Comscore Tracker

Ribuan Pendaki Abaikan Protokol Kesehatan, Gunung Lawu Ditutup

Sudah ada 1.100 pendaki yang terdata, guys

Jakarta, IDN Times - Antrean ribuan pendaki untuk bisa masuk dan menaiki Gunung Lawu di pos Cemoro Sewu, Jawa Timur menjadi viral di media sosial. Dalam postingan video @magetanbanget, antrean padat sudah tampak sejak Minggu sore, 16 Agustus 2020, tanpa menerapkan menaati protokol kesehatan virus corona (COVID-19) dengan menjaga jarak atau physical distancing.

"Yang mau muncak ke Lawu mending ditunda dulu. Daftar antreannya sudah panjang sejak pagi," tulis @magetanbanget seperti dikutip IDN Times, Selasa (18/8/2020).

1. Para pendaki hendak mengibarkan Bendera Merah Putih di puncak Lawu

Ribuan Pendaki Abaikan Protokol Kesehatan, Gunung Lawu DitutupPendaki yang hendak masuk ke Cemoro Sewu, Gunung Lawu (Instagram.com/magetanbanget)

Dilansir dari ANTARA, kepadatan itu kerap terjadi jelang HUT RI, ribuan pendaki dari berbagai wilayah memadati kawasan Gunung Lawu untuk merayakan hari kemerdekaan di gunung tersebut.

Pada peringatan HUT ke-75 RI, para pendaki mulai bergerombol di pintu masuk Cemoro Sewu, Gunung Lawu agar bisa memperingati Hari Kemerdekaan RI di Puncak Lawu sambil mengibarkan Bendera Merah Putih di puncak Lawu.

Baca Juga: [FOTO] Serunya Offroad Menjelajah Perkebunan Teh di Lereng Gunung Lawu

2. Sudah ada 1.100 pendaki sejak Jumat

Ribuan Pendaki Abaikan Protokol Kesehatan, Gunung Lawu DitutupPendaki yang hendak masuk ke Cemoro Sewu, Gunung Lawu (Instagram.com/magetanbanget)

Petugas Perhutani KPH Lawu dan sekitarnya (Lawu Ds), Paijo, menjelaskan bahwa ribuan pendaki tersebut mulai berdatangan sejak Jumat, 14 Agustus 2020.

"Para pendaki terpantau mulai berdatangan sejak Jumat (14/8/2020). Hingga Sabtu (15/8/2020) siang, terdata sudah ada 1.100 pendaki dari berbagai daerah yang ingin merayakan peringatan HUT ke-75 RI di Puncak Lawu," kata Paijo yang bertugas di pintu masuk pendakian Gunung Lawu Pos Cemoro Sewu, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

3. Sistem buka tutup diterapkan untuk menuju puncak Lawu

Ribuan Pendaki Abaikan Protokol Kesehatan, Gunung Lawu DitutupPendaki yang hendak masuk ke Cemoro Sewu, Gunung Lawu (Instagram.com/magetanbanget)

Terbaru, melalui akun Instagram @Magetanbaget, kondisi menuju puncak Gunung Lawu sudah dipadati pendaki. Sistem buka tutup juga sudah diterapkan.

"Kondisi menuju puncak Lawu dilakukan sistem buka tutup jadi sabar ya, harus bergantian dgn pendaki yg lainnya untuk menikmati puncak Lawu," tulis akun itu.

4. Jalur pendakian Cemoro Sewu Gunung Lawu Ditutup

Ribuan Pendaki Abaikan Protokol Kesehatan, Gunung Lawu DitutupTwitter.com/magetanbanget

Pascakejadian tersebut, jalur pendakian Cemoro Sewu Gunung Lawu langsung ditutup hingga batas waktu yang belum ditentukan. Hal itu disampaikan Administratur/KKPH Gunung Lawu, Asep Dedi Mulyadi melalui selebaran yang ditempel di jalur tersebut.

Petugas gabungan Polisi, TNI, juga BPBD setempat dan Perhutani berjaga di lokasi pintu masuk jalur itu usai pengumuman penutupan.

Baca Juga: Tali Putus, Pendaki Jatuh ke Kawah Candradimuka Gunung Lawu

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya