Comscore Tracker

Video Jokowi Ancam Reshuffle, Jengkel Kinerja Menteri Saat Pandemik

Tak suka menteri kerja biasa-biasa saja

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo merasa geram dan menyoroti kinerja sejumlah menterinya selama masa pandemik COVID-19.  

Jokowi menilai kinerja menterinya biasa-biasa saja padahal Indonesia di tengah kondisi wabah yang memerlukan kebijakan ekstra luar biasa. Dia meminta menterinya mengeluarkan kebijakan extraordinary atau ekstra luar biasa, karena situasi saat ini yang tidak normal.

Mantan Wali Kota Solo ini meminta menteri agar menyadari situasi krisis yang dialami Indonesia sekarang. Hal itu diungkapkan Jokowi saat memberikan arahan saat sidang kabinet paripurna pada 18 Juni lalu.

"Tindakan-tindakan kita, keputusan-keputusan kita, kebijakan-kebijakan kita, suasananya harus suasana krisis. Jangan kebijakan yang biasa-biasa saja menganggap ini sebuah kenormalan. Apa-apaan ini?" ujar Jokowi dalam video yang diunggah di saluran YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (28/6).

Baca Juga: Jengkel pada Menterinya, Jokowi Ancam Reshuffle Kabinet

1. Jokowi ingin menteri mengeluarkan kebijakan yang tak biasa saat menghadapi pandemik COVID-19

Video Jokowi Ancam Reshuffle, Jengkel Kinerja Menteri Saat PandemikDok. Biro Pers Kepresidenan

Jokowi mengatakan di tengah pandemik sekarang ini para menteri harus menyadari kondisi krisis yang terjadi di dunia, termasuk Indonesia. Ia meminta menteri tak menggunakan hal-hal biasa lagi, dan manajemen krisisnya harus berbeda atau luar biasa.

"Kalau perlu kebijakan Perppu, ya Perppu saya keluarkan. Kalau perlu Perpres, ya Perpres saya keluarkan. Kalau sudah ada, PMK (Deskripsi Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan), keluarkan. Untuk menangani negara tanggung jawab kita kepada 267 juta rakyat kita," tutur presiden.

2. Jokowi jengkel menterinya masih kerja biasa-biasa saja

Video Jokowi Ancam Reshuffle, Jengkel Kinerja Menteri Saat PandemikDok. Biro Pers Kepresidenan

Meski Jokowi sering mengingatkan menterinya agar bekerja lebih cepat dan tidak biasa-biasa saja, namun ia menyebut, masih banyak kinerja menteri yang tak ekstra luar biasa. Hal itu membuat Jokowi jengkel.

"Saya lihat, masih banyak kita ini yang seperti biasa-biasa saja. Saya jengkelnya di situ. Ini apa gak punya perasaan? Suasana ini krisis," ucap dia, dengan wajah tegang.

3. Jokowi ancam akan ganti menteri yang berkinerja buruk

Video Jokowi Ancam Reshuffle, Jengkel Kinerja Menteri Saat PandemikDok. Biro Pers Kepresidenan

Dalam arahannya itu, Jokowi juga sempat menyinggung tentang reshuffle atau perombakan menteri kabinet. Menurut dia, ia tidak akan segan-segan mengganti menterinya yang berkinerja mengecewakan rakyat.

"Bisa saja membubarkan lembaga. Bisa saja reshuffle. Udah kepikiran ke mana-mana saya," ungkap mantan Wali Kota Solo itu.

https://www.youtube.com/embed/ukak_DGg7bo

Baca Juga: Fakta! Klaster Pernikahan di Semarang Terjadi Gegara Berjabat Tangan

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya