Kriteria Ketum yang Akan Dipilih Kader Golkar Jateng, Siapa Dia? 

Tapi arahan dukungan masih dirahasiakan

Semarang, IDN Times - Menjelang pelaksanaan Munas di Jakarta, sejumlah kader Partai Golkar di Jawa Tengah bakal diarahkan untuk memberikan dukungannya bagi calon ketum yang memiliki kemampuan menganalisa peta politik, memahami kondisi perekonomian hingga situasi sosial di seluruh lapisan masyarakat.

 

1. Sosok ketum yang layak dipilih setidaknya pernah jadi pengurus partai dan ormas

Kriteria Ketum yang Akan Dipilih Kader Golkar Jateng, Siapa Dia? Deklarasi dukungan calon ketum Golkar Bambang Soesatyo (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Ketua Pelaksana Harian DPD Golkar Jateng, Iqbal Wibisono, mengatakan sosok ketum yang layak dipilih nanti minimal harus sudah menjadi pengurus di organisasi sayap maupun internal Partai Golkar.

Selain itu, menurutnya figur ketum juga harus punya pengabdian yang cukup, punya kecerdasan intelektual serta kehormatan intelektual sehingga nantinya diharapkan mampu membawa mesin partai kearah yang lebih baik. 

"Dan dia juga harus punya kemampuan dan pengelihatan wawasan politik yang mumpuni. Kemudian, di sektor ekonomi, dia harus paham betul situasi dan kondisinya. Lalu, sosok Ketum pun wajib mengetahui ilmu pertahanan nasional dan seluk beluk kondisi sosial masyarakat," ungkapnya ketika dikontak IDN Times, Jumat (29/11).

Baca Juga: Dedi Mulyadi: Munas Tandingan Kubu Bamsoet Berpotensi Pecah Golkar

2. Ketum yang dipilih harus berani membuat gebrakan

Kriteria Ketum yang Akan Dipilih Kader Golkar Jateng, Siapa Dia? IDN Times/Fariz Fardianto

Lebih lanjut, ia menantang kepada siapapun yang terpilih jadi Ketum Golkar untuk lima tahun ke depan, semestinya berani melakukan gebrakan dalam membentuk integritas bangsa. 

"Yang paling krusial, saya kira dia harus melakukan peningkatan sumber daya manusia," terangnya.

Baca Juga: Mendekati Munas Golkar, Gesekan Kubu Airlangga dan Bamsoet Memanas  

3. Kader Golkar ingin ketum terpilih berani melakukan kaderisasi

Kriteria Ketum yang Akan Dipilih Kader Golkar Jateng, Siapa Dia? Rapimnas Golkar (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Ia mewanti-wanti kepada lima kandidat Ketum yang maju di bursa Munas Golkar kali ini, jika terpilih dapat melakukan konsolidasi dengan partai lainnya dengan baik. Lima kandidat yang dimaksud di antaranya Indra Sutoyo, Airlangga Hartanto, Bambang Soesatyo (Bamsoet).

Iqbal berharap sosok ketum berani melakukan kaderisasi di internal partainya dengan berkesinambungan.

"Kalau kriteria-kriteria itu dapat dipenuhi oleh ketum yang terpilih, maka Golkar akan tambah hebat. Kita pasti makin optimistis bisa jadi pemenang Pemilu 2024," sergahnya.

4. Arahan dukungan masih dirahasiakan

Kriteria Ketum yang Akan Dipilih Kader Golkar Jateng, Siapa Dia? ANTARA FOTO/Risky Andrianto

Meski begitu, pihaknya mengaku tak mau gegabah dalam menentukan arah dukungannya kepada salah satu figur ketum. 

Setiap figur, katanya akan dilihat sepak terjangnya selama ini. Untuk itulah, saat ini pihaknya memilih merahasiakan figur yang akan dipilih di Munas nanti.

"Dukungannya akan diarahkan saat Munas berlangsung. Saya gak mau berandai-andai milih si A, si B. Biarkan semuanya berjalan dengan alamiah dulu. Kita kan ingin menyukseskan Munas dengan terhormat dan bermartabat. Tentunya teman-teman di Jateng saya minta harus mampu mewarnai dinamika politik saat Munas berlangsung," tambahnya.

"Yang jelas target kita sudah jelas. Ketum yang dipilih harus berani nyapres tahun 2024. Dia berani menjadi petugas partai yang bisa membawa Golkar memenangi bursa Pemilihan Legislatif maupun Eksekutif. Siapa yang layak, kita gak mau membocorkannya dulu," pungkasnya.

Baca Juga: Airlangga dan Bamsoet Bersaing Sengit di Munas, Siapa Paling Tajir?

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya