Comscore Tracker

Megawati Bakal Umumkan Sendiri Calon PDIP di Pilkada Solo 2020

Apakah Gibran Rakabuming Raka atau Achmad Purnomo?

Jakarta, IDN Times - PDI Perjuangan telah menetapkan pilihannya terhadap pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota yang akan diusung dalam Pilkada serentak 2020 di Solo, Jawa Tengah. Hal itu disampaikan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPP PDIP Bambang Wuryanto, Senin (9/3).

"Pilkada Solo sudah selesai, sudah (diputuskan), di depan Bu Ketum (Megawati Soekarnoputri) sudah selesai," ungkap Bambang di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (9/3).

1. Megawati akan umumkan langsung siapa yang diusung PDIP di Solo

Megawati Bakal Umumkan Sendiri Calon PDIP di Pilkada Solo 2020ANTARA FOTO/Reno Esnir

Walaupun PDIP telah memilih pasangan yang akan diusung, Bambang masih enggan mengungkapkan hal itu ke publik. Sebab, menurut Bambang, ia bukan lah sosok yang berwenang mengumumkan hal tersebut.

Sehingga, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto yang akan mengumumkan hal tersebut kepada publik.

"Rekomendasi sudah selesai, soal pengumuman bukan di saya tapi di Ibu Ketua Umum dan Sekjen PDIP," ujarnya.

Baca Juga: Ketua DPC PDIP Solo Yakin Pasangan Puguh yang Menang Pilkada Surakarta

2. Megawati akan umumkan pasangan yang diusung di Pilkada Solo akhir Maret ini

Megawati Bakal Umumkan Sendiri Calon PDIP di Pilkada Solo 2020Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Bambang mengatakan, Megawati akan menyampaikan infomasi tersebut sekitar akhir Maret 2020. Dari tanggal pengumuman tersebut, setidaknya terdapat waktu lima bulan bagi DPD dan DPC PDIP melakukan persiapan pemenangan di wilayah Solo.

"Setelah pengumuman disampaikan maka DPC PDIP Surakarta akan dipanggil DPP PDIP untuk dijelaskan langkah pemenangan di Pilkada," tuturnya melansir seperti kantor berita Antara.

3. Medan dan Solo adalah wilayah khusus untuk PDIP

Megawati Bakal Umumkan Sendiri Calon PDIP di Pilkada Solo 2020Gibran Rakabuming Raka. IDN Times/Larasati Rey

Ia pun mengatakan, Medan dan Solo adalah wilayah yang khusus untuk PDIP dalam ajang Pilkada 2020. Alasan itulah yang menyebabkan, pengumuman pasangan calon terpilih akan diinformasikan langsung oleh Megawati sebagai Ketua Umum

Dia menilai untuk Solo lebih mudah diputuskan karena semua calon mendaftar di PDIP, seperti Gibran Rakabuming Raka dan Achmad Purnomo.

Baca Juga: Pertemuan Gibran dan Risma di Solo Atas Instruksi Ketum PDIP, Megawati

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya