Comscore Tracker

Sebelum Serangan ke Mabes Polri, Inilah 7 Aksi Teror di Kantor Polisi

Dari Riau, Medan hingga markas besar kepolisian 

Jakarta, IDN Times - Serangan teror kembali terjadi, kali ini menyasar markas besar kepolisian negara Republik Indonesia atau Mabes Polri. Seorang wanita bersenjata masuk dan menembakkan senjata api ke personel kepolisian.   

Suara tembakan terjadi di aera Gedung Mabes Polri, Jakarta Selatan pada Rabu (31/3/2021) sekitar pukul 16.30-16.45 WIB. Seorang perempuan berkerudung terlibat baku tembak dengan petugas di pos gerbang Mabes Polri.

Belakangan terungkap pelaku teror tersebut berinisial ZA (25), yang berideologi radikal dan simpatisan ISIS. Dia masuk melalui pintu khusus pejalan kaki di Mabes Polri dan sempat mengelabui petugas pos jaga.

Setelah sempat diantar dan diberikan keterangan oleh petugas hingga berjalan ke area dekat Rupatama Mabes Polri, ZA kembali ke pos dan melepaskan enam tembakan ke arah petugas di sana. Setelah terlibat baku tembak, polisi pun melumpuhkan ZA dengan timah panas hingga tewas.

Kejadian ini ternyata bukan serangan teror pertama yang dialamatkan ke pos dan kantor kepolisian. Berikut enam teror yang menimpa kantor polisi jauh sebelum kejadian di Mabes Polri, yang berhasil dirangkum IDN Times dari berbagai sumber.

Baca Juga: [BREAKING] Terobos Mabes Polri, Terduga Teroris Perempuan Dekati Ruang Kapolri

1. Bom bunuh diri di Polresta Cirebon

Sebelum Serangan ke Mabes Polri, Inilah 7 Aksi Teror di Kantor Polisi(Ilustrasi bom) IDN Times/Sukma Shakti

Pada 15 April 2011, bom bunuh diri terjadi di Masjid At-Taqwa, kantor Polresta Cirebon, Jawa Barat. Bom meledak sesaat sebelum jemaah masjid melaksanakan salat Jumat, tepatnya pukul 11.45 WIB.

Tercatat 26 orang terluka akibat peristiwa tersebut. Jemaah masjid At-Taqwa pada saat itu sebagian besar merupakan anggota kepolisian.

2. Ledakan bom bunuh diri di Mapolresta Solo

Sebelum Serangan ke Mabes Polri, Inilah 7 Aksi Teror di Kantor PolisiIlustrasi Bom (Teroris) (IDN Times/Mardya Shakti)

5 Juli 2016 lalu serangan bom bunuh diri terjadi di Mapolresta Solo. Suara ledakan terdengar keras dari seorang yang menerobos pos pengamanan gerbang depan Mapolresta pada pukul 07.40 WIB.

Pelaku yang menggunakan sepeda motor tiba-tiba menerobos Mapolresta Surakarta, melewati penjagaan provost dan meledakkan diri di dekat pos penjagaan.

Akibat ledakan ini, pelaku yang bernama Nur Rohman (31 tahun) tewas di tempat. Sementara anggota provost Bripka Bambang Adi terluka di pelipis dan kaki sehingga dilarikan ke Rumah Sakit Dr Moewardi lalu kemudian dirujuk ke RS Panti Waluyo.

3. Bom bunuh diri dan serangan di Pos polisi Thamrin

Sebelum Serangan ke Mabes Polri, Inilah 7 Aksi Teror di Kantor PolisiIlustrasi. (IDN Times/Sukma Shakti)

Ledakan bom bunuh diri juga terjadi di pos polisi perempatan Sarinah, Jalan Thamrin, Jakarta Pusat. Bom meledak sekitar pukul 10.55 WIB, pada 14 Januari 2016.

Lima orang menjadi korban dalam peristiwa tersebut. Bom ini merupakan rangkaian dari peristiwa teror di Sarinah. Sebelum bom meledak di pos polisi, telah terjadi ledakan bom di kedai kopi yang jaraknya tak jauh dari pos polisi.

4. Teroris menerobos masuk ke Mapolda Riau

Sebelum Serangan ke Mabes Polri, Inilah 7 Aksi Teror di Kantor Polisi(Ilustrasi) IDN Times/Sukma Shakti

Suara tembakan terdengar di Mapolda Riau pada 16 Mei 2018. Peristiwa itu terjadi usai tabligh akbar yang diadakan di halaman kantor Gubernur Riau.

Pelaku diduga mengendarai mobil dan datang sekitar pukul 09.00 WIB. Mobil menabrak gerbang Mapolda Riau.

Sedikitnya lima orang meninggal dalam peristiwa tersebut. Empat di antaranya adalah pelaku, sedang sisanya adalah anggota polisi yang sedang bertugas. Selain itu, dua polisi juga menjadi korban luka.

5. Serangan di Mapolrestabes Surabaya

Sebelum Serangan ke Mabes Polri, Inilah 7 Aksi Teror di Kantor PolisiDok.IDN Times/Istimewa

Serangan bom juga pernah terjadi di Mapolrestabes Surabaya, Jawa Timur. Peristiwa terjadi pada 14 Mei2019 sekitar pukul 08.50 WIB. Peristiwa ini sempat membuat geger Tanah Air, karena waktunya berdekatan dengan kerusuhan yang terjadi di Lapas Mako Brimob Kelapa Dua.

Ledakan bom di depan Mapolrestabes Surabaya diduga berasal dari sebuah motor yang meledak dekat polisi. Tercatat sepuluh orang menjadi korban dari ledakan bom itu. Empat di antaranya merupakan aparat kepolisian, sedang enam lainnya merupakan warga sipil.

6. Pelaku bom bunuh diri nekat ledakkan diri di Pos Polisi Kartasura, Sukoharjo

Sebelum Serangan ke Mabes Polri, Inilah 7 Aksi Teror di Kantor PolisiTwitter/RadioElshinta

Ledakan bom bunuh diri juga pernah terjadi di Pos Polisi Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah. Peristiwa terjadi pada 3 Juni 2019 sekitar pukul 22.30 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam aksi teror ini.

Namun pelaku bom bunuh diri mengalami luka parah di bagian perutnya. Pelaku bergerak melakukan aksinya seorang diri, dan tidak terbukti tergabung dalam organisasi atau jaringan teroris tertentu.

7. Teroris menyamar jadi Ojol lakukan bom bunuh diri di Polrestabes Medan

Sebelum Serangan ke Mabes Polri, Inilah 7 Aksi Teror di Kantor PolisiIlustrasi Densus 88. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Peristiwa terbaru adalah ledakan bom bunuh diri di Polrestabes Medan, yang terjadi pada Rabu 13 November 2019 pukul 08.45 WIB. Pelaku diketahui mengenakan jaket ojek online dan membawa tas ketika melancarkan aksinya.

Terduga pelaku tewas di lokasi. Bom bunuh diri meledak di depan ruang layanan pengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Selain korban luka, peristiwa ini juga mengakibatkan tiga mobil dinas polisi dan satu mobil pribadi rusak.

Baca Juga: Deretan Aksi Teror di Kantor Polisi sebelum Serangan ke Mabes Polri

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya