Comscore Tracker

Prabowo Menteri Kinerja Terbaik, Ungguli  Sri Mulyani, Erick Thohir

Survei Indobarometer kurang puas dengan Wapres

Jakarta, IDN Times - Hasil survei yang dilakukan oleh lembaga Survei Indo Barometer terhadap kinerja pemerintah Jokowi-Ma'ruf Amin menyebutkan publik masih menaruh kepercayaan tinggi terhadap kinerja Presiden Jokowi.

Survei yang dirilis oleh Indo Barometer menyebutkan sebanyak 70,1 persen masyarakat puas dengan kinerja Jokowi. Selain Jokowi hasil survei juga menyebutkan kinerja Menteri Pertahanan Prabowo Subianto juga dianggap paling baik di antara para menteri Kabinet Indonesia Maju.

Sementara itu untuk kinerja Wakil Presiden Ma'ruf Amin, publik menilai masih belum memuaskan, bahkan hasil survei publik membandingkan kinerja Ma'ruf Amin dengan Wapres sebelumnya Muhammad Jusuf Kalla atau JK.   

Lemabaga survei Indo Barometer merilis hasil survei 100 hari pemerintahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo-Ma'ruf Amin. Beberapa hal dibahas dalam survei ini, khususnya tingkat kepuasan terhadap kinerja dua pimpinan negara tersebut.

Di antaranya tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Wakil Presiden Ma'ruf Amin, yang dibandingkan dengan Wapres Jusuf Kalla pada periode pertama pemerintahan Jokowi. Berikut hasil survei selengkapnya.

Baca Juga: Tampil Bermain Electone, Jan Ethes Sempat Nangis, Gak Mau Sama Gibran!

1. Masyarakat lebih puas dengan kinerja Jusuf Kalla ketimbang Ma'ruf Amin

Prabowo Menteri Kinerja Terbaik, Ungguli  Sri Mulyani, Erick ThohirWakil Presiden RI Ma'ruf Amin (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Tingkat kepuasan publik terhadap kerja Wakil Presiden Ma’ruf Amin mencapai 49,6 persen. Sedangkan yang tidak puas, ada 37,5 persen.

"Untuk perbandingan, dalam survei Maret 2015, publik yang puas dengan kerja Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) 53,3 persen. Sementara yang tidak puas 38,8 persen," kata Qodari, Jakarta, Minggu (16/2).

2. Sebanyak 70,1 persen masyarakat puas dengan kinerja Jokowi

Prabowo Menteri Kinerja Terbaik, Ungguli  Sri Mulyani, Erick Thohir(ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Dalam 100 hari pemerintahan Jokowi-Maruf, sebanyak 70,1 persen publik merasa puas dengan kinerja Presiden Jokowi. Sedangkan yang tidak puas, 27,4 persen.

Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari mengatakan, hasil tersebut menunjukkan peningkatan dibandingkan survei Maret 2015.

"Di mana kepuasan publik terhadap kinerja presiden Jokowi sebesar 57,5 persen. Sementara yang tidak puas pada saat itu 37,5 persen," ujar Qodari dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times di Jakarta, Senin (17/2).

3. Prabowo jadi menteri terpopuler dan berkinerja terbaik

Prabowo Menteri Kinerja Terbaik, Ungguli  Sri Mulyani, Erick ThohirKunjungan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ke Turki (Dok. Humas Kemenhan)

Indo Barometer turut merilis hasil survei mengenai kinerja menteri. Berdasarkan hasil survei, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjadi pembantu Jokowi-Amin paling populer di mata masyarakat ketimbang yang lainnya.

Ketua Umum Partai Gerindra ini unggul dari Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menko Polhukam Mahfud MD, dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. Prabowo juga menjadi menteri terpopuler dengan 18,4 persen, disusul Sri Mulyani 10,6 persen, Erick Thohir 8,2 persen, Mahfud MD 7,9 persen, dan Nadiem sebesar 5,3 persen.

Tak hanya itu, Prabowo juga disebut sebagai menteri dengan kinerja terbaik. Bahkan, persentase kinerja Prabowo jauh mengungguli Sri Mulyani dan Erick Thohir. Prabowo mendapat 26, 8 persen, Sri Mulyani 13,9 persen, Erick Thohir 12,6 persen, Mahfud MD 7,3 persen, dan Nadiem 5,2 persen.

"Alasannya kerja bagus, hasil kerjanya sudah terlihat, orangnya tegas, sudah berpengalaman. Kalau di breakdown, hasil kerja kelihatan di dalamnya ke Sri Mulyani, Erick Thohir, Prabowo. Tegas dominan Prabowo, sudah berpengalaman Sri Mulyani, Prabowo, Mahfud MD," kata Qodari.

4. Survei Indo Barometer dilakukan pada Januari 2020

Prabowo Menteri Kinerja Terbaik, Ungguli  Sri Mulyani, Erick ThohirDirektur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari (IDN Times/Gali Persiana)

Survei yang dilakukan pada 9 hingga 15 Januari 2020 ini digelar di 34 provinsi dengan jumlah sampel 1.200 responden, dan margin of error atau tingkat kesalahan sebesar 2.83 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Responden survei adalah warga yang sudah mempunyai hak pilih berdasarkan peraturan yang berlaku, yaitu warga yang minimal berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah pada saat survei dilakukan.

Metode penarikan sampel yang digunakan adalah multistage random sampling, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner.

Baca Juga: Mendadak, Jokowi Resmikan Stadion Manahan Solo Lebih Cepat dari Jadwal

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya