Comscore Tracker

Punya Follower Terbanyak, Bu Susi Jadi Menteri Paling Populer 

Di Instagram mempunyai 2,3 juta follower

Sleman, IDN Times- Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menjadi menteri paling populer di media sosial Instagram dan Twitter. Hal tersebut berdasarkan penelitian yang dilakukan Digital Intelligence Lab dari Center for Digital Society (CfDS) Universitas Gadjah Mada (UGM).

Peneliti Digital Intelligence Lab Treviliana Eka Putri mengatakan Susi mempunyai jumlah pengikut di media sosial Instagram sebanyak 2,3juta, sedangkan di Twitter sebnayak 980ribu. Jumlah ini terpaut jauh dengan follower menteri yang berada di peringkat kedua. Kepopuleran ini, menurutnya, bisa jadi membuat masyarakat berharap ia terpilih lagi di kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin.

Baca Juga: Tips Sukses Ala Menteri Susi Pudjiastuti untuk Millennial

1. Susi Pudjiastuti berada di peringkat nomor satu

Punya Follower Terbanyak, Bu Susi Jadi Menteri Paling Populer IDN Times/Nindias Khalika

Riset menunjukkan bahwa Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menjadi menteri paling populer di media sosial Instagram dan Twitter. Kepopuleran ini dilihat dari jumlah follower di kedua akun tersebut. Perbedaan jumlah pengikut di dua media sosial milik Susi, kata Treviliana Eka Putri, terpaut jauh dengan follower menteri yang berada di peringkat kedua.

Menurutnya, kepopuleran di atas muncul karena Susi kerap mengunggah foto atau status yang terasa personal di kedua akun tersebut.

Tweet-nya personal. Kelihatan merefleksikan bahwa itu adalah ucapan langsung dari Ibu Susi sehingga orang-orang merasa ia berkomunikasi dengan menteri ini dan menteri ini bisa mengomunikasikan kebijakannya kepada publik. Jadi orang-orang merasa ter-engage dengan tweet dan unggahan Instagram dengan kata-kata misalnya ‘Tenggelemkan kapal atau Ayo siapa yang belum makan ikan’,” jelasnya.

Selain populer, Susi Pudjiastuti juga tidak terkait dengan pemberitaan negatif yang dicari di mesin pencari Google dan pemberitaan media daring. Kepopuleran dan citra positif ini, menurutnya, dapat membuat masyarakat berharap ia terpilih lagi di kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Bu Susi mungkin jadi harapan masyarakat ketika dia sangat populer dia akan terpilih kembali karena sudah oke nih beliau di kabinet yang dulu,” katanya.

2. Metodologi penelitian

Punya Follower Terbanyak, Bu Susi Jadi Menteri Paling Populer pexels.com/@rawpixels

Untuk lini masa dan teknik pengambilan data, Treviliana Eka Putri mengatakan pihaknya mengambil data sejak akun media sosial dibuat hingga tanggal 25 Mei 2019 buat Twitter dan tanggal 18 Juni 2019 untuk Instagram. Tweet, foto, atau video yang diteliti merupakan unggahan asli sang menteri.

“Metodologi riset di Twitter kami menggunakan sebuah platform bernama Twitonomy karena kami bisa mendapatkan data set dari masing-masing official account Twitter menteri. Sementara Instagram pengambilan data secara manual karena akan sangat sulit mengambil dengan code coding Python dan sebagainya karena aturan privasi. Pengolahan data kami menggunakan Python mitx dan Nvivo," ucapnya.

3. Menteri dan media sosial

Punya Follower Terbanyak, Bu Susi Jadi Menteri Paling Populer unsplash.com/Christian Wiedi

Treviliana Eka Putri menjelaskan ada 22 menteri dan 26 menteri yang mempunyai akun Instagram serta Twitter. Dari 34 menteri yang ada di Kabinet Kerja I, sebanyak empat menteri tidak mempunyai akun media sosial.

“Kami melihat kemungkinan keempat menteri ini tak punya akun pribadi karena akun media sosial kementerian sudah cukup aktif mempromosikan kegiatan yang mereka lakukan,” katanya.

Selain Susi Pudjiastuti, lima menteri terpopuler di Twitter yang duduk di peringkat kedua sampai lima adalah Lukman Hakim, Wiranto, Imam Nahrawi, dan Hanif Dhakiri. 

Sementara itu, menteri yang ada di peringkat kedua hingga kelima sebagai menteri terpopuler di Instagram antara lain Sri Mulyani, Imam Nahrawi, Retno Marsudi, dan Hanif Dhakiri. 

Baca Juga: Jokowi Terpilih Lagi, UGM Tak Siapkan Nama Menteri di Kabinet Baru

Topic:

  • Febriana Sintasari

Just For You