Jubir Presiden: Jokowi Bakal Ganti Menteri yang Tidak Bisa Adaptasi

Presiden ingin tujuan pemerataan pembangunan segera tercapai

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Presiden Joko Widodo, M Fadjroel Rachman menanggapi isu reshuffle atau perombakan kabinet Kabinet Indonesia Maju.

Fadjroel membantah isu tersebut. Namun, Presiden Jokowi tidak akan segan-segan mengganti menteri yang tidak dapat segera beradaptasi.

1. Jokowi tegaskan tidak ada reshuffle Kabinet Indonesia Maju

Jubir Presiden: Jokowi Bakal Ganti Menteri yang Tidak Bisa AdaptasiPresiden RI Joko Widodo (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Presiden Jokowi menegaskan tidak ada rencana reshuffle Kabinet Indonesia Maju. Hal itu dikatakan dalam kegiatan silaturahmi dengan pegiat media sosial di Istana Bogor, pada 18 Februari lalu.

Menurut Fajroel, Presiden memerintahkan semua anggota kabinet tetap fokus terhadap fungsi kementeriannya masing-masing dan segera dapat beradaptasi.

Baca Juga: Wajah Baru di Kabinet Jokowi Tidak Mampu Dongkrak Optimisme Ekonomi RI

2. Presiden akan ganti menterinya jika tidak segera menyesuaikan dalam bekerja

Jubir Presiden: Jokowi Bakal Ganti Menteri yang Tidak Bisa AdaptasiSusunan Wamen Kabinet Indonesia Maju (IDN Times/Teatrika Putri)

Fadjroel mengatakan, Presiden Jokowi ingin menterinya butuh penyesuaian dalam bekerja. "Apa-apa perlu penyesuaian. Ada yang cepat beradaptasi, ada yang tidak. Mohon sedikit dimaafkan dulu," ujar dia, mengutip pernyataan Jokowi, dalam keterangan tertulis, Minggu (23/2).

Namun, Presiden juga menegaskan agar tujuan pemerataan pembangunan di seluruh Indonesia dapat tercapai melalui prioritas Panca Kerja Kabinet Indonesia Maju. Hal tersebut berupa pembangunan Sumber Daya Manusia, melanjutkan pembangunan infrastruktur, dan penyederhanaan regulasi.

Selain itu, penyederhanaan birokrasi, serta transformasi ekonomi modern bernilai tambah, berpihak pada kemajuan lingkungan hidup, serta kehidupan sosial-budaya yang berkemajuan secara efektif dan efisien diperlukan anggota kabinet yang dapat menyesuaikan diri (beradaptasi) dengan fungsi kementeriannya.

"Kalau terus tidak dapat beradaptasi pasti saya ganti," kata Fadjroel, menirukan ucapan Jokowi.

3. Isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju pertama kali dilontarkan seorang relawan Jokowi

Jubir Presiden: Jokowi Bakal Ganti Menteri yang Tidak Bisa AdaptasiKabinet Indonesia Maju (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju pertama kali dilontarkan Dede Budhiyarto, yang merupakan relawan Jokowi yang pernah ikut membantu dalam pemenangan Pilpres 2014 dan 2019.

Dede mengatakan isu reshuffle kabinet tersebut dibahas dalam pertemuan Presiden Jokowi dengan pendukungnya, yang dilaksanakan pada 18 Februari lalu. Jokowi akan merombak kabinet dengan mengganti sejumlah menteri yang memiliki kinerja yang kurang baik.

Baca Juga: Jubir Istana Pastikan Tidak Ada Rencana Reshuffle Kabinet Jokowi

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya