Comscore Tracker

Interaksi dengan 2 WNI Positif Virus Corona, 76 Perawat RS Dirumahkan

Dua pasien virus corona sempat dirawat di RS Mitra Keluarga

Jakarta, IDN Times - Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, 76 perawat yang pernah berinteraksi dengan dua pasien positif virus corona telah dirumahkan. Hal itu dilakukan agar mereka yang terjangkit tidak menularkan ke orang lain.

"Para petugas medis sudah dirumahkan oleh RS Mitra keluarga. Dirumahkan bukan berarti positif tapi dikhawatirkan oleh pihak rumah sakit karena berinteraksi dengan pasien," ujar Idris saat jumpa pers di Balai Kota Depok, Senin (2/3).

1. Mereka juga diminta untuk memeriksakan kondisi tubuhnya

Interaksi dengan 2 WNI Positif Virus Corona, 76 Perawat RS Dirumahkanpuregarciniacambogiaonline.com

Menurut Kepala Diskominfo Kota Depok, Sidik Mulyono para tenaga medis RS Mitra Keluarga Depok juga diminta memeriksakan kondisinya.

“Kalau masih belum ada tanda-tanda yang positif atau sifatnya terpapar masih dilakukan penanganan di rumah sakit Depok. Tapi kalau ada pasien yang positif dirujuk ke rumah sakit rujukan pemerintah," kata Sidik dalam kesempatan yang sama.

Baca Juga: [BREAKING] WNA Jepang yang Menulari 2 WNI Terkena Virus Corona

2. Pemerintah akan membuat crisis center

Interaksi dengan 2 WNI Positif Virus Corona, 76 Perawat RS DirumahkanIlustrasi pengunjung di RSUP dr. Kariadi Semarang. ANTARA FOTO/Aji Styawan

Menko bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan pemerintah pusat akan membuat crisis center untuk menyegah dan mengantisipasi penyebaran virus corona (COVID-19). 

"Ada (rencana membuat crisis center). Ini mau rapat, sedang kita bahas," katanya sembari bergegas meninggalkan ruang serbaguna Sutopo Purwo Nugroho di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Senin (2/3).

Seperti diberitakan sebelumnya, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengumumkan bahwa dua orang WNI positif terjangkit virus corona. Keduanya berdomisili di Depok, Jawa Barat.

Terawan mengatakan kedua orang tersebut terinfeksi virus corona setelah tertular dari seorang warga Jepang yang berkunjung ke Indonesia. 

Saat ini, dua warga Depok yang terpapar virus corona, yakni seorang ibu (64 tahun) dan anak (31), telah diisolasi di Rumah Sakit Pusat Infeksi Sulianti Saroso.

3. Ada 10 rumah sakit rujukan pasien virus corona di Jawa Tengah

Interaksi dengan 2 WNI Positif Virus Corona, 76 Perawat RS DirumahkanSimulasi penanganan pasien virus corona di RSUP dr Kariadi Semarang. ANTARA FOTO/Aji Styawan

Kementerian Kesehatan mengeluarkan 100 daftar rumah sakit yang dianggap layak menjadi rujukan untuk penanganan pasien virus corona. Ke-100 rumah sakit tersebut tersebar hampir di seluruh Nusantara. Berikut daftar 100 rumah sakit rujukan untuk penanganan Corona di Jawa Tengah:

Jawa Tengah
RSU Dr. Kariadi Semarang
RSU Dr. H. Soewondo
RSU Dr. Moewardi
RSU Banyumas
RSU Kudus
RSU Dr. H. RM. Soeselo W.
RSU Pekalongan
RSU Tidar
RSU Prof. Dr. Margono Soekarjo
RSU Dr. Suraji Tirtonegoro

Baca Juga: Penting Diketahui! Beda Gejala Virus Corona, Influenza dan Flu Biasa 

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya