuber Ferdian Paleka Dikejar Hingga Palembang

Ferdian akhirnya ditangkap di jalur Tol Merak-Jakarta

Jakarta, IDN Times - Youtuber Ferdian Paleka akhirnya berhasil ditangkap oleh aparat kepolisian pada Jumat (8/5) sekitar pukul 01.00 WIB.

YouTuber yang membuat konten video pranks bantuan sembako yang berisi sampah tersebut ditangkap di jalur Tol Merak-Jakarta. Ferdian Paleka ditangkap setelah sebelumnya sempat lolos dari pengejaran polisi.    

Kapolrestabes Bandung, Kombes (Pol) Ulung Sampurna Jaya mengatakan, Ferdian ditangkap di jalur Tol Merak-Jakarta pada Jumat (8/5) pukul 01.00 WIB hari ini.

"(Ferdian) Ketangkap di jalur Tol Merak-Jakarta daerah Balaraja. Dikejar ke Palembang melarikan diri, nyebrang lagi ke Pelabuhan Bakauheni-Merak," kata Ulung kepada IDN Times hari ini. 

Lalu, berapa lama ancaman hukuman yang akan dihadapi oleh Ferdian?

Baca Juga: Heboh Kasus Ferdian Paleka, 5 Konten Prank Ini Juga Meresahkan!

1. Ferdian Paleka sempat buron akhirnya ditangkap bersama dua orang temannya

Kronologi Penangkapan YouTuber Ferdian Paleka Dikejar Hingga Palembanginstagram.com/felaka_new

Saat ditangkap, Ferdian Paleka yang sempat buron kata Ulung, tidak melawan sama sekali. Selain dia, polisi juga menangkap dua orang lainnya.

"Kami mengamankan tiga orang yaitu Ferdiansyah alias F, Aidil alias A dan Jamaludin Alias J (Pakdenya Si F)," ujar Kasat Reskrim Polrestabes Bandung, AKBP Galih Indragiri.

Ketiganya kini masih diperiksa secara intensif oleh pihak Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jawa Barat.

2. Selain Ferdian Paleka polisi juga tetapkan rekannya sebagai tersangka

Kronologi Penangkapan YouTuber Ferdian Paleka Dikejar Hingga PalembangYoutube/Dio Aditya

Sebelumnya, Tubagus Fahddinar alias TF, rekan dari YouTuber Ferdian Paleka juga sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Polrestabes Bandung, Jawa Barat.

"Untuk TF saat ini iya sudah jadi tersangka (hari ini)," ujar Kasat Reskrim Polrestabes Bandung AKBP Galih Indragiri, saat dihubungi, Selasa (5/5).

Galih mengatakan, polisi telah menahan TF di Polrestabes Bandung.

3. Polrestabes Bandung sempat mendatangi kediaman Ferdian Paleka namun yang bersangkutan tidak ketemu

Kronologi Penangkapan YouTuber Ferdian Paleka Dikejar Hingga PalembangRumah Youtuber Ferdian Paleka digeruduk massa, Minggu (3/4) malam (Instagram/@fakta.indo)

Galih mengungkapkan, Polrestabes Bandung telah menelusuri rumah Ferdian dan seorang temannya di wilayah Kabupaten Bandung. Namun ketika rumahnya didatangi, ia malah tidak ada di rumah.

"Kita ke kediamannya, memang yang bersangkutan tak ada di situ, jadi ya kita tetap berupaya. Kita sarankan kooperatif sama kita menyerahkan diri," ungkapnya

4. Ferdian dan rekan-rekannya terancam kena Pasal UU ITE ancaman penjara empat tahun

Kronologi Penangkapan YouTuber Ferdian Paleka Dikejar Hingga PalembangInstagram/ferdianpalekaaa

Perbuatan Ferdian dan beberapa orang lainnya yang tergabung dalam tim pembuatan video tersebut akan dikejar dan diproses secara hukum oleh kepolisian. Menurut Galih, kasus tersebut masuk dalam pasal 45 ayat 3 UU ITE.

Ancamannya pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan/atau denda paling banyak Rp750.000.000 (tujuh ratus lima puluh juta rupiah).

"Semua yang ada di situ (video) kita cari dan akan diperiksa. Kita lihat nanti, dari substansi pasal-pasal yang ada seperti apa dari masing-masing setiap individu," kata dia.

https://www.youtube.com/embed/NPOeh0yCSQc

Baca Juga: Ikut Prank Bareng Ferdian Paleka, Polisi Tetapkan TF Jadi Tersangka

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya