Diapresiasi Hotman Paris, Begini Cara Pemkot Semarang Atasi Banjir

Pilih cara Semarang atau DKI?

Semarang, IDN Times - Pemerintah Kota Semarang telah melakukan beberapa langkah guna mengantisipasi terjadinya bencana banjir saat musim penghujan kali ini. Cara tersebut diunggah oleh Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi.

Baca Juga: Semarang Bakal Diguyur Hujan Ringan Saat Malam Pergantian Tahun 2020

1. Menyedot air di saluran jika melebihi ambang batas

Diapresiasi Hotman Paris, Begini Cara Pemkot Semarang Atasi BanjirUji coba rumah pompa pengendali banjir di Muara Sungai Sekip Bendung 13 Ilir Palembang. IDN Times/Feny Maulia Agustin

Pada akun media sosial resmi Twitter Hendrar Prihadi, cara Pemkot Semarang untuk meminimalisir banjir adalah dengan membangun sistem pengendali banjir seperti yang dilakukan banyak negara di luar negeri. Sistem tersebut akan menyedot air di beberapa saluran jika air dalam saluran melebihi ambang batas wajar.

"Pemkot (Semarang) membangun sistem pengendali banjir seperti di luar negeri. Sedot air di saluran kalau lebih dari wajar. Bisa sedot puluhan ribu liter hanya dalam satu detik," tulis dalam unggahan itu dalam bentuk video.

2. Dibangun karena Kota Semarang masih dalam wilayah rawan banjir

Diapresiasi Hotman Paris, Begini Cara Pemkot Semarang Atasi BanjirIlustrasi bencana banjir. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Sistem pengendali banjir itu dibangun lantaran wilayah di Semarang masuk dalam kategori rawan akan bencana banjir. Melihat dari pengalaman bencana sebelumnya, Semarang kerap dilanda banjir saat musim hujan sekarang ini.

"Dulu setiap hujan di kota Semarang. Jalanan langsung jadi kolam renang dadakan. Ternyata 41,02 persen di wilayah Kota Semarang masih dalam kategori rawan banjir," jelasnya pada deskripsi video itu.

3. Sistem pengendali tersambung online

Diapresiasi Hotman Paris, Begini Cara Pemkot Semarang Atasi BanjirIDN Times/Rudy Bastam

Mesin sistem tersebut akan dipantau selama 24 jam agar tidak kecolongan saat hujan turun. Tak hanya itu, sistem juga tersambung secara daring atau online.

"Sekarang 82,6 persen wilayah di Semarang telah terbebas dari banjir. PR (red: Pekerjaan Rumah) nya tinggal 17,4 persen (yang belum teratasi)," terang pada video yang sama.

Saat perayaan tahun baru 2020, sistem tersebut telah diterapkan dan berhasil mengurangi banjir di Semarang.

4. Diunggah ulang oleh Hotman Paris

Diapresiasi Hotman Paris, Begini Cara Pemkot Semarang Atasi BanjirInstagram.com/hotmanparisofficial

Unggahan video itu pun mendapatkan respon dari pengacara kondang, Hotman Paris Hutapea. Hotman pun mengunggah ulang video tersebut dari Hendar Prihadi pada akun Instagram miliknya.

Melalui unggahan itu, Hotman bertanya kepada warganet terkait solusi penanganan banjir.

"Oh andaikan....? Pilih cara Semarang atau DKI (Jakarta)??" tulis Hotman Paris pada unggahan itu.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Waspada Bencana yang Sewaktu-waktu Terjadi di Jateng

Topik:

  • Dhana Kencana
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya