15.192 Ton Beras Disiapkan untuk 1 Juta Penerima Bansos di Jateng   

Disalurkan untuk KPM-PKH

Semarang, IDN Times - Penyaluran bantuan sosial (bansos) beras kepada Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM-PKH) di wilayah Jawa Tengah mulai dilakukan untuk tiga bulan ke depan. Untuk kebutuhan tersebut Perum Bulog Kanwil Jawa Tengah telah menyiapkan beras medium dari stok cadangan beras pemerintah (CBP). 

1. Penyaluran bansos beras sesuai dengan penugasan Kemensos

15.192 Ton Beras Disiapkan untuk 1 Juta Penerima Bansos di Jateng   Menteri Sosial, Juliari P. Batubara bersama Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso meluncurkan Bantuan Sosial Beras (BSB) untuk menangani dampak pandemi Covid-19 di Perum Bulog Kanwil DKI Jakarta di Jakarta (02/09) (Dok. Kemensos)

Upaya itu sesuai dengan Surat Kemensos No 1957/5.2/BS.02.01/08/2020 perihal Penugasan, Penyediaan dan Distribusi Bansos Beras. Adapun, Bulog ditugaskan untuk menyalurkan bansos beras kepada 10 juta KPM-PKH untuk tiga bulan alokasi penyaluran dengan kuantum masing-masing sebesar 15 kg/KPM/bulan beras kualitas medium.

Adapun, untuk wilayah kerja Perum Bulog Kanwil Jateng jumlah beras yang disalurkan sebanyak 15.192 ton per bulan atau 45.576 ton untuk tiga bulan alokasi mulai Agustus hingga Oktober 2020.

Pemimpin Wilayah Perum Bulog Jawa Tengah, Miftahul Ulum mengatakan, pihaknya menyiapkan 15 ribu ton per bulan dan untuk penyaluran hingga ke tangan KPM-PKH dan dilakukan oleh PT DNR.

Baca Juga: Pembatasan Jarak Sosial, Bulog Perluas Pemasaran Ritel Lewat iPanganan

2. Bansos beras akan disalurkan kepada 1.012.805 KPM-PKH

15.192 Ton Beras Disiapkan untuk 1 Juta Penerima Bansos di Jateng   Ilustrasi pelabuhan rakyat. ANTARA FOTO/Fiqman Sunandar

"Beras yang disalurkan kategori beras medium dan untuk mengetahui kualitas berasnya seperti apa, ini kami telah melakukan uji tanak terhadap beras yang sama untuk dibagikan ke KPM-PKH," ungkapnya melalui keterangan resmi yang diterima IDN Times, Rabu (2/9/2020). 

Program bansos berupa beras ini akan disalurkan kepada 1.012.805 KPM-PKH yang terkena dampak pandemik COVID-19 dan berada di kabupaten/kota wilayah kerja Perum Bulog Jawa Tengah.

3. Stok beras medium masih 155.089 ton

15.192 Ton Beras Disiapkan untuk 1 Juta Penerima Bansos di Jateng   Ilustrasi penyaluran beras. IDN Times/Anggun Puspitoningrum

Miftahul menjelaskan, pelayanan penyediaan bansos beras oleh Bulog dilakukan di atas alat angkut di depan pintu gudang untuk kemudian diserahkan kepada Pelaksana Distribusi (Transporter) Bansos Beras yang ditunjuk oleh Kementerian Sosial RI yang selanjutnya akan mengangkut beras hingga titik distribusi atau sesuai ketentuan. 

“Kami menjamin kualitas beras medium yang disalurkan baik, sesuai instruksi dari Dirut Perum Bulog," tuturnya. 

Sementara itu, hingga saat ini persediaan beras yang dikelola Perum Bulog Kanwil Jawa Tengah sangat mencukupi. Masih ada sebanyak 155.089 ton beras PSO/medium yang tersebar di 45 Komplek Pergudangan di Wilayah Provinsi Jawa Tengah.

Baca Juga: Harga Daging Ayam Turun, Jateng Kembali Deflasi 0,03 Persen 

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya