Balas Dendam Dimulai, Puluhan Roket Iran Bombardir Pangkalan AS

Puluhan roket menyasar fasilitas AS

Iran meluncurkan serangkaian serangan rudal terhadap fasilitas Amerika Serikat di Irak utara, pada Rabu (8/1) dinihari. Serangan tersebut termasuk menyasar pangkalan militer Ain al-Asad di mana pasukan AS ditempatkan.

Serangan Iran ini sebagai respon dari tewasnya Letnan Jenderal Qassem Soleimani, salah satu jenderal top Iran yang dibunuh oleh Amerika Serikat pada serangan udara di Irak pekan lalu.

Baca Juga: Qasem Soleimani Bukan Jenderal Sembarangan, Ini Alasan Dia Ditakuti AS

1. Serangan roket ke pangkalan udara AS di Irak

Balas Dendam Dimulai, Puluhan Roket Iran Bombardir Pangkalan ASpixabay.com/ Military_Material

Laporan dari Al Jazeera menyebutkan setidaknya 13 roket telah ditembakkan di pangkalan udara Ain al-Asad di Irak. Selain itu serangan roket juga menyasar terhadap fasilitas yang berada di dekat bandara Erbil.

Kantor berita Iran, IRNA mengabarkan Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Iran telah meluncurkan puluhan roket untuk menargetkan pangkalan udara AS Ain al-Assad di provinsi Anbar di Irak barat pada hari Rabu. Ini sebagai tanggapan terhadap pembunuhan AS terhadap komandan Pasukan Quds IRGC, Letjen Qassem Soleimani.

2. Iran peringatkan serang negara yang menjadi sekutu Amerika

Balas Dendam Dimulai, Puluhan Roket Iran Bombardir Pangkalan ASPemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamanei dan Presiden Iran Hassan Rouhani berada di barisan depan saat menyalati jenazah Jenderal Qassem Soleimani di Tehran, Iran, pada 6 Januari 2020. Foto diambil dari situs Kantor Kepresidenan Iran

Dalam sebuah pernyataan, Iran juga memperingatkan sekutu-sekutu AS di kawasan itu bahwa mereka juga akan diserang jika mereka mengizinkan negara mereka digunakan untuk menyerang Iran.

Sementara itu parlemen Irak juga telah meminta pmerintah mengusir pasukan Amerika Serikat termasuk pasukan asing yang berada di kawasan Irak.

3. Reaksi pentagon terhadap serangan Iran

Balas Dendam Dimulai, Puluhan Roket Iran Bombardir Pangkalan ASewn.co.za

Pentagon mengkonfirmasi lebih dari selusin roket diluncurkan menyasar ke fasilitas militer Amerika Serikat di Irak

"Kami semua akan mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk melindungi dan mempertahankan personel, mitra, dan sekutu AS di kawasan itu." kata juru bicara Pentagon, Jonathan Hoffman

Sementara ini belum ada laporan korban akibat serangan roket pada Rabu dini hari tersebut.

Baca Juga: Ayatollah Ali Khamenei Menangis di Pemakaman Qassem Soleimani

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya