Comscore Tracker

Marahi Menterinya Lagi, Jokowi: Jangan Buat Program Sendiri-sendiri!

Jokowi bilang kementerian harus saling terintegrasi

Semarang, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meminta kepada para menterinya untuk tidak membuat program masing-masing. Ia menyatakan, program harus dibuat berintegritas, antara kementerian satu dengan kementerian lainnya.

"Saya minta semua kementerian jangan membuat program sendiri-sendiri yang lepas-lepas tidak terintegrasi tidak terpadu, sehingga, outcame, hasilnya tidak terlihat, ini harus terintegrasi betul," kata Jokowi dalam rapat terbatas yang disiarkan langsung melalui channel YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (24/9/2020).

1. Jokowi minta semua program kementerian terintegrasi

Marahi Menterinya Lagi, Jokowi: Jangan Buat Program Sendiri-sendiri!Jokowi memberi arahan dalam rapat terbatas pada Senin (14/9/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi pun memberikan contoh program-program kementerian yang terintegritas. Misalnya terkait dana desa. Kementerian Desa harus memastikan dana desa yang digunakan produktif, sementara Kementerian PUPR menyediakan infrastruktur dasarnya.

"Kemenhub konektivitasnya, Kemensos penanganan warga yang kurang mampu, Kemenkop UKM sektor-sektor usaha-usaha kecil dan mikro. Saya kira banyak sekali yang bisa dilakukan," ujar dia.

Baca Juga: Catat! Presiden Jokowi dan 3 Pihak ini Ngotot Pilkada 2020 Digelar

2. Jokowi: Jika tidak terintegrasi, hasilnya tidak kelihatan

Marahi Menterinya Lagi, Jokowi: Jangan Buat Program Sendiri-sendiri!Presiden Jokowi memberi sambutan di acara Aksi Nasional Pencegahan Korupsi, Rabu (26/8/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Menurut Jokowi, penting bagi kementerian untuk mengintegrasi program-program mereka dengan kementerian lainnya. Sebab, jika tidak terintegrasi, hasilnya tidak akan terlihat.

"Kalau tidak terintegrasi, lepas-lepas, ini akan hasilnya tidak akan kelihatan. Oleh sebab itu, semuanya dijalankan dalam strategi besar, solid dan terintegrasi," ucap Jokowi.

3. Pandemik COVID-19 bisa dijadikan momentum untuk mengintegrasi program kementerian

Marahi Menterinya Lagi, Jokowi: Jangan Buat Program Sendiri-sendiri!Ilustrasi tenaga kesehatan. ANTARA FOTO/Fauzan

Kemudian, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga meminta agar pandemik COVID-19 bisa dijadikan momentum agar program bisa saling terintegrasi. Salah satunya untuk program ekonomi desa.

"Gunakan momentum saat ini untuk mengintegrasikan, mengkonsolidasikan program penanggulangan kemiskinan dan dikonsolidasikan dengan peningkatan program ekonomi desa," tutur Jokowi.

Baca Juga: 7 Hari Luhut Tangani COVID-19, Kasus di 9 Provinsi Naik, Juga Jateng

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya