Comscore Tracker

Jejak Menteri Perhubungan Sebelum Kena Virus Corona, Rapat Kabinet

Mengikuti rapat kabinet dengan Jokowi 

Jakarta, IDN Times - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dinyatakan positif terjangkit virus corona COVID-19. Darimana Budi Karya Sumadi terpapar COVID-19? 

Sebelumnya pengumuman Budi Karya Sumadi positif virus corona tersebut disampaikan oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sabtu (14/3) malam, di Jakarta.

Wakil Kepala RSPAD Gatot Soebroto dr. Budi, yang mendampingi Pratikno menyebutkan awalnya Budi Karya yang teridentifikasi sebagai pasien kasus nomor 76, dirawat di rumah sakit swasta dengan penyakit penyerta lainnya.

Belakangan Menhub Budi Karya mengalami sesak napas dan kini dirawat di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. Saat ini, kondisi Budi Karya disebutkan mulai membaik.

Sebelum dinyatakan positif terjangkit virus corona asal Wuhan, Tiongkok itu, Menhub Budi Karya banyak terlibat dalam kegiatan terkait penanganan virus corona. Berikut jejak Budi Karya dan orang-orang yang bersamanya sebelum dia dinyatakan positif virus corona dan dirawat di rumah sakit.  

Baca Juga: Wali Kota Solo Tetapkan Status KLB Virus Corona

1. Pada 11 Maret Budi Karya Sumadi bertemu Menteri Infrastruktur dan Manajemen Air Belanda

Jejak Menteri Perhubungan Sebelum Kena Virus Corona, Rapat Kabinet(Menhub Budi Karya Sumadi saat bertemu Menteri Infrastruktur dan Manajemen Air Belanda, Mrs. Cora Van Nieuwenhuize pada 11 Maret) Twitter/@BudiKaryaS

Tanggal 11 Maret 2020 beberapa hari sebelum terjangkit virus corona, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bertemu dengan  Menteri Infrastruktur dan Manajemen Air Belanda, Mrs. Cora Van Nieuwenhuize, hal ini berdasarkan penelusuran di akun Instagramnya, @budikaryas, dan di akun Twitternya, @BudiKaryaS.

"Hari ini saya bertemu Menteri Infrastruktur dan Manajemen Air Belanda, Mrs. Cora Van Nieuwenhuize. Kami membahas peluang kerja sama di sektor transportasi," cuit Budi Karya, Rabu 11 Maret 2020.

Dalam foto yang diunggahnya, tampak ada sekitar 5 orang di samping kiri dan kanan yang mendampingi Budi, duduk berhadapan dengan Menteri Belanda yang didampingi 3 orang lainnya.

2. Rapat terbatas yang dipimpin Presiden Jokowi pada 11 Maret 2020

Jejak Menteri Perhubungan Sebelum Kena Virus Corona, Rapat KabinetRapat terbatas di kantor presiden (Sekretariat Kabinet)

Selain bertemu dengan Menteri dari Belanda, pada  11 Maret, Budi Karya juga mengikuti rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Kantor Presiden. Rapat ini dihadiri jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju. 

Aktivitas ini diungkapkan dalam akun Instagram Sekretariat Kabinet. "Presiden Joko Widodo memimpin Rapat Terbatas kedua pada hari ini, Rabu (11/3), dengan topik "Percepatan Penyelesaian Permasalahan Pertanahan Sumatera Utara" di Kantor Presiden, Jakarta," tulis @sekretariat.kabinet

Dalam foto yang diunggah, tampak Budi Karya duduk berdampingan dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

3. Pada 4 Maret, Budi Karya unggah foto tengah bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Jejak Menteri Perhubungan Sebelum Kena Virus Corona, Rapat KabinetBudi Karya Sumadi bersama Basuki Hadimuljono ( Twitter Budi Karya Sumadi)

Sebelumnya pada 4 Maret 2020, Budi Karya mengunggah fotonya tengah bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

"Saya sudah minta PT KCIC @keretacepatID untuk segera melaksanakan rekomendasi dari Komite Keselamatan Konstruksi @kemenPU. Tujuannya agar proyek ini dapat segera dilanjutkan dan dapat selesai sesuai yang ditargetkan," cuit Budi Karya yang terlihat duduk disamping Basuki.

Keduanya memakai kemeja putih dan duduk dalam posisi yang dekat, namun tidak disebutkan kapan pertemuan dengan Basuki itu terjadi.

4. Pada Selasa 3 Maret Budi Karya ke Istana untuk rapat, sempat foto bersama dengan wartawan

Jejak Menteri Perhubungan Sebelum Kena Virus Corona, Rapat KabinetMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis 3 Maret 2020. IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Pada Selasa 3 Maret, Budi Karya ke Istana Presiden untuk mengikuti rapat. Berdasarkan unggahan akun Instagram Sekretariat Kabinet, pada kesempatan ini Budi Karya menyampaikan bahwa pengecekan bagi seseorang saat kedatangan ke Indonesia melalui bandara dilakukan sebanyak 3 kali.

Dalam unggahan tersebut @sekretariat.kabinet menulis, "Sebenarnya di bandara itu ada 3 lapis ya, satu secara umum, kedua dideteksi individual, dan satu yang ada di pesawat dari negara-negara tertentu yang zona merah. Nanti akan saya klarifikasi lagi,” ujar Menhub menjawab pertanyaan wartawan usai mengikuti Rapat di Kantor Presiden, Provinsi DKI Jakarta, Selasa (3/3)."

Pada kesempatan ini, dilaporkan Budi Karya sempat berfoto dengan banyak wartawan yang biasa meliput di Istana.

5. Pada 2 Maret Budi Karya jemput ABK Diamond Princess di Bandara Kertajati, sempat bersama Menko PMK, Gubernur Jabar, dan Kepala BNPB

Jejak Menteri Perhubungan Sebelum Kena Virus Corona, Rapat KabinetBudi Karya Sumadi saat menjemput ABK Diamond Princess di Bandara Kertajati (Twitter Budi Karya Sumadi)

Pada tanggal 2 Maret 2020, Budi Karya Sumadi diketahui menjemput anak buah kapal Diamond Princess di Bandara Kertajati, Jawa Barat.

"Penerbangan terakhir di bandara ini adalah pukul 21:00 WIB. Adapun pendaratan pesawat Garuda tersebut dilakukan pada 23.00 WIB," cuit Budi Karya di akun Twitternya saat itu.

Dia juga menulis, "Kemarin saya meninjau kesiapan bandara ini. Bandara ini juga memiliki tempat yang luas, sehingga tidak akan mengganggu lalu lintas penerbangan.
Budi Karya Sumadi."

Tampak dalam foto, Budi Karya bersama Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Kepala BNPB Doni Monardo.

Sebelum bulan Maret, Budi Karya melakukan banyak kunjungan ke daerah. Antara lain pada 28-29 Februari berkunjung ke Luwu dan Toraja. Pada 29 Februari, Budi Karya Sumadi juga konferensi pers soal diskon tiket pesawat di Bandara Soekarno-Hatta, dan ke beberapa acara di Jakarta.

Baca Juga: Gejala Corona, Ciri-ciri Awal yang Dirasakan Orang Terpapar COVID-19

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya