Comscore Tracker

TPNPB-OPM Minta Warga Pendatang Keluar Papua Barat

TNI-Polri terus lakukan pengamanan di papua

Jakarta, IDN Times - Juru bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB-OPM), Sebby Sambom, mengimbau orang Jawa dan warga imigran atau pendatang untuk keluar dari Papua Barat.

Selain meminta pendatang keluar dari Papua Barat mereka juga mnjamin keselamatan warga asli Papua.

“Masyarakat sipil itu OPM itu sudah, mereka aman dilindungi TPNPB, karena mereka takut operasi militer oleh Indonesia. Oleh karena itu kami mengimbau kepada orang imigran segera tinggalkan Papua Barat,” ujarnya kepada IDN Times, Senin (3/5/2021).

Baca Juga: TPNPB-OPM Minta Orang Jawa dan Imigran Keluar dari Papua Barat

1. TPNPB-OPM sebut masyarakat asli Papua sedang terancam

TPNPB-OPM Minta Warga Pendatang Keluar Papua BaratAnggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) Lekagak Teleggen masuk daftar DPO Polri. ANTARA/HO-Humas Nemangkawi)

Sebby mengatakan tak mempercai jaminan keselamatan seluruh masyarakat di Papua yang disampaikan oleh Polri. Menurutnya, hal tersebut adalah pembohongan publik.

“Itu TNI-Polri bohong, karena faktanya masyarakat asli Papua tidak aman karena operasi militer yang brutal, jadi TNI-Polri stop penipuan publik,” kata Sebby.

“Karena kami ketahui bahwa TNI-Polri hanya akan lindungi orang-orang imigran saja, dan orang asli Papua tetap tidak aman, dan ancaman oleh kejahatan TNI-Polri,” sambung dia.

2. TPNPB-OPM sasar para pendatang yakni orang Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan militer

TPNPB-OPM Minta Warga Pendatang Keluar Papua BaratDokumentasi - Profil sebagian dari kelompok separatis bersenjata di Papua. (ANTARA/HO-Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III TNI)

Sebby membenarkan pernyataan TPNPB-OPM akan mengkampanyekan anggota militer dan orang-orang Jawa yang ada di Papua saat ini menjadi sasaran mereka.

“Jawa itu pengertiannya orang-orang imigran dari Jawa, Sumatra, Sulawesi, Kalimantan, Maluku dan wilayah lain di Indonesia, karena Indonesia bilang kami teroris, jadi kami tetap akan lakukan perlawanan sampai Papua merdeka,” kata Sebby.

3. TPNPB-OPM ragukan kemampuan Densus 88

TPNPB-OPM Minta Warga Pendatang Keluar Papua BaratIlustrasi Densus 88. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Mengenai pelibatan Datasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri, Sebby meragukan kemampuannya jika dilibatkan dalam operasi pengejaran dan penangkapan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Tanah Cendrawasih itu.

“Densus punya kemampuan lawan gerilyawan bisa kah? Kami gerilyawan, tidak Densus,” kata Sebby.

Sebby menjelaskan, akan lebih banyak korban dari warga sipil di Papua yang jatuh karena kecerobohan pergerakan Densus 88.

“Dan yang jelas Densus akan tangkap orang sembarang, dan juga akan tembak orang sembarang,” ujar Sebby.

4. TNI-Polri terus lakukan pengamanan di wilayah Papua

TPNPB-OPM Minta Warga Pendatang Keluar Papua BaratKepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol. Rusdi Hartono (Dok. Humas Polri)

Sementara itu Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Rusdi Hartono mengatakan TNI-Polri terus melakukan pengamanan di wilayah Papua.

"Kalau ada upaya-upaya tersebut, tentunya TNI dan Polri akan berusaha keras. Sekali lagi bagaimana menciptakan tanah Papua yang aman dan damai," ujar Rusdi. Jenderal bintang satu ini tegas mengatakan negara tak boleh kalah dengan kelompok-kelompok tersebut.

Baca Juga: RI Protes Aksi Terobos KJRI Melbourne dan Pengibaran Bendera OPM

Topic:

  • Bandot Arywono
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya