Jemput Abu Bakar Ba'asyir, Keluarga Imbau Tak Perlu Ada Kerumunan

Tak ada penyambutan.

Sukoharjo, IDN Times - Jelang kepulangan Ustaz Abu Bakar Ba'asyir pada 8 Januari 2021, pihak keluarga berencana akan menjemput ke Lembaga Pemasyarakatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Ba'asyir divonis 15 tahun penjara oleh majelis hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) pada tahun 2011. Ba'asyir merupakan pimpinan dan pengasuh Pondok Pesantren Al-Mukmin Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah karena terbukti sah dan menyakinkan menggerakkan orang lain dalam penggunaan dana untuk melakukan tindak pidana terorisme.

Baca Juga: Abu Bakar Ba'asyir Bebas, Kalapas Minta Simpatisan Tak Buat Kerumunan

1. Langsung dibawa ke Ponpes

Jemput Abu Bakar Ba'asyir, Keluarga Imbau Tak Perlu Ada KerumunanPondok Pesantren Al Mukmin, rumah Abu Bakar Ba'asyir di Ngruki, Sukoharjo. IDNTimes/Larasati Rey

Salah satu anak Ba'asyir, Abdul Rochim, mengatakan akan membawa
menyebut keluarga akan menjemput Ba'asyir ke Lapas. Setelah itu ia akan membawa Ba'asyir langsung ke rumah di dalam kompleks Pondok Pesantren Al Mukmin, Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Menurut Abdul Rochim, keluarga telah memperoleh kepastian kabar pembebasan Ba'asyir dari pengacara. Menurutnya, pengacara juga sudah berkoordinasi dengan pihak lapas.

"Mungkin besok atau lusa berangkat. Tim pengacara sudah disana," katanya Selasa (5/1/21).

2. Tak ada penyambutan

Jemput Abu Bakar Ba'asyir, Keluarga Imbau Tak Perlu Ada KerumunanPondok Pesantren Al Mukmin, rumah Abu Bakar Ba'asyir di Ngruki, Sukoharjo. IDNTimes/Larasati Rey

Ustaz Lim sapaan akrabnya menghimbau kepada para jamaah untuk tidak ada penyambutan dari masyarakat, guna mencegah kerumunan. Pihak Ponpes bahkan membuat pengumunan yang terpasang di depan Ponpes.

"Kami mengimbau masyarakat untuk tak perlu menyambut untuk menghindari kerumunan. Kami akan membatasi siapa yang akan bertemu dengan beliau," katanya.

3. Minta didoakan di rumah

Jemput Abu Bakar Ba'asyir, Keluarga Imbau Tak Perlu Ada KerumunanAbu Bakar Ba'asyir (Website/nu.or.id)

Ustaz Lim kepada para jamaah untuk mendoakan Ustaz Abu Bakar Ba'asyir dari rumah, dan tidak perlu datang ke Ponpes. Hal tersebut dilakukan demi kebaikan Ba'asyir yang mana sudah rentan.

"Sebaiknya tidak ada kerumunan. Cukup mendoakan dari rumah,"katanya.

Selama di dalam penjara, Ba'asyir berkali-kali harus dilarikan ke rumah sakit lantaran kesehatannya memburuk. Terakhir, terpidana terorisme itu dirawat di RS Cipto Mangunkusumo selama dua pekan pada November kemarin.

Baca Juga: Abu Bakar Ba'asyir Bebas, Kapolda Jateng: Bubarkan Massa Penyambutan

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya