Dua Kali Absen Dampingi Jokowi, Rudy  Minta Tak Dikaitkan Soal Gibran

Pilih menghadiri undangan lain

Solo, IDN Times - Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo sudah dua kali absen mendampingi Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerja di Kota Solo. Di acara Hari Batik Nasional (HBN) 2019 di Pura Mangkunegaran, Rabu (2/10) yang dihadiri Jokowi dan acara Konsultasi Nasional XIII 2019 Forum Komunikasi Pria Kaum Bapa Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (FK PKB PGI) di The Sunan Hotel Solo, Jumat (6/9) lalu.

Ketidakhadiran Wali Kota Solo mendampingi Presiden Jokowi tersebut ternyata bukan tanpa sebab. 

Baca Juga: Ketua DPC PDIP Solo Tutup Pintu Pendaftaran Gibran Maju di Pilkada

1. Ada acara lain yang bersamaan

Dua Kali Absen Dampingi Jokowi, Rudy  Minta Tak Dikaitkan Soal GibranIDN Times/Larasati Rey

Dalam dua acara tersebut, Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo memilih menghadiri sejumlah acara yakni membuka TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kelurahan Jagalan, Jebres dan mendelegasikan Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo untuk hadir dalam rangkaian acara Hari Batik Nasional tersebut. 

Tak hanya itu, Wali Kota yang akarab disapa Rudy tersebut juga memilih hadir ke acara lain saat Presiden Jokowi hadir dalam acara Konsultasi Nasional XIII 2019 Forum Komunikasi Pria Kaum Bapa Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (FK PKB PGI) di The Sunan Hotel Solo, Jumat (6/9) lalu.

Saat dikonfirmasi, Rudy mengaku tidak dapat undangan dalam acara Konsultasi Nasional XII 2019 tersebut. “Lha wong saya tidak diundang ya saya tidak datang to,” katanya Kamis (3/10).

2. Tak mau disangkut pautkan hal politik

Dua Kali Absen Dampingi Jokowi, Rudy  Minta Tak Dikaitkan Soal GibranIDN Times / Larasati Rey

Lebih lanjut, Rudy menegaskan ketidakhadirannya di sejumlah acara kepresidenan di Solo tidak ada kaitannya dengan  politik menjelang Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Solo 2020 mendatang. 

Mengingat putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming bermaksud mendaftarkan diri menjadi calon Wali Kota Solo dari partai yang berlogo banteng tersebut.

“Tidak ada hubungannya. Tidak perlu dikait-kaitkan,” ungkap pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPC PDIP Kota Solo tersebut.

3. Titip salam

Dua Kali Absen Dampingi Jokowi, Rudy  Minta Tak Dikaitkan Soal GibranIDN Times/Larasati Rey

Kendati tidak datang dalam sejumlah acara Jokowi di Kota Solo, namun menurut Wakil Wali Kota Solo, Achmad Poernomo mengatakan secara khusus Rudy menitipkan salam kepada Jokowi atas ketidak hadirnya di acara Hari Batik Nasional tersebut.

“Tidak ada masalah kok. Hubungan keduanya baik-baik saja. Tadi Pak Jokowi secara khusus juga titip salam untuk Pak Rudy, saya juga menyampaikan apa adanya, ada acara TMMD di Jebres,” kata  Poernomo. 

Poernomo menambahkan pembagian tugas antara dirinya dengan Rudy adalah hal biasa mengingat padatnya jadwal Wali Kota. Ia juga menegaskan tidak ada masalah antara Rudy dan Jokowi terutama berkaitan dengan Pemilihan Walikota Solo 2020 mendatang.

Baca Juga: Jika Tak Diusung PDIP, Golkar Siap Dukung Gibran Maju di Pilwakot Solo

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya