Tsunami Kurang dari 1 Meter Terdeteksi Usai Gempa di Maluku Utara

Sampai saat ini, belum ada laporan korban jiwa

Jakarta, IDN Times - Usai gempa magnitudo M 7,4 yang dimutakhirkan menjadi M 7,1 melanda kawasan Maluku Utara pada Kamis (14/11) malam, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat setidaknya telah terjadi tsunami dengan ketinggian masing-masing 0,6 meter di Ternate (23.43 WIB), 0,9 meter di Jailolo (23.43), dan 0,10 meter di Bitung (00.08 WIB).

Sebelumnya, BMKG telah mengeluarkan 2 kali status peringatan dini tsunami setelah terjadi gempa yang berpusat di 1.63 LU 126.39 BT atau 134 kilometer Barat Laut Jailolo, Maluku Utara pada kedalaman 73 kilometer.

Status peringatan tsunami tersebut secara resmi telah dicabut oleh BMKG pada Jumat (15/11) dini hari tadi pada pukul 01.48 WIB.

Ada pun beberapa wilayah yang sebelumnya dinyatakan waspada terhadap tsunami di antaranya; Halmahera (Maluku Utara), Kota Bitung (Sulawesi Utara) dan Ternate (Maluku Utara). Sedangkan wilayah yang merasakan guncangan akibat gempa di antaranya; (MMI) IV-V Bitung, IV-V Manado, III-IV Gorontalo, III-IV Ternate, II Buol.

Gempa kembali terjadi pada pukul 00.55 WIB, Jumat (15/11) dini hari dengan magnitudo 5,0 di titik koordinat 1.54 LU dan 126.46 BT atau 128 kilometer Barat Laut Jailolo pada kedalaman 10 kilometer, namun tidak berpotensi tsunami.

Sementara ini belum adanya laporan kerusakan infrastruktur ataupun jatuhnya korban jiwa. Tim gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama TNI/Polri sedang berupaya melalukan kaji cepat terkait pascagempa tersebut.

Warga sekitar lokasi yang terdampak guncangan gempa diharapkan agar tidak panik dan tidak terpengaruh dengan kabar yang tidak benar dan tidak dapat dipertanggungjawabkan. Pastikan informasi yang resmi selalu bersumber dari instansi terkait seperti BMKG, BNPB, BPBD, Dinas Provinsi, dan pihak berwajib lainnya.

Baca Juga: Warga Bitung Lari ke Daratan Tinggi Saat Gempa Guncang Maluku Utara 

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya