Pilkada Solo 2020, PDIP Umumkan Calon Akhir Maret

Megawati akan umumkan langsung akhir Maret ini

Jakarta, IDN Times - PDI Perjuangan telah menetapkan pilihannya terhadap pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota yang akan diusung dalam Pilkada Solo 2020. Hal itu dikemukakan oleh Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPP PDIP Bambang Wuryanto, Senin (9/3).

"Pilkada Solo sudah selesai, sudah (diputuskan), di depan Bu Ketum (Megawati Soekarnoputri) sudah selesai," kata Bambang di Kompleks Parlemen, Jakarta seperti dikutip dari kantor berita Antara, Senin (9/3).

1. Megawati akan umumkan langsung siapa yang diusung PDIP di Solo

Pilkada Solo 2020, PDIP Umumkan Calon Akhir MaretHasto Kristiyanto mendampingi Ketum PDIP Megawati Sukarnoputri, Jakarta, Jumat (10/1). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Walaupun PDIP telah memilih pasangan yang akan diusung, Bambang masih enggan mengungkapkan hal itu ke publik. Sebab, menurut Bambang, ia bukan lah sosok yang berwenang mengumumkan hal tersebut.

Sehingga, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto yang akan mengumumkan hal tersebut kepada publik.

"Rekomendasi sudah selesai, soal pengumuman bukan di saya tapi di Ibu Ketua Umum dan Sekjen PDIP," ujarnya.

2. Megawati akan umumkan pasangan yang diusung di Pilkada Solo akhir Maret ini

Pilkada Solo 2020, PDIP Umumkan Calon Akhir MaretKetua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Bambang mengatakan, Megawati akan menyampaikan infomasi tersebut sekitar akhir Maret 2020. Dari tanggal pengumuman tersebut, setidaknya terdapat waktu lima bulan bagi DPD dan DPC PDIP melakukan persiapan pemenangan di wilayah Solo.

"Setelah pengumuman disampaikan maka DPC PDIP Surakarta akan dipanggil DPP PDIP untuk dijelaskan langkah pemenangan di Pilkada," tuturnya.

3. Medan dan Solo adalah wilayah khusus untuk PDIP

Pilkada Solo 2020, PDIP Umumkan Calon Akhir MaretGibran Rakabuming Raka (IDN Times / Larasati Rey)

Ia pun mengatakan, Medan dan Solo adalah wilayah yang khusus untuk PDIP dalam ajang Pilkada 2020. Alasan itu lah yang menyebabkan, pengumuman pasangan calon terpilih akan diinformasikan langsung oleh Megawati sebagai Ketua Umum

Dia menilai untuk Solo lebih mudah diputuskan karena semua calon mendaftar di PDIP seperti Gibran Rakabuming Raka dan Achmad Purnomo.

Baca Juga: Politikus PDIP Dewi Tanjung Ancam Laporkan Fahira Idris ke Polisi

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya