Comscore Tracker

Tanah Kuburan ZA Penyerang Mabes Polri Merah, Gak Ada Yang Ziarah

Di makam juga tidak ada nisan dan taburan bunga

Semarang, IDN Times - Kusnadi tetiba terbangun begitu mendengar suara sirine ambulans yang memecah kesunyian di TPU Pondok Ranggon, Kamis (1/4/2021) dini hari. Ia yang saat itu tertidur di bawah pohon tidak jauh dari warung kopi yang ada di area pemakaman tersebut, langsung bergegas berdiri.

Tampak dari kejauhan, Kusnadi melihat sejumlah aparat mengawal ambulans tersebut. Sesampainya di area pemakaman muslim, sebuah peti mati diturunkan dari mobil ambulans.

"Saya dengar berita ada serangan teroris tapi gak tahu kalau saat itu (pelaku) dimakamkam di sini, cuma perasaan aja soalnya banyak aparat," katanya pada IDN Times.

1. Proses pemakaman berlangsung cepat

Tanah Kuburan ZA Penyerang Mabes Polri Merah, Gak Ada Yang ZiarahTPU Pondok Ranggon. IDN Times/Dini Suciatiningrum

Kusnadi mencoba mengingat kejadian pemakaman jenazah terduga teroris ZA. Menurutnya saat itu ada tiga anggota keluarga yang turut mengantarkan.

"Proses pemakaman juga cepat sih," imbuhnya.

Dari tempat warung kopi, Kusnadi menunjukkan sebuah gundukan tanah merah. Ia menyebut, usai pemakaman sampai Kamis siang, belum ada satu orang pun yang datang berziarah.

"Saya dari pagi di sini belum lihat ada yang datang usai dimakamkan," katanya

Baca Juga: Sebelum Serangan ke Mabes Polri, Inilah 7 Aksi Teror di Kantor Polisi

2. Tak ada penolakan dari warga

Tanah Kuburan ZA Penyerang Mabes Polri Merah, Gak Ada Yang ZiarahTPU Pondok Ranggon. IDN Times/Dini Suciatiningrum

Kusnadi mengatakan, di TPU Pondok Ranggon memang terdapat sejumlah makam teroris. Namun, kata dia, selama ini tidak ada penolakan dari warga sebab TPU ini milik pemerintah.

"Beda, kalau dimakamkan di pemakaman perkampungan mungkin ada yang menolak," ujarnya.

Kusnadi mengungkapkan usai proses pemakaman tersebut selesai, dia takut tidur di luar dan memilih masuk warung kopi.

"Takutlah makanya saya masuk, biasanya tiduran di sini, tapi jadi gak bisa tidur," imbuhnya sambul menunjuk bangku papan.

3. Tak ada nisan dan taburan bunga di atas makam

Tanah Kuburan ZA Penyerang Mabes Polri Merah, Gak Ada Yang ZiarahMakam terduga pelaku teroris ZA di TPU Pondok Ranggon. IDN Times/Dini Suciatiningrum

Pantauan IDN Times gundukan tanah merah nampak mencolok di antara makam lain di Blad 13 A 1 Unit Islam. Di atas tanah merah yang masih basah tersebut, tidak ada taburan bunga juga nisan.

Petugas Administrasi TPU Pondok Ranggon Jayadi membenarkan makam tersebut merupakan makam terduga teroris ZA yang menyerang Mabes Polri, Rabu (31/3/2021) kemarin.

"Iya benar itu makamnya dimakamkan malam sekitar jam 02.00," ujarnya pada IDN Times di Kantor TPU Pondok Ranggon, Kamis (1/4/2021).

4. Tak ada petak khusus untuk pemakaman teroris

Tanah Kuburan ZA Penyerang Mabes Polri Merah, Gak Ada Yang ZiarahTPU Pondok Ranggon/ IDN Times Dini suciatiningrum

Dia mengatakan, tidak ada petak khusus untuk pemakaman teroris di TPU Pondok Ranggon. Jayadi mengatakan makam teroris sama dengan dengan makam lain. Meski demikian, Jayadi tidak tahu pasti berapa jumlah makam teroris yang dimakamkan di TPU Pondok Ranggon.

"Mungkin kurang sepuluh, kalau makam teroris tidak ada petak khusus karena lahannya juga terbatas," imbuhnya.

https://www.youtube.com/embed/YBcNXLjx4Aw

Baca Juga: Bangga sama ZA, Ibu Penyerang Mabes Polri Titip Daging dan Kentang

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya