Resmi Dilantik, 120 Anggota DPRD Jateng Diminta Melek Media Sosial

Sebagai bentuk pelayanan keterbukaan informasi kepada rakyat

Semarang, IDN Times - Sebanyak 120 anggota legislatif terpilih dalam Pemilu 2019, resmi dilantik menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah. Pelantikan dilakukan melalui Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah masa jabatan 2019-2014.

Dalam sambutannya, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, agar para anggota dewan bisa mengoptimalkan penggunaan media sosial, sebagai bentuk pelayanan kepada rakyat.

"Sudah tidak zamannya lagi pengaduan atau usulan masyarakat disampaikan dengan cara konvensional. Pemanfaatan teknologi diperlukan agar masyarakat lebih mudah untuk ikut mengawasi dan memberikan masukan," tuturnya.

1. Pimpinan DPRD Jateng sementara dari PDIP dan PKB

Resmi Dilantik, 120 Anggota DPRD Jateng Diminta Melek Media SosialIDN Times/Dhana Kencana

Pelantikan digelar pada Selasa (3/9) di Gedung Berlian, Jalan Pahlawan Semarang. Pengucapan sumpah/janji dipimpin oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Tengah, Sri Sutatiek.

Usai pelantikan dilakukan penunjukan Pimpinan DPRD Jateng sementara. Penunjukan didasari atas calon anggota yang telah ditunjuk oleh partai politik peraih kursi terbanyak di Jawa Tengah. Yaitu Bambang Kusriyanto dari PDIP dan Sukirman dari PKB.

Baca Juga: Kisah Suami-Istri yang Lolos Pileg 2019 di DPRD Jateng dan Sragen

2. Didominasi wajah baru

Resmi Dilantik, 120 Anggota DPRD Jateng Diminta Melek Media SosialIDN Times/Dhana Kencana

Dari hasil Pemilu 2019, jumlah kursi di DPRD Jateng mengalami peningkatan dibandingkan periode sebelumnya. Kali ini berjumlah 120 kursi. Pada periode sebelumnya hanya 100 kursi.

PDIP mendominasi perolehan kursi, dengan menempatkan sebanyak 42 orang anggota dewan. Disusul PKB 20 kursi, Gerindra 13 kursi, Golkar 12 kursi, PKS 10 kursi, PPP 9 kursi, PAN 6 kursi, Demokrat 5 kursi, dan Nasdem 3 kursi.

Meski demikian, sebagian besar anggota DPRD yang dilantik merupakan wajah baru. Dari 120 anggota, 54 orang wajah lama dan 66 orang wajah baru.

Namun dari mereka juga ada yang sudah memiliki pengalaman menjabat di DPRD kabupaten/kota di periode sebelumnya.

3. Akan ada perombakan ruangan

Resmi Dilantik, 120 Anggota DPRD Jateng Diminta Melek Media SosialIDN Times/Dhana Kencana

Penambahan sebanyak 20 anggota di parlemen DPRD Jateng, memaksa pihak Sekretariat Dewan (Setwan) melakukan perombakan. Di antaranya dengan penambahan 10 meja di ruang yang kerap digunakan untuk Sidang Paripurna.

Selain itu perombakan juga dilakukan di ruang Fraksi PDIP dan Fraksi PKB. Sebab jumlah anggota dewan di kedua fraksi tersebut terbanyak dibandingkan dengan fraksi lain.

"Di ruang sidang masih memungkinkan untuk penambahan 10 meja. Kalau ruang komisi sudah tidak memungkinkan. Mungkin meja yang akan kita tata. Ruangan fraksi untuk PPP apakah akan gabung dengan Nasdem juga kami sudah siapkan altenatifnya," kata Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Jateng, Urip Sihabudin usai acara pelantikan.

4. Minta agar anggota dewan melek teknologi

Resmi Dilantik, 120 Anggota DPRD Jateng Diminta Melek Media SosialIDN Times/Dhana Kencana

Sementara itu, Ganjar Pranowo dalam sambutannya dalam acara pelantikan tersebut meminta untuk terus dikawal dalam pencapaian 10 program unggulan-nya bersama Wakil Gubernur, Taj Yasin.

Salah satunya adalah pengajuan anggaran Rp1,6 triliun pada ABPD 2020 yang diperuntukkan untuk dunia pendidikan.

"Rp1,6 triliun itu diperuntukkan agar anak-anak bisa bersekolah gratis. Dengan demikian bisa mengubah nasib mereka, nasib keluarga, dan agregatnya mengubah nasib bangsa," ucap Ganjar.

Baca Juga: Gas Buang Bus BRT Trans Semarang Dikeluhkan. Ganjar: Itu Bus Apa?

Topik:

  • Dhana Kencana
  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya