TPNPB-OPM Minta Warga Pendatang ke Luar dari Papua Barat

TPNPB-OPM meragukan kemampuan Densus 88 Antiteror

Jakarta, IDN Times - Juru bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB-OPM), Sebby Sambom, mengimbau warga pendatang untuk ke luar dari Papua Barat.

Sementara itu, warga asli Papua akan dijamin keselamatannya oleh TPNPB-OPM.

“Masyarakat sipil itu OPM itu sudah, mereka aman dilindungi TPNPB, karena mereka takut operasi militer oleh Indonesia. Oleh karena itu kami mengimbau kepada orang imigran segera tinggalkan Papua Barat,” ujarnya kepada IDN Times, Senin (3/5/2021).

1. TPNPB-OPM sebut masyarakat asli Papua sedang terancam

TPNPB-OPM Minta Warga Pendatang ke Luar dari Papua BaratAnggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) Lekagak Teleggen masuk daftar DPO Polri. ANTARA/HO-Humas Nemangkawi)

Sebby juga menanggapi jaminan keselamatan seluruh masyarakat di Papua oleh Polri. Menurutnya, hal tersebut adalah pembohongan publik.

“Itu TNI-Polri bohong, karena faktanya masyarakat asli Papua tidak aman karena operasi militer yang brutal, jadi TNI-Polri stop penipuan publik,” kata Sebby.

“Karena kami ketahui bahwa TNI-Polri hanya akan lindungi orang-orang imigran saja, dan orang asli Papua tetap tidak aman, dan ancaman oleh kejahatan TNI-Polri,” sambung dia.

Baca Juga: TPNPB-OPM Sasar Orang Jawa, Polri Jamin Keamanan Semua Warga di Papua

2. TPNPB-OPM sasar pendatang dan militer

TPNPB-OPM Minta Warga Pendatang ke Luar dari Papua BaratDokumentasi - Profil sebagian dari kelompok separatis bersenjata di Papua. (ANTARA/HO-Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III TNI)

Sebby membenarkan pernyataan TPNPB-OPM akan mengkampanyekan anggota militer dan orang-orang pendatang yang ada di Papua saat ini menjadi sasaran mereka.

“Itu pengertiannya orang-orang imigran dari Jawa, Sumatra, Sulawesi, Kalimantan, Maluku dan wilayah lain di Indonesia, karena Indonesia bilang kami teroris, jadi kami tetap akan lakukan perlawanan sampai Papua merdeka,” kata Sebby.

3. TPNPB-OPM ragukan kemampuan Densus 88

TPNPB-OPM Minta Warga Pendatang ke Luar dari Papua BaratIlustrasi Densus 88. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Mengenai pelibatan Datasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri, Sebby meragukan kemampuannya jika dilibatkan dalam operasi pengejaran dan penangkapan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Tanah Cendrawasih itu.

“Densus punya kemampuan lawan gerilyawan bisa kah? Kami gerilyawan, tidak Densus,” kata Sebby.

Sebby menjelaskan, akan lebih banyak korban dari warga sipil di Papua yang jatuh karena kecerobohan pergerakan Densus 88.

“Dan yang jelas Densus akan tangkap orang sembarang, dan juga akan tembak orang sembarang,” ujar Sebby.

Baca Juga: Polri Evaluasi Satgas Nemangkawi Sebelum Terjunkan Densus 88 ke Papua

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Umi Kalsum
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya