Comscore Tracker

Jalan-jalan di Semarang, Relawan Vaksin Sinovac Positif Kena COVID-19

Sebagai relawan vaksin sebaiknya bisa menjaga kesehatan dulu

Bandung, IDN Times - Seorang relawan vaksin Sinovac yang masuk dalam uji klinis tahap ketiga diketahui terkena virus corona (COVID-19). Dia terpapar setelah sempat pergi ke luar kota, yakni Semarang, Jawa Tengah.

Ketua Tim Riset Uji Klinis Vaksin COVID-19 Unpad, Prof Kusnandi Rusmil menyebut sejauh ini sudah terdapat 450 relawan yang menerima suntikan vaksin. Namun hanya satu orang yang setelah penyuntikan, kemudian dilakukan tes kesehatan diketahui terjangkit virus corona.

"Ini positifnya sudah pasti bukan dari vaksin karena kita pakai virus yang dimatikan. Mungkin ada kontak ketika sedang ke Semarang, jalan-jalan," ujar Kusnandi ketika dihubungi IDN Times, Rabu (9/9/2020).

1. Relawan yang terpapar virus corona sehat tidak akan diisolasi

Jalan-jalan di Semarang, Relawan Vaksin Sinovac Positif Kena COVID-19Wali Kota Bogor, Bima Arya saat mengecek ruang isolasi di sejumlah rumah sakit di kota Bogor. Instagram.com/Bimaaryasugiarto

Kusnandi menuturkan, ketika ada relawan yang kemudian terpapar COVID-19 itu bukan jadi persoalan. Menurutnya hal itu wajar karena relawan sudah pasti melakukan berbagai aktivitas.

Yang tidak diperbolehkan adalah ketika relawan ini akan mengikuti tes pertama dan kemudian dinyatakan positif COVID-19. Itu baru tidak boleh.

"Dia tidak akan dirawat, dan tidak juga masuk ruang isolasi (khusus). Karena yang tidak boleh adalah ketika mau disuntik ternyata dia positif. Sekarang hanya kita pantau saja," paparnya.

2. Wajar dalam penelitian vaksin ada relawan yang positif terpapar COVID-19

Jalan-jalan di Semarang, Relawan Vaksin Sinovac Positif Kena COVID-19Ilustrasi corona. IDN Times/Mardya Shakti

Kusnandi menyebut, dalam sebuah penelitian vaksin seperti saat ini menjadi hal lumrah ketika ada relawan yang terpapar usai mendapat suntikan vaksin. Sebab, tim penguji pun tak melarang yang bersangkutan melakukan aktivitas.

Yang jadi persoalan adalah ketika dia merasa sakit dan sulit dihubungi apalagi dipanggil untuk tes kesehatan. Maka, dalam pencarian relawan, dikhususkan untuk mereka warga Kota Bandung sehingga ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan maka bisa cepat diperiksa.

3. Relawan diharapkan bisa menerapkan protokol kesehatan COVID-19

Jalan-jalan di Semarang, Relawan Vaksin Sinovac Positif Kena COVID-19Ilustrasi Masker. ANTARA FOTO/REUTERS/Caitlin Ochs

Dia pun meminta kepada setiap relawan agar bisa menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, rajin mencuci tangan, dan menggunakan masker ketika berada di tempat umum. Dengan demikian, diharap relawan yang mengikuti uji klinis ini tetap sehat selama proses pengujian dilakukan sampai akhir tahun.

"Kita masih harus melakukan beberapa pengujian seperti tes darah yang mencapai empat kali. Jadi sampai akhir tahun ini akan terus kita pantau," pungkasnya.

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya