Pemerintah Impor Obat Avigan dan Klorokuin untuk Pasien COVID-19

Total obat yang dipesan mencapai 5 juta butir

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menyebut pemerintah telah menyiapkan infrastruktur untuk menangani pasien atau suspect virus corona. Salah satu infrastruktur yang disiapkan adalah Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta Pusat. Fasilitas itu, kata Jokowi sudah siap digunakan pada Sabtu malam (21/3). 

"Wisma Atlet Kemayoran siap dijadikan rumah sakit darurat COVID-19 dan sebagai rumah isolasi pada nanti Sabtu malam 21 Maret 2020," kata Jokowi dalam keterangan persnya, di Istana Kepresidenan Bogor, yang disiarkan langsung melalui channel YouTube Sekretariat Presiden pada Jumat (20/3).

Selain Wisma Atlet, pemerintah juga sudah menyiapkan Pulau Sebaru dan Pulang Galang untuk dijadikan tempat karantina dan ruang observasi.

"Untuk Pulau Galang akan selesai dibangun pada Sabtu 20 Maret 2020," ujarnya. 

Selain itu, pemerintah juga tengah menyiapkan obat yang diprediksi bisa menyembuhkan pasien COVID-19. Ia menuturkan obat yang dipesan yaitu avigan dan klorokuin. 

Ia mengatakan pemerintah sudah mengimpor obat-obatan tersebut dengan jumlah mencapai jutaan butir. 

"Obat ini sudah dicoba oleh satu, dua, tiga negara dan memberikan kesembuhan yaitu avigan, kita telah mendatangkan 5.000 dan dalam proses pemesanan 2 juta (butir)," kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu dalam keterangan persnya. 

Sedangkan, obat klorokuin yang dipesan oleh Jokowi mencapai 3 juta butir. 

"Klorokuin ini kita telah siapkan 3 juta. Kecepatan ini yang kita ingin sampaikan, kita tidak diam tapi mencari hal-hal, info-info apa yang bisa kita lakukan untuk menyelesaikan COVID-19," ujar dia.

Ikuti terus pemberitaan mengenai antisipasi wabah virus corona hanya di IDN Times ya. 

Baca Juga: Rilis WHO: Ini 7 Cara Hindari Penyebaran Virus Corona di Tempat Kerja

Topik:

  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya