Jelang Pelantikan, Alumni UGM di Solo Panjatkan Doa Untuk Jokowi

Menyambut pelantikan Jokowi-Maruf Amin.

Solo, IDN Times  - Keluarga Alumni Universitas Gajah Mada (Kagama) Solo Raya mengelar acara Umbul Donga  dan potong tumpeng untuk menyambut pelantikan  Presiden Joko Widodo & Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang akan digelar di Jakarta, Minggu (20/10) mendatang.

Baca Juga: Jelang Pelantikan Presiden, Siswa SD Lomba Menggambar Wajah Jokowi

1. Tumpeng Tujuh Simbolkan pitulungan

Jelang Pelantikan, Alumni UGM di Solo Panjatkan Doa Untuk JokowiIDN Times / Larasati Rey

Acara Umbol Donga yang digelar di depan Pasar Gedhe Solo ini disambut antusias oleh para pedagang dan pengunjung pasar. Pemotongan tujuh buah tumpeng kuning yang disimbolkan sebagai ‘pitulungan’ dalam budaya Jawa, ini habis dibagikan  dalam waktu kurang dari 10 menit.

Anggota Kagama angkatan 65, Titik Marminah mengatakan makna tujuh tumpeng yang dipotong secara bersama-sama tersebut sebagai simbol keselamatan. Agar Jokowi dimasa memimpin kedepannya mendapatkan keselamatan dan pertolongan dari Tuhan Yang Maha Esa.

“Jadi tumpeng itu adalah sesuatu yang menuju ke atas jadi kita mengucapkan doa kita supaya Allah Yang Maha Kuasa selalu meridhoi apa yang kita panjatkan,” urainya saat ditemui usai acara.

2. Ludes diserbu warga

Jelang Pelantikan, Alumni UGM di Solo Panjatkan Doa Untuk JokowiIDN Times / Larasati Rey

Usai didoakan dan dipotong, tujuh tumpeng tersebut langsung dibagikan kepada pedagang dan pengunjung Pasar Gedhe Solo. Tak kurang dari 10 menit, tujuh tumpeng tersebut habis dibagikan.

Ani (37) salah seorang pengujung pasar asal Pekalongan, tak mengira adanya kegiatan pembagian tumpeng gratis tersebut. Ia bahkan rela mengantre untuk mendapatkan satu takir tumpeng.

“Tadi tidak tahu kalau ada syukuran ini dan saya ikut saja. Saya berharap ke depan Indonesia lebih maju dan Pak Jokowi bisa memberantas korupsi di negara ini,” ungkapnya.

3. Berharap kepimpinan Jokowi lebih maju dan pro rakyat

Jelang Pelantikan, Alumni UGM di Solo Panjatkan Doa Untuk JokowiIDN Times / Larasati Rey

Berbagai harapan dilontarkan oleh para pedagang dan pengujung untuk kepimpinan periode kedua Jokowi-Ma’ruf Amin mendatang. Salah seorang pedagang, Nanik berharap agar janji-janji Jokowi dimasa kampanye bisa terpenuhi.

“Saya berharap agar ke depan Pak Jokowi janji-janjinya terpenuhi, sehat selalu, dan pelantikan lancar,” harap Nanik.

Senada dengan Nanik, Suparmi (45) buruh gendong Pasar Gedhe berharap di kepemimpinan Jokowi - Ma’ruf kedepannya bisa lebih mementingkan rakyat.

”Ya Pak Jokowi saya harap lebih memikirkan rakyat kecil saja,” ungkapnya.

Baca Juga: Jelang Pelantikan Presiden, Polresta Solo Perketat Pengamanan

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya