33 Faskes Solo Siap Layani Vaksinasi COVID-19, Penerima Bakal di SMS

Utamakan tenaga medis.

Solo, IDN Times - Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo menyiapkan 33 fasilitas kesehatan (faskes) di Puskesmas dan Rumah Sakit (RS) di Solo untuk melayani vaksinasi COVID-19. Pendataan sasaran vaksin tersebut sudah dimasukkan ke big data di Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Baca Juga: Vaksin Sinovac Bakal Dikirim ke 35 Daerah Jateng, Dikawal Ekstra Ketat

1. Utamakan tenaga medis.

33 Faskes Solo Siap Layani Vaksinasi COVID-19, Penerima Bakal di SMSInstagram.com/rumahsakitlapangan

Kepala DKK Solo, Siti Wahyuningsih mengatakan berdasarkan hasil rapat pada tanggal 1 Januari, vaksinasi diajukan pada minggu kedua atau tanggal 14 Januari. Dimana vaksinasi akan dilaksanakan dalam empat tahap.

Siti merinci, pada tahap pertama sasaran penerima vaksin diutamakan adalah tenaga kesehatan sebagai pelayanan terdepan COVID-19. Dimana pada tahap pertama bulan Januari disedikan 1.5 juta dosis vaksin Covid-19 Sinovac.

"Diberikan dua kali selang 14 hari. Intinya pemerintah akan melindungi masyarakat. Dan untuk mendapatkan  kekebalan komunitas, maka 70 sampai 80 persen dari  jumlah penduduk tervaksinasi maka InsyaAllah imunitas komunitas sudah terbentuk," katanya, Senin (4/1/21).

2. Penerima SMS blast wajib divaksinasi

33 Faskes Solo Siap Layani Vaksinasi COVID-19, Penerima Bakal di SMSbibeh.com

Menurut wanita yang akrab disapa Siti tersebut, data sasaran penerima vaksin akan tersentral di Kemenkes. Pendataan sendiri sudah dimulai dari tahapan internal dan kemudian kerjasama dengan BPJS Kesehatan.

"Nanti kita akan mendapat SMS (short message service) blast dan kita disuruh merespon untuk memilih faskes dan jam pelayanan. Saya sudah mendapatkan SMS, kan saya nakes," katanya..

Siti juga menegaskan bagi yang menerima SMS blast, wajib divaksinasi Covid-19 kecuali jika ada komorbid.

3. Pelaksanaan vaksinasi dibagi menjadi empat sesi dalam sehari

33 Faskes Solo Siap Layani Vaksinasi COVID-19, Penerima Bakal di SMSIlustrasi Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Untuk pelaksanaan vaksinasi, Siti mengatakan tetap menerapkan protokol kesehatan. Sehingga akan dibagi dalam tiga atau empat sesi dalam satu hari. Setiap sesi ada 15 sampai 20 orang.

"Untuk satu faskes bisa 30 sampai 60 orang itu untuk satu tim. Kalau seperti di RS Dr Moewardi kan bisa beberapa tim," pungkasnya.

Berdasarkan data dari Satgas Penanganan COVID-19 Kota Solo pada Senin (4/1/21) jumlah terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak 5.133 kasus. Dengan rincian 268 orang menjalani perawatan, 1142 menjalani isolasi, 268 meninggal dunia, dan 3455 dinyatakan sembuh.

Baca Juga: Polresta Solo Bentuk Tim Penyidik Kerumunan, Ini Sanksi Bagi Pelanggar

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya