Kebakaran di Kejagung Tak Kunjung Padam, 65 Mobil Pemadam Dikerahkan

Lebih dari 100 petugas kebakaran juga dilibatkan

Jakarta, IDN Times - Kebakaran dahsyat di gedung Kejaksaan Agung (Kejagung) di Jakarta Selatan, sejak Sabtu 22 Agustus 2020 pukul 19.10 WIB hingga kini masih proses pendinginan.

Lebih dari 60 mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi, untuk memadamkan kobaran api. Ratusan personel pemadam kebakaran juga dilibatkan untuk menjinakkan amukan si jago merah itu.  

1. Kebakaran sudah teratasi

Kebakaran di Kejagung Tak Kunjung Padam, 65 Mobil Pemadam DikerahkanApi membakar gedung Kejaksaan Agung di Jakarta, Sabtu (22/8/2020). Kebakaran tersebut masih dalam penanganan pihak pemadam kebakaran (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Humas Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta Mulat Wijayanto mengatakan, setidaknya ada 65 unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) dan lebih dari 100 petugas pemadam diterjunkan ke lokasi kebakaran.

"Saat ini (pukul 06.25 WIB) masih proses pendinginan," kata Mulat, Minggu (23/8/2020).

Sebagaimana informasi sebelumnya, kebakaran di Gedung Kejaksaan Agung pertama kali dilaporkan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan pada Sabtu 22 Agustus 2020 pukul 19.10 WIB.

Baca Juga: [BREAKING] Api Makin Mengecil, Tak Ada Korban Jiwa di Kebakaran Gedung Kejagung

2. Kejagung memastikan arsip dan dokumen dipastikan aman dari kebakaran

Kebakaran di Kejagung Tak Kunjung Padam, 65 Mobil Pemadam DikerahkanApi membakar gedung Kejaksaan Agung di Jakarta, Sabtu (22/8/2020). Kebakaran tersebut masih dalam penanganan pihak pemadam kebakaran (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Meski terbakar, Kejagung memastikan arsip dan dokumen perkara aman, karena tidak disimpan di gedung yang terbakar, melainkan disimpan di Gedung Bundar, yang tak jauh dari lokasi kebakaran.

"Tidak ada di situ dokumen perkara, itu ada di gedung Bundar," ujar Kapuspen Kejagung Hari Setiyono dalam siaran langsung di Kompas TV, Sabtu malam.

3. Kebakaran di Kejaksaan Agung jadi tontonan warga

Kebakaran di Kejagung Tak Kunjung Padam, 65 Mobil Pemadam DikerahkanSuasana di depan Gedung Kejaksaan Agung RI saat kebakaran pada Sabtu (22/8/2020) (Dok. Humas Dinas Gulkarmat)

Kebakaran dahsyat ini sempat membuat ruas jalan di sekitar gedung Kejagung mengalami kemacetan. Sebab, sejumlah ruas jalan di sekitarnya ditutup untuk penanganan kebakaran, dan orang-orang yang sedang melintas maupun yang berada di sekitar lokasi menonton kebakaran yang menghanguskan gedung enam lantai itu.

4. MRT tetap beroperasi normal

Kebakaran di Kejagung Tak Kunjung Padam, 65 Mobil Pemadam DikerahkanGedung Kejaksaan Agung RI kebakaran pada Sabtu (22/8/2020) (Dok. Humas Dinas Gulkarmat)

Sementara, Corporate Secretary PT MRT Muhammad Kamaluddin memastikan MRT Jakarta tak terdampak kebakaran yang terjadi di gedung Kejagung. Kini, MRT akan beroperasi kembali seperti biasa.

"MRT Jakarta siap beroperasi kembali pagi ini sesuai dengan jam operasional dan jadwal keberangkatan normal kami," ujar Kamaluddin melalui keterangan tertulis, Minggu.

Baca Juga: Kebakaran di Gedung Kejagung Hingga Dini Hari, MRT Beroperasi Normal

Topik:

  • Rochmanudin
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya