Siapa Calon Pasangan Gibran di Pilkada Solo? Nama-nama Ini Dikaitkan

Dari politisi hingga pengusaha katering

Solo, IDN Times - Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bakal maju pada pemilihan Wali Kota Solo tahun 2020 mendatang. Gibran menyatakan diri ingin maju di Pilkada Solo dengan diusung PDI Perjuangan meski DPC PDIP Solo telah mengusung pasangan Achmad Poernomo-Teguh Prakoso (PUGUH)

Keseriusan Gibran maju di Pemilihan Wali Kota Solo juga ditunjukkan dengan mendatangi Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Jika memang Gibran Rakabuming Raka maju menjadi Pemilihan Wali Kota Solo siapa yang bakal mendampinginya? Beberapa nama telah dikait-kaitkan untuk mendampingi Gibran Rakabuming Raka, IDN Times mencatat ada sejumlah nama yang pernah diberitakan dikaitkan dengan pencalonan Jokowi, berikut nama-nama yang dikaitkan dengan Gibran di Pilkada Solo menurut.

Baca Juga: Kronologi Gibran Nyalon Tak Diusung PDIP Solo, Nekat Temui Megawati

1. Kabar berpasangan dengan anak FX Hadi Rudyatmo mengulang kesuksesan Jokowi-Rudi di Pilkada Solo

Siapa Calon Pasangan Gibran di Pilkada Solo? Nama-nama Ini DikaitkanIDN Times/Larasati Rey

Wacana memunculkan anak-anak mantan Wali Kota Solo untuk maju dalam Pemilihan Walikota (Pilwalkot) 2020 mencuat.

Putra sulung mantan Wali Kota dua periode Joko Widodo, Gibran Rakabuming, dan juga putra kedua Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, Andareas Rheo Yuliana Fernandez dipasangkan untuk menjadi calon Wali Kota dan calon Wakil Wali Kota 2020 mendatang.

Munculnya kedua nama Gibran-Rheo tersebut mengingatkan kembali memori masyarakat kota Solo pada Pilkada 2005 silam. Saat itu Joko Widodo dipasangkan dengan FX Hadi Rudyatmo sebagai calon wali kota dan calon wakil wali kota dari PDIP.

Keduanya sukses memenangkan Pilkada 2005 dan bahkan pada 2010 pasangan petahana ini berhasil mempertahankan kekuasaan di kota Solo. 

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengaku anaknya tidak begitu antusias menjadi orang nomor satu seperti ayahnya. Anaknya bahkan mengatakan tidak akan mengikuti jejaknya selagi dirinya masih menjabat.

“Dia bilangnya kalau bapak selesai, saya baru berpikir. Baru berpikir lho ya, belum tentu bersedia,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPC PDIP tersebut.

2. Mantan caleg Perindo ajak Gibran berpasangan calonkan diri dari jalur independen

Siapa Calon Pasangan Gibran di Pilkada Solo? Nama-nama Ini DikaitkanIDN Times / Larasati Rey

Salah satu kandidat calon Wakil Wali Kota yang saat ini siap mendampingi Gibran jika nantinya akan maju melalui jalur independen adalah mantan caleg Perindo, Henry Indraguna. Hendry bahkan sudah mengambil formulir persyaratan di KPU Kota Surakarta, Jumat 11 Oktober 2019 lalu.

“Saya tidak masalah jadi calon wali kota atau wakil wali kota. Tapi saya ingin menggandeng Mas Gibran bersama-sama membangun Solo,” ujarnya.

Henry mengajak pemilik usaha katering Chillipari tersebut mau berjuang dengannya melalui jalur independen karena Gibran dinilai pemuda yang kreatif dan pintar. Menurutnya Kota solo membutuhkan regenerasi anak muda,”

Namun tampaknya keinginan Henry ini bakal bertepuk sebelah tangan, pasalnya Gibran telah menyatakan diri untuk maju lewat PDIP dan menolak jika harus maju di Pemilihan Wali Kota Solo melalui jalur independen.

3.Pengusaha catering ini terang-terangan siap dampingi Gibran

Siapa Calon Pasangan Gibran di Pilkada Solo? Nama-nama Ini DikaitkanIDN Times / Larasati Rey

Catur Dewi Puspito Retno (50) seorang pengusaha asal Solo juga terang-terangan mengaku siap mendampingi Gibran di pemilihan Wali Kota Solo.

Meski namanya masih terdengar asing di masyarakat, perempuan yang akrab disapa Retno itu tak merasa berkecil hati. Perempuan kelahiran Surakarta, 15 Mei 1969 tersebut telah menggeluti usaha kuliner sejak 7 tahun silam.

Sama-sama memiliki usaha di bidang katering, Catur Dewi Puspito Retno (50) menyatakan diri siap mendampingi putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka jika nantinya bertekad mencalonkan diri menjadi Wali Kota Solo pada Pilkada 2020 mendatang.

"Saya dan mas Gibran itu kan sama, sama-sama usaha katering. Bedanya mas Gibran itu hanya sebatas manajemennya, tetapi saya itu terjun langsung mulai dari memasak hingga menghidangkan," ujarnya saat ditemui IDN Times di kediamannya, Sabtu (31/8).

Itu tadi nama-nama yang sudah siap mendampingi Gibran untuk maju di Pemilihan Wali Kota Solo periode 2020-2025, siapa yang akan mendampingi Gibran? Sepertinya perjalanan ke sana masih panjang dan terjal, pasalnya hingga saat ini Gibran masih berjuang untuk mendapatkan partai pengusung yakni PDIP di Pilkada Solo 2020.

Baca Juga: Gibran Temui Megawati, Ketua PDIP Solo: Saya Punya Keputusan Sendiri

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya