Kekeringan, Warga Banjarnegara Terima 260 Ribu Liter Air Bersih

Se-Jawa Tengah sudah 9 juta liter air dibagikan

Banjarnegara, IDN Times - Palang Merah Indonesia (PMI) Banjarnegara mendistribusikan sebanyak 260 liter air bersih kepada warga yang terdampak kekeringan dan krisis air.

Bantuan tersebut diberikan kepada mereka yang tersebar di 10 kecamatan di Kabupaten Banjarnegara.

1. Ada tiga desa terbanyak distribusi air

Kekeringan, Warga Banjarnegara Terima 260 Ribu Liter Air BersihDok. PMI Jawa Tengah

Angka tersebut didapatkan IDN Times dari data resmi PMI Jawa Tengah. Hingga (1/9), sebanyak 13.211 jiwa warga terdampak kekeringan dan krisis air bersih telah menerima bantuan 260 ribu liter air tersebut. Mereka tersebar di 17 desa yang ada di Kabupaten Banjarnegara.

Paling banyak, distribusi air diberikan kepada warga di tiga desa di 9 kecamatan. Dari data PMI Banjarnegara yang diterima IDN Times, tercatat di Desa Duren Kecamatan Pagedongan sebanyak 45 ribu liter air dan di Desa Kecepit sebanyak 30 ribu liter air. Disusul Desa Lebakwangi Kecamatan Pagedongan dengan 25 ribu liter air.

PMI Banjarnegara sendiri telah mengerahkan sebanyak 47 tangki air bersih.

Baca Juga: Kekeringan Melanda, 8 Juta Liter Air Bersih Disalurkan ke Warga

2. Dropping akan dilakukan hingga akhir September 2019

Kekeringan, Warga Banjarnegara Terima 260 Ribu Liter Air BersihDok. PMI Jawa Tengah

Distribusi air bersih oleh PMI Banjarnegara akan terus dilakukan hingga akhir September 2019. Hal itu sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Banjarnegara tentang Tanggap Darurat Kekeringan di Banjarnegara.

"Proses distribusi air bersih ini sesuai dengan jadwal serta permintaan dari desa yang terdampak kekeringan," kata Ketua PMI Banjarnegara, Setiawan seperti dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times.

Setiawan menambahkan, tingginya jumlah permintaan tak jarang membuat para relawan terpaksa harus bertugas hingga malam hari.

3. Se-Jawa Tengah sudah 9 juta liter air

Kekeringan, Warga Banjarnegara Terima 260 Ribu Liter Air BersihDok. PMI Jawa Tengah

Sementara itu, berdasarkan data PMI Jawa Tengah mencatat secara keseluruhan, sudah terdapat 9,7 juta liter air bersih yang dibagikan kepada warga terdampak kekeringan dan krisis air bersih. Angka tersebut merata di 22 kabupaten/kota se-Jawa Tengah.

Dari jumlah tersebut, sudah terdapat 388.925 jiwa warga yang menikmati pemberian air bersih

Daerah paling banyak menerima bantuan air adalah Kabupaten Wonogiri (1,425 juta liter), Kabupaten Purbalingga (1,395 juta liter), Kabupaten Sragen (1,152 juta liter), dan Kota Surakarta (1,038 juta liter).

Baca Juga: 9 Ribu Warga Banyumas Alami Krisis Air Bersih

Topik:

  • Dhana Kencana
  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya