Kota Semarang dan Kabupaten Wonogiri Jadi Kuncian PDIP di Pilkada 2020

Targetnya bisa memenangi 14 daerah di Jawa Tengah

Semarang, IDN Times - Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Jawa Tengah menargetkan kemenangan total di 14 kabupaten/kota dalam kontestasi Pilkada 2020. Pilkada sendiri bakal digelar serentak pada 23 September 2020 mendatang.

Baca Juga: Tunggu Pengumuman Rekomendasi PDIP, Gibran Tegaskan Tak Mau Jadi Wakil

1. PDIP Jateng targetkan menang total di 14 daerah

Kota Semarang dan Kabupaten Wonogiri Jadi Kuncian PDIP di Pilkada 2020Dok. DPD PDIP Jateng

Sekretaris DPD PDIP Jateng, Bambang Kusriyanto menyatakan kemenangan di 14 daerah tersebut menjadi harga mati guna mencapai target kemenangan 60 persen saat pelaksanaan Pilkada serentak 2020.

"Paling gak kita harus menang di 14 daerah. Itu angka yang realistis untuk mengejar target kemenangan sebesar 60 persen," kata Bambang Krebo sapaan akrabnya, usai mengikuti Musrembangprov di Hotel Patrajasa Semarang, Selasa (11/2).

2. Hendi diyakini menang dalam Pilwakot Semarang

Kota Semarang dan Kabupaten Wonogiri Jadi Kuncian PDIP di Pilkada 2020IDN Times/Fariz Fardianto

Ia mengatakan saat ini PDIP menggantungkan harapan kemenangan pada kekuatan para calon incumbent yang kembali maju. Salah satunya optimistis dapat menang total di Kota Semarang, karena banyak partai yang turut mengusung Hendrar Prihadi sebagai calon wali kota.

"Kita targetkan incumbent menang aja. Kita belum ada bocorannya. Tapi kita belum bisa ngasih bocoran strateginya kayak apa. Cuma buat Semarang kelihatannya sudah clear, partai-partai mendukungnya ke incumbent," tuturnya.

3. Joko Sutopo calon terkuat PDIP di Wonogiri

Kota Semarang dan Kabupaten Wonogiri Jadi Kuncian PDIP di Pilkada 2020Bupati Wonogiri saat mendaftar di PDIP Jateng. IDN Times/Fariz Fardianto

Tak cuma itu, Bambang juga memasang target tinggi buat Wonogiri. Sebab sejauh ini Joko Sutopo masih menjadi calon terkuat yang diusung PDIP.

"Sementara Wonogiri calonnya Joko Sutopo. Pokoknya minimal unggul 60 persen," jelasnya.

Sedangkan untuk Solo, ia tak mau berkomentar banyak. Hanya dirinya menyatakan bahwa semua mekanisme dan tahapan pemilihan calon yang bakal diusung, sudah diserahkan kepada DPP PDIP.

4. PDIP siap melawan kotak kosong

Kota Semarang dan Kabupaten Wonogiri Jadi Kuncian PDIP di Pilkada 2020Ilustrasi pemungutan suara. IDN Times/Haikal Adithya

Dengan menilik dinamika politik yang berkembang saat ini, pihaknya menyatakan berani melawan kotak kosong.

"Hadapi kotak kosong gak apa-apa. Kita siap semuanya. Lawan kotak kosong malah gak begitu berat," pungkasnya. 

Baca Juga: Achmad Purnomo Legawa Jika PDIP Pilih Gibran Jadi Cawalkot Solo

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya