KPU Beri Kesempatan Jokowi dan Prabowo Gelar Konferensi Pers Bersama

Jokowi dan Prabowo diundang untuk hadir di pleno terbuka

Jakarta, IDN Times - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Arief Budiman memastikan akan mengundang pasangan calon nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf dan paslon 02, Prabowo-Sandiaga dalam pleno terbuka untuk menentukan jadwal penetapan presiden dan wakil presiden.

"Kami tentu akan undang peserta pemilu dalam hal ini paslon 01 dan 02, lalu kami juga undang partai politik, kemudian pemantau sepeti NGO yang bergerak dibidang kepemiluan akan diundang," kata Arief di Gedung KPU, Kamis (27/6).

Tak hanya mengundang, pria asal Surabaya tersebut juga menyebut bahwa pihak yang diundang bakal diberi kesempatan untuk memberikan sambutan. Lalu, setelah pleno terbuka berakhir, dilanjutkan dengan konferensi pers dari keduanya.

"Kami berharap pasangan calon nomor urut 01 dan 02 bisa memberi sambutan, setelahnya melakukan konferensi pers bersama-sama usai pleno terbuka," beber Arief.

Selain mengundang paslon-paslon tersebut, Arief menyebut keduanya juga bisa ditemani timnya, karena KPU sudah menyediakan 20 undangan untuk masing-masing paslon.

Rencananya, surat undangan tersebut sudah bisa didistribusikan besok (hari ini). Sehingga, semua undangan bisa sampai kepada tamu selambat-lambatnya pada Jumat (28/6) siang.

Acara pleno terbuka nanti direncanakan bakal digelar di Gedung KPU RI, lantai 2. KPU pun sudah menyiapkan opsi jika nantinya peserta yang datang membeludak. Mereka sudah menyiapkan tenda di halaman parkir kantor untuk menjadi tempat tamu undangan yang tak kebagian tempat.

Sebelumnya, KPU sudah menggelar pleno untuk menentukan jadwal pleno terbuka yang digelar besok lusa. Hal itu sebagai respons dari KPU sebagai penyelenggara menyikapi hasil putusan majelis hakim Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa hasil Pilpres 2019.

Baca Juga: KPU Jadwalkan Pleno Penetapan Presiden dan Wapres Terpilih Minggu

https://www.youtube.com/embed/qZlI-JtIGxw

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya