Comscore Tracker

5 Sepak Terjang Kontroversial Menkes Terawan dalam Menangani COVID-19

Dari metode cuci otak sampai dicari masyarakat se-Indonesia!

Semarang, IDN Times - Sosok Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto kembali menjadi sorotan publik. Terutama mengenai kinerjanya selama menjadi Menkes yang dianggap paling bertanggung jawab dalam penanganan pandemik virus corona (COVID-19) yang terbaik bagi masyarakat.

Sebagai Menkes, kinerja Terawan selalu menjadi kontroversi. Rupanya bukan kali pertama nama Terawan menjadi perbincangan. Deretan sepak terjangnya bahkan tidak jarang menuai pro dan kontra ditengah masyarakat.

Berikut 5 deretan sepak terjang kontroversial Menkes Terawan Agus Putranto yang dirangkum IDN Times.

1. Viral soal metode penyembuhan cuci otak dokter Terawan

5 Sepak Terjang Kontroversial Menkes Terawan dalam Menangani COVID-19Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis 27 Februari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Tindakan terapi dengan metode Digital Substraction Angiography (DSA) yang dilakukan Terawan sempat menjadi viral pada 2018 lalu. Metode ini oleh sejumlah kalangan dianggap sebagai metode cuci otak.

Kala itu, terapi dengan metode DSA dianggap belum teruji secara ilmiah. Terapi Terawan menuai pro-kontra. Kala itu, Terawan disebut berhasil menyembuhkan pasien stroke selang 4-5 jam pasca-operasi.

2. Terawan sempat dipecat IDI

5 Sepak Terjang Kontroversial Menkes Terawan dalam Menangani COVID-19Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (kanan) berbincang dengan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Pada 2018 lalu, Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) memberhentikan sementara Terawan. Izin praktiknya sempat dicabut selama satu tahun, hingga Februari 2019.

Terawan kala itu dianggap melanggar sejumlah kode etik kedokteran. Terawan juga dinilai tidak kooperatif lantaran kerap absen dalam sidang MKEK.

Kasusnya tak jauh dari praktik "cuci otak" yang diterapkan Terawan. Namun, kala itu IDI sempat menunda pemberhentian sementara Terawan karena alasan tertentu.

Baca Juga: Daftar Pernyataan Kontradiktif Presiden Jokowi saat Pandemik COVID-19

3. Pro kontra Terawan jadi Menkes Jokowi

5 Sepak Terjang Kontroversial Menkes Terawan dalam Menangani COVID-19Menteri Kesehatan Terawan di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa 11 Februari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Terpilihnya Terawan sebagai Menteri kesehatan kembali menuai kontroversi. Pro-kontra ramai disuarakan. Selasa, 22 Oktober 2019 lalu, Terawan tampak di Istana Kepresidenan dan disebut-sebut sebagai kandidat kuat Menteri Kesehatan di kabinet Indonesia Maju.

Mendapat amanah sebagai Menteri, pria yang bergelar lengkap Mayjen TNI ini sempat menyatakan akan melepas jabatannya di TNI Angkatan Darat dan mengabdikan diri fokus menangani isu kesehatan di tanah air.

4. Cara Terawan tangani COVID-19 sebagai Menkes

5 Sepak Terjang Kontroversial Menkes Terawan dalam Menangani COVID-19Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin 24 Februari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Kontroversi belum selesai, kinerja Terawan sebagai Menteri Kesehatan kini jadi pembahasan. Terutama di masa pandemik COVID-19 ini. Bahkan tak hanya sekali presiden Joko "Jokowi" Widodo menegur Terawan.

Sejumlah pernyataan Terawan sebagai seorang Menkes selama masa pandemik juga menimbulkan polemik. Bahkan tak sedikit masyarakat yang menyuarakan meminta kebesaran hati Terawan untuk mundur dari kursi menteri.

Penanganan pandemik COVID-19 di Indonesia masih belum terlihat efektif menurunkan kurva. Nyatanya, tiap hari kasus di Indonesia semakin tinggi kenaikannya.

5. Dicari satu negara

5 Sepak Terjang Kontroversial Menkes Terawan dalam Menangani COVID-19Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin 2 Maret 2020. IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Di masa pandemik COVID-19, Menkes Terawan justru jarang terlihat di hadapan publik. Masalah ini kembali menjadi sorotan warganet. Keberadaannya dipertanyakan.

Puncaknya ketika Terawan menjadi trending topic di Twitter hari ini, Selasa (29/9/2020) lantaran Najwa Shihab, selaku tuan rumah dalam program Mata Najwa berusaha untuk menghadirkan sosok pensiunan jenderal TNI bintang tiga itu untuk memberikan informasi terkini seputar wabah COVID-19 di Tanah Air. Namun, Terawan juga tak hadir.

Kehadirannya di hadapan publik kini seolah paling dinantikan.

Baca Juga: 3 Teguran Telak Jokowi untuk Menkes Terawan saat Pandemik COVID-19

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya