Deretan Aksi Teror di Kantor Polisi sebelum Serangan ke Mabes Polri

Dari pospol, Mapolres, Mapolda, kini Mabes Polri

Jakarta, IDN Times - Suara tembakan terjadi di aera Gedung Mabes Polri, Jakarta Selatan pada Rabu (31/3/2021) sekitar pukul 16.30-16.45 WIB. Seorang perempuan berjilbab dan mengenakan gamis terlibat baku tembak dengan petugas di pos gerbang Mabes Polri.

Pelaku teror tersebut berinisial ZA (25), yang belakangan diketahui berideologi radikal dan simpatisan ISIS. Dia masuk melalui pintu khusus pejalan kaki di Mabes Polri dan sempat mengelabui petugas pos jaga.

Setelah sempat diantar dan diberikan keterangan oleh petugas hingga berjalan ke area dekat Rupatama Mabes Polri, ZA kembali ke pos dan melepaskan enam tembakan ke arah petugas di sana. Setelah terlibat baku tembak, polisi pun melumpuhkan ZA dengan timah panas hingga tewas.

Kejadian ini ternyata bukan serangan teror pertama yang dialamatkan ke pos dan kantor kepolisian. Berikut enam teror yang menimpa kantor polisi jauh sebelum kejadian di Mabes Polri, yang berhasil dirangkum IDN Times dari berbagai sumber.

Baca Juga: Rumah Terduga Pelaku Bom Bunuh Diri Mapolrestabes Medan Digeledah

1. Polresta Cirebon

Deretan Aksi Teror di Kantor Polisi sebelum Serangan ke Mabes Polri(Ilustrasi bom) IDN Times/Sukma Shakti

Pada 15 April 2011, bom bunuh diri terjadi di Masjid At-Taqwa, kantor Polresta Cirebon, Jawa Barat. Bom meledak sesaat sebelum jemaah masjid melaksanakan salat Jumat, tepatnya pukul 11.45 WIB.

Tercatat 26 orang terluka akibat peristiwa tersebut. Jemaah masjid At-Taqwa pada saat itu sebagian besar merupakan anggota kepolisian.

2. Pos polisi Thamrin

Deretan Aksi Teror di Kantor Polisi sebelum Serangan ke Mabes PolriIlustrasi. (IDN Times/Sukma Shakti)

Ledakan bom bunuh diri juga terjadi di pos polisi perempatan Sarinah, Jalan Thamrin, Jakarta Pusat. Bom meledak sekitar pukul 10.55 WIB, pada 14 Januari 2016.

Lima orang menjadi korban dalam peristiwa tersebut. Bom ini merupakan rangkaian dari peristiwa teror di Sarinah. Sebelum bom meledak di pos polisi, telah terjadi ledakan bom di kedai kopi yang jaraknya tak jauh dari pos polisi.

3. Mapolda Riau

Deretan Aksi Teror di Kantor Polisi sebelum Serangan ke Mabes Polri(Ilustrasi) IDN Times/Sukma Shakti

Suara tembakan terdengar di Mapolda Riau pada 16 Mei 2018. Peristiwa itu terjadi usai tabligh akbar yang diadakan di halaman kantor Gubernur Riau.

Pelaku diduga mengendarai mobil dan datang sekitar pukul 09.00 WIB. Mobil menabrak gerbang Mapolda Riau.

Sedikitnya lima orang meninggal dalam peristiwa tersebut. Empat di antaranya adalah pelaku, sedang sisanya adalah anggota polisi yang sedang bertugas. Selain itu, dua polisi juga menjadi korban luka.

Baca Juga: [BREAKING] Terduga Teroris di Mabes Polri Ditembak Dekat Ruang Kapolri

4. Mapolrestabes Surabaya

Deretan Aksi Teror di Kantor Polisi sebelum Serangan ke Mabes PolriDok.IDN Times/Istimewa

Serangan bom juga pernah terjadi di Mapolrestabes Surabaya, Jawa Timur. Peristiwa terjadi pada 14 Mei2019 sekitar pukul 08.50 WIB. Peristiwa ini sempat membuat geger Tanah Air, karena waktunya berdekatan dengan kerusuhan yang terjadi di Lapas Mako Brimob Kelapa Dua.

Ledakan bom di depan Mapolrestabes Surabaya diduga berasal dari sebuah motor yang meledak dekat polisi. Tercatat sepuluh orang menjadi korban dari ledakan bom itu. Empat di antaranya merupakan aparat kepolisian, sedang enam lainnya merupakan warga sipil.

5. Pos Polisi Kartasura, Sukoharjo

Deretan Aksi Teror di Kantor Polisi sebelum Serangan ke Mabes PolriTwitter/RadioElshinta

Ledakan bom bunuh diri juga pernah terjadi di Pos Polisi Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah. Peristiwa terjadi pada 3 Juni 2019 sekitar pukul 22.30 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam aksi teror ini.

Namun pelaku bom bunuh diri mengalami luka parah di bagian perutnya. Pelaku bergerak melakukan aksinya seorang diri, dan tidak terbukti tergabung dalam organisasi atau jaringan teroris tertentu.

6. Polrestabes Medan

Deretan Aksi Teror di Kantor Polisi sebelum Serangan ke Mabes PolriPeningkatan penjagaan Mapolrestabes Surabaya usai ledakan bom di Mapolrestabes Medan, Rabu (13/11). IDN Times/Fitria Madia

Peristiwa terbaru adalah ledakan bom bunuh diri di Polrestabes Medan, yang terjadi pada Rabu 13 November 2019 pukul 08.45 WIB. Pelaku diketahui mengenakan jaket ojek online dan membawa tas ketika melancarkan aksinya.

Terduga pelaku tewas di lokasi. Bom bunuh diri meledak di depan ruang layanan pengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Selain korban luka, peristiwa ini juga mengakibatkan tiga mobil dinas polisi dan satu mobil pribadi rusak.

Baca Juga: Detik-Detik Terduga Teroris Penyerang Mabes Polri Tewas Ditembak

Topik:

  • Sunariyah
  • Anata Siregar
  • Margith Juita Damanik

Berita Terkini Lainnya