Olah TKP Labfor Polda Jateng, Ini Penyebab Kantor Camat Tarub Terbakar

Layanan ke masyarakat tetap berjalan

Laporan Haikal Adithya

Tegal, IDN Times - Kebakaran hebat melanda Kantor Kecamatan Tarub, Kabupaten Tegal, Rabu (13/11) malam. Sederet ruangan beserta isinya ludes tak tersisa dilalap api, termasuk ruang perekaman KTP Elektronik dan dokumen-dokumen penting.

Dari data yang dihimpun menyebutkan, insiden kebakaran pertama kali diketahui petugas jaga malam sekitar pukul 19.30 WIB. Dimana sumber api pertama muncul dari Ruang Paten yang digunakan untuk perekaman E-KTP dan data kependudukan.

Api dengan cepat membesar merambat ke ruangan lain. Sedikitnya lima unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan. Api baru dapat dipadamkan total sekira pukul 22.00 WIB.

Baca Juga: Hutan di Banjarnegara Terbakar, Bupati Tetapkan Tanggap Darurat

1. Dokumen penting ludes terbakar

Olah TKP Labfor Polda Jateng, Ini Penyebab Kantor Camat Tarub TerbakarIDN Times/Haikal Adithya

Salah seorang perangkat kecamatan, Nursaid mengatakan, sebelum terjadi kebakaran, pada Rabu (13/11) pagi baru saja berlangsung serah terima jabatan (sertijab) Camat Tarub, dari Munawar kepada Wuryanto.

Diketahui, usai sertijab, beberapa dokumen penting dipindahkan, guna ditata kembali penyimpanannya. Beberapa berkas penting lainnya, seperti sertifikat tanah dan akta dipindah sementara ke ruang camat dan sekcam.

“Otomatis berkas penting itu ikut terbakar, karena hampir semua berkas tidak ada yang bisa diselamatkan,” beber Nursaid.

2. Tim Labfor Polda Jateng melakukan olah TKP

Olah TKP Labfor Polda Jateng, Ini Penyebab Kantor Camat Tarub TerbakarIDN Times/Haikal Adithya

Sementara itu, Tim Laboratorium Forensik Polda Jateng Cabang Semarang, Kamis (14/11) siang langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Sejumlah barang bukti diambil guna keperluan pemeriksaan dan penyidikan.

Ketua Tim Labfor, Kompol Setiawan menyebutkan, barang bukti yang diambil sampelnya yakni serabut kabel dan serbuk puing-puing. Tak hanya itu, pihaknya juga meminta keterangan sejumlah saksi dan meminta para saksi ahli untuk membuat sketsa ruangan.

3. Murni karena hubungan arus pendek

Olah TKP Labfor Polda Jateng, Ini Penyebab Kantor Camat Tarub TerbakarIDN Times/Haikal Adithya

Dari hasil olah TKP Sementara, Kasat Reskrim Polres Tegal, AKP Gunawan Wibisono mengemukakan, kebakaran terjadi bukan akibat unsur kesengajaan. Melainkan, karena adanya hubungan arus pendek dari sebuah stop kontak atau colokan listrik.

“Bukan sengaja dibakar ya, ini murni hubungan arus pendek. Sebab, ada satu ruangan yang terbakar habis dan kami duga itu penyebabnya. Ada colokan yang dipakai terlalu banyak untuk arus listrik,” tegasnya.

4. Layanan masyarakat tetap berjalan

Olah TKP Labfor Polda Jateng, Ini Penyebab Kantor Camat Tarub TerbakarIDN Times/Haikal Adithya

Terpantau hingga Kamis (14/11) siang, aktivitas Kantor Kecamatan Tarub masih lumpuh pasca kebakaran pada Rabu malam. Untuk sementara, pelayanan masyarakat di pindah ke Pendapa Kecamatan dan Rumah Dinas Camat.

Hal tersebut dibenarkan Camat Tarub, Wuryanto saat ditemui sejumlah media. Dirinya menyebut, hampir 85 persen bangunan, arsip dan mebeler rusak berat. Sebab, insiden tersebut diketahui setelah api sudah membesar.

Adapun beberapa ruang yang mengalami kerusakan diantaranya, Ruan Paten atau layanan E-KTP, Ruang Sekretariat, Ruang Kasi, Ruang Camat dan Sekcam, Ruang PPAT, Ruang Program Keluarga Harapan (PKH), Ruang Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Ruang PKK serta Ruang Gamelan.

“Untuk pelayanan masyarakat kita gerak cepat. Alhamdulillah untuk perekaman KTP bisa dialihkan ke Kantor Kecamatan Pangkah yang jaraknya dekat dari sini, untuk layanan administrasi dilakukan di Pendapa dan rumah dinas saya,” pungkasnya.

Baca Juga: Trase KA Cepat Tegalluar-Stasiun Bandung Urai Kemacetan Kota Kembang

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya