Jokowi Akan Lantik Dewan Pengawas Sekaligus Pimpinan KPK Hari Ini

Pelantikan di Istana Negara sebelum sertijab di KPK

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan melantik pimpinan dan dewan pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Diagendakan pelantikan akan berlangsung pada pukul 14.30 WIB, di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Sebelumnya, Jokowi juga sempat mengatakan bahwa proses pelantikan dewan pengawas akan dilakukan bersamaan pimpinan KPK yang baru.

"Untuk pelantikan dewan pengawas KPK nanti akan bersamaan dengan pengambilan sumpah komisoner KPK yang baru yaitu bulan Desember. Hal ini tercantum juga dalam UU KPK," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, pada Jumat (1/11).

1. Dewan pengawas ada yang mantan pimpinan KPK, ada juga yang ekonom

Jokowi Akan Lantik Dewan Pengawas Sekaligus Pimpinan KPK Hari IniPresiden Jokowi meresmikan TPA sampah Manggar di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu 18 Desember 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Dalam pertemuan bersama media, pada Rabu (18/12), di Balikpapan, Kalimatan Timur, Jokowi mengatakan telah menyiapkan nama-nama dewan pengawas KPK. Ada lima dewan pengawas yang dipilih Jokowi. Kandidatnya, kata Jokowi, mulai dari mantan pimpinan KPK hingga ekonom.

"Nama-namanya diambil lima. Ada dari hakim, ada dari jaksa, ada dari mantan KPK, ada dari ekonom, ada dari akademisi, ada dari ahli pidana," kata Jokowi di Novotel, Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (18/12).

Baca Juga: UII Dukung Artidjo Alkostar Jadi Dewan Pengawas Meski Tolak RUU KPK

2. Jokowi pastikan calon dewan pengawas KPK adalah 'nama-nama baik'

Jokowi Akan Lantik Dewan Pengawas Sekaligus Pimpinan KPK Hari IniPresiden Jokowi memberikan keterangan pers di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu 18 Desember 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Jokowi belum mau memberitahu lebih detail siapa yang akan mengisi kursi dewan pengawas KPK. "Yang jelas nama-namanya nama-nama yang baik. Saya memastikan nama yang baik."

3. Artidjo Alkostar hingga Eks Pimpinan Ruki Jadi Calon Kuat Dewas KPK

Jokowi Akan Lantik Dewan Pengawas Sekaligus Pimpinan KPK Hari IniIlustrasi gedung KPK. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Dikutip dari Antara, Jokowi juga menyebut nama-nama yang diusulkan menjadi dewan pengawas. Mantan Wali Kota Solo itu kemudian mengonfirmasi beberapa nama yang masuk ke dalam nominasi. 

"Ada hakim Albertina Ho. Itu tapi belum diputuskan lho ya. Pak Artidjo juga. Saya ingat tapi lupa, karena kan belum diputuskan," kata Jokowi. 

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Ini Bursa Calon Dewan Pengawas KPK yang Muncul ke Publik

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya