Kecelakaan di Subang, Bus Maut Tak Terkendali Lalu Terguling

Mabes Polri diturunkan olah TKP

Subang, IDN Times - Kecelakaan di Subang bus pariwisata yang mengakibatkan delapan orang tewas di Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri turut membantu penyelidikan penyebab kecelakaan bus pariwisata yang mengakibatkan delapan orang tewas di Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Sabtu (18/1).

1. Korlantas Mabes Polri dilibatkan dalam olah TKP

Kecelakaan di Subang, Bus Maut Tak Terkendali Lalu TergulingPolisi saat melakukan olah TKP penikaman musisi jalanan (Dok. Subbag Humas Polresta Samarinda)

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jawa Barat, Kombes Pol Eddy Djunaedi mengatakan Korlantas dilibatkan untuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) sejak Minggu pukul 08.00 WIB.

"Polda Jawa Barat akan kerja sama dengan Korlantas dengan menggunakan metode TAA Korlantas, yakni Traffic Accident Analysis," kata Eddy, Minggu.

Traffic Accident Analysis menurutnya, merupakan suatu metode yang sesuai dengan SOP dalam penanganan kecelakaan. Dengan metode tersebut, kata dia, penyebab kecelakaan akan mudah diketahui.

"Itu sudah SOP penanganan laka lantas, metode untuk ungkap kecelakaan," kata dia.

2. Diduga bus tak terkendali di jalan menurun lalu terguling

Kecelakaan di Subang, Bus Maut Tak Terkendali Lalu TergulingSebuah mobil terguling setelah tergelincir karena jalan berlumpur akibat tanah longsor di Dusun Cijoho RT 01 RW 02 Desa Tayem, Kecamatan Karangpucung, Kabupaten Cilacap, Selasa (17/12). Dok BPBD Cilacap

Kecelakaan tersebut diketahui terjadi pada Sabtu, sekira pukul 17.00 WIB. Kecelakaan tunggal tersebut dialami bus pariwisata PO Purnamasari dengan nomor polisi E 7508 W.

Bus tersebut diketahui membawa penumpang sebanyak 58 orang. Bus tersebut akan bertolak ke Depok dari kawasan Tangkuban Parahu.

Sementara ini polisi menduga kecelakaan tersebut diakibatkan oleh tak terkendalinya bus saat di jalan yang menurun. Akibatnya bus terguling ke arah kanan bahu jalan di Desa Palasari, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang.

3. Sebanyak delapan penumpang tewas dan puluhan luka-luka

Kecelakaan di Subang, Bus Maut Tak Terkendali Lalu TergulingIDN Times/Sukma Shakti

Berdasarkan data kepolisian, delapan orang meninggal dunia terdiri atas tujuh warga Kota Depok dan seorang supir bus yang merupakan warga asal Kabupaten Bogor.

Selain itu, 10 orang diketahui mengalami luka berat dan 20 orang mengalami luka ringan. Berdasarkan informasi, para korban sudah dibawa ke wilayah asalnya masing-masing.

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya