60 Napi di Jateng Terima Remisi Waisak, Seorang Langsung Bebas

Lapas Permisan berikan remisi Waisak paling banyak

Pekalongan, IDN Times - Seorang narapidana yang mendekam di Rutan Pekalongan langsung menghirup udara bebas setelah mendapatkan remisi khusus menyambut perayaan Trisuci Waisak 2565. Informasi yang diperoleh IDN Times, narapidana tersebut selama ini divonis untuk kasus pencurian. 

1. Satu napi Rutan Pekalongan bebas saat perayaan Trisuci Waisak 2565

60 Napi di Jateng Terima Remisi Waisak, Seorang Langsung BebasNarapidana kasus terorisme saat hendak dipindahkan ke lapas Kediri, IDN Times/ istimewa

Hasmi Safei, Kasubag Humas PPTHI, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Tengah mengaku dalam pemberian remisi Waisak tahun 2021, hanya ada satu narapidana yang langsung bisa bebas dari penjara.

"Dari jumlah 60 narapidana yang mendapatkan remisi khusus Hari Raya Waisak tahun 2021, ada satu orang yang langsung bebas. Dia asalnya dari Rutan Pekalongan," ujar Hasmi ketika dikonfirmasi IDN Times, Rabu (26/5/2021).

Baca Juga: Candi Arjuna Dieng Jadi Lokasi Pengamatan Gerhana Bulan Total, Cek Waktunya

2. Kemenkumham Jateng berikan remisi Waisak buat 60 napi mulai 15--60 bulan

60 Napi di Jateng Terima Remisi Waisak, Seorang Langsung BebasANTARA FOTO/Andreas Fitri Armoko

Ia melanjutkan remisi khusus Waisak tersebut diberikan kepada lima narapidana selama 15 hari. Sedangkan 27 narapidana dapat remisi sebulan. Lalu, 14 narapidana dapat remisi satu bulan 15 hari dan 14 narapidana beragama Buddha mendapat remisi dua bulan. 

"Besaran remisinya sama dengan hari raya lainnya. Yaitu sekitar 15 hari sampai dua bulan. Rinciannya ada 59 narapidana dapat remisi khusus I dan satu narapidana dapat remisi khusus II dengan potongan pidana 1 bulan 15 hari," paparnya.

3. Dua lapas di Nusakambangan beri remisi puluhan napi

60 Napi di Jateng Terima Remisi Waisak, Seorang Langsung BebasANTARA FOTO/Idhad Zakaria

Hasmi menambahkan, dari jumlah keseluruhan 46 lapas dan rutan yang tersebar di Jawa Tengah, saat ini pemberian remisi Waisak terbanyak adalah ada di Lapas Permisan di Pulau Nusakambangan, Cilacap. 

Tercatat ada 19 narapidana Lapas Permisan yang menerima remisi Waisak. Sementara Lapas Purwokerto memberikan remisi Waisak bagi 13 narapidana dan Lapas Kembangkuning Nusakambangan memberikan remisi Waisak bagi 10 narapidana. 

"Kita berharap dengan adanya perayaan Trisuci Waisak juga bisa sebagai perayaan ulang tahun Buddha. Bagi sebagian umatnya, Waisak jadi pertanda diberikannya pencerahan dari sang Buddha," terangnya. 

Baca Juga: Umat Buddha Semarang Rayakan Waisak saat Gerhana Bulan Total

https://www.youtube.com/embed/ozVBJIKdbZg

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya