Api Mengamuk di Gunung Petarangan, Sehari Puluhan Ha Lahan Terbakar

Api cepat sekali menyebar

Banjarnegara, IDN Times - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi di Gunung Petarangan, Desa Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Juru Bicara Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan Banyumas Timur Sugito mengatakan kebakaran di Gunung Petarangan terjadi sejak Senin (21/10), kemarin.

Baca Juga: Karhutla di Lereng Gunung Andong, Titik Api di Lereng Terjal

1. Petugas gabungan diterjunkan ke lokasi untuk segera melakukan pemadaman

Api Mengamuk di Gunung Petarangan, Sehari Puluhan Ha Lahan Terbakarbloomberg.com

Menurutnya hingga Selasa pagi petugas gabungan dari berbagai instansi dan organisasi berjibaku berupaya memadamkan kebakaran tersebut.

"Kebakaran tersebut dilaporkan mulai terjadi pada hari Senin (21/10), pukul 07.00 WIB, dan titik api berada di Petak 21 Kawasan Resor Pemangkuan Hutan Batur KPH Banyumas Timur. Sampai pagi ini, api belum bisa dipadamkan," katanya di Purwokerto seperti dilansir dari Antara.

2. Lahan seluas 30 hektar telah terbakar

Api Mengamuk di Gunung Petarangan, Sehari Puluhan Ha Lahan TerbakarANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

Ia mengatakan berdasarkan pemantauan di lokasi kebakaran, titik api yang semula berada di belakang punggung Gunung Petarangan yang berbatasan dengan KPH Pekalongan Timur, saat ini telah merambat masuk ke Petak 21B yang berisi tanaman jenis rimba alam dan Petak 21A berupa tanaman pinus tahun 2007.

Cepatnya api menyebar satu diantaranya karena faktor alam yakni pohon-pohon yang tumbang akibat terpaan angin kencang pada Minggu (20/10). Api menurutnya merambat cepat diantara pohon yang tumbang, hingga Selasa pagi luasan kebakaran mencapai 30 hektare.

3. Menambah personel untuk lakukan pemadaman api

Api Mengamuk di Gunung Petarangan, Sehari Puluhan Ha Lahan TerbakarANTARA FOTO/Bayu Pratama S

"Kemarin sebenarnya sudah dilakukan upaya pemadaman namun belum bisa maksimal karena jangkauannya cukup luas," katanya.

Sugito mengatakan pihaknya bersama sejumlah instansi termasuk Kodim 0704/Banjarnegara dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjarnegara serta sejumlah pemangku kepentingan lainnya pada Senin (21/10) malam telah menggelar rapat untuk penangananan karhutla di Gunung Petarangan.

Menurut dia, rapat tersebut memutuskan untuk menambah kekuatan personel yang dilibatkan dalam penanganan karhutla di Gunung Petarangan.

Baca Juga: Darurat Bencana Angin Kencang, 2.682 Warga Magelang Mengungsi

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya